Situs Anime/Manga Ilegal Siap Dibasmi Mulai 1 Agustus 2014

loading...
Kabar mengejutkan datang dari jepang,ketika muncul berita bahwa Jepang Akan Menghapus Situs Anime dan Manga Ilegal mulai 1 Agustus 2014.Berita ini termuat dalam situs resmi NHK pada 28 Juli lalu,dan membuat para pecinta anime di seluruh dunia menjadi kaget.Dijelaskan dalam laman NHK bahwa Pemerintah Jepang bekerjasama dengan 15 perusahaan seperti penerbit dan perusahaan produksi animasi di jepang akan menghapus situs anime yang dinilai ilegal.Keputusan ini dilakukan karena jepang telah menderita kerugian ¥ 560 milyar atau setara dengan 64 Trilliyun rupiah.

Kerugian itu timbul akibat banyaknya pembajakan terjadap anime dan manga.Anime bajakan tersebut bahkan sampai beredar di banyak situs yang menyediakan anime dan manga gratis.Anime dan manga kini diposisikan sebagai bagian dari budaya jepang yang harus dilindungi.Mereka memfokuskan pada produksi anime dan ekspor ke negara-negara lain.Dalam catatan pemerintah jepang,pembajak anime dan manga terbanyak berada di negara cina.

Dan rencananya mulai 1 Agustus,pemerintah jepang akan menghapus semua konten anime yang di berikan gratis termasuk 580 situs asing yang masuk dalam sasaran penghapusan.Di indonesia sendiri sebenarnya hanya ada 1 situs resmi untuk menonton anime,yaitu Anibee.tv yang merupakan anak perusahaan PT Perdana IMMG Indonesia,pemegang lisensi anime seperti anime Doraemon yang sering kita tonton di TV.Rencana Kementerian Ekonomi,Perdagangan,dan Industri Jepang (METI) akan segera melaksanakan program yang bertajuk MAG-Project.


http://www3.nhk.or.jp/news/html/20140728/t10013332551000.html

Dalam program ini,METI akan mengajak para pengguna dan fans untuk menyadarkan mereka dan memilih produk legal.Target utama pemberantasan situs anime ilegal ini di fokuskan untuk amerika dan cina.Jepang akan menyediakan situs anime resmi bernama Manga-Anime Here.Lewat situs web itu di harapkan para fans menggunakannya untuk memperoleh anime resmi,bukannya bajakan lagi.

Pemerintah jepang akan menggunakan cara persuasif dalam pemberantasan ini,dengan mengirimkan surat ke situs anime ilegal agar tidak lagi menerbitkan kontennya.Pembajakan yang dialami jepang berasal dari 3 cara :

1. Streaming Online
2. Situs tautan unduh termasuk layanan torrent
3. Konten pelanggaran hak cipta yang di unggah ke youtube
Dari kerugian itu,di ketahui sebuah fakta bahwa potensi pendapatan yang hilang diakibatkan oleh banyaknya pengguna yang memilih konten bajakan daripada konten yang asli.Dalam MAG-Project telah di luncurkan sebuah video yang mengajak pengguna untuk meninggalkan anime bajakan.Videonya dapat kalian lihat DISINI.Tanggapan dari para fans yang telah melihat video itupun beragam dan mayoritas justru mengeluhkan kualitas dari terjemahan yang tidak sebagus terjemahan dari fansub anime.

Opini ini bertolak belakang dengan studi METI dimana dijelaskan bahwa “terjemahan tidak standar,selain kualitas rendah juga merupakan salah satu ciri khas produk bajakan”.Terlihat aneh memang,di satu sisi fans anime yang banyak dari indonesia mengatakan kalau mereka lebih suka terjemahan anime rilisan fansub karena bahasanya yang tidak kaku,lebih santai dan jauh dari kesan formal.

Padahal menurut METI,terjemahan seperti itu kualitasnya rendah.Jadi hasil terjemahan semua fansub itu jelek? Tidak juga,banyak fansub yang punya translator handal yang pintar memilih kosa kata untuk menghasilkan terjemahan yang baik.Tapi karena METI menganggap fansub itu tidak resmi,maka mereka menyama ratakan dengan produk bajakan.

Pengaruh Pemberantasan Anime dan Manga Ilegal di Indonesia
Sejak kabar itu muncul,di internet terutama facebook dan forum diskusi anime mulai heboh.Para anime lover yang tadinya bebas mendownload anime menjadi khawatir tidak bisa lagi mendapatkan anime yang mereka cari.Berdasarkan kajian METI,indonesia masuk dalam negara dengan jumlah produk bajakan yang rendah,jadi tidak menjadi target utama.Kesalahan penafsiran anime fans di indonesia mengakibatkan berita ini terdengar menggemparkan.

Apakah Setelah 1 Agustus Tak Bisa Lagi Download Anime Secara Gratis?
Perlu diketahui,tanggal 1 Agustus itu adalah hari dimana teguran kepada situs penyedia anime ilegal mulai di lakukan.Namun apakah lantas aksi pembajakan langsung berhenti? jawabnya sudah pasti tidak mungkin,karena yang namanya pembajak biarpun sudah ada larangan dan penutupan situs,mereka akan tetap mengunggah konten ilegal itu.Situs yang mendapat teguran dari METI bisa memilih,apakah mau menyetujui atau menolaknya.Jika menolak,konekuensinya berat.Situsnya akan langsung di hapus dari internet.

Situs Anime/Manga Yang Kemungkinan Besar Akan Di Hapus

sumber :
http://todaynippon.com/culture/anime-manga/5553
http://id-id.facebook.com/pages/Komik-One-Piece-Bahasa-Indonesia/252119323069
http://www.kaorinusantara.or.id/newsline/2014/07/31/ekspos-di-bawah-lindungan-meti/

loading...

10 Comments

  1. aduh. pdhal masih banyak anime yg ingin di download gara2 minim anime yg tayang di tv. musti download sebanyaknya sebelum dihapus. kalo tokusatsu di youtube ikut dihapus gak gan?

  2. @Huda Gamu
    iya gan,padahal koleksi anime punyaku juga blm banyak,pengen download lagi tapi malah di kagetkan dg kabar ini.Soalnya jepang udh rugi besar gara2 pembajakan,jadi mereka memutuskan melakukan tindakan ini.Klo tokusatsu ada yg sdh di hapus,channel riderfans 96,tpi tokusatsu nggk masuk daftar penghapusan,hanya anime dan manga aja

  3. kalo diperhatikan Jepang sudah untung terbukti manga & anime2 baru masih tetap diproduksi, jika rugi tentunya di stop prosesnya produksinya dan pilih usaha lain yg lebih menguntungkan. Ruginya cuma dari sisi potensi saja. spt vcd/dvd lagu bajakan tidak membuat artis penyanyinya rugi hingga jatuh miskin malahan tetap kaya raya dan akan rugi jika tidak menyanyi/ bikin lagu baru.

  4. @Huda Gamu
    sekarang anime itu udh di anggap bagian budaya yg harus di lindungi,jadinya jepang menolak keras aksi pembajakan anime.Sebenarnya udh lama kasus pembajakan anime dan manga ini,cuman baru2 ini baru mulai di respon oleh pemerintahnya.Klo dibilang untung,mungkin emg masih untung ya krn animenya keluar terus dg berbagai judul tiap tahun.Barangkali ini untuk melindungi hak ciptanya gan,sekaligus menghargai si pembuat animenya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*