Iblis Tak Bisa Menggoda Manusia Dari 2 Arah

loading...
Haloo sobat media2give,pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Iblis Tak Bisa Menggoda Manusia Dari 2 Arah.Iblis memang menjadi musuh yang nyata bagi semua manusia,terutama umat islam.Karena kesombongannya,hingga membuat iblis di usir dari surga oleh Allah SWT.Semenjak itu,iblis bersumpah untuk menyesatkan keturunan Adam dan menjadikannya pengikut iblis.Dijelaskan dalam Al-Qur’an,iblis pernah bersumpah menggoda manusia sampai hari kiamat.

Iblis berkata: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).(QS. Al A’raf : 16 – 17)

Maka dari itu,kita sebagai manusia hendaknya senangtiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak dzikir dan mengingat-Nya.Kita juga di anjurkan untuk selalu berdo’a memohon pertolongan agar terhindar dari upaya iblis dalam penyesatannya,dan juga tetap berada di jalan yang benar.Iblis tak akan berhenti menggangu manusia,hingga manusia tersebut jauh dari Allah dan lupa dengan akherat-nya.Fakta yang menarik tentang iblis ini adalah iblis hanya bisa menggoda manusia dari 4 arah : depan,belakang,kanan dan kiri.

Kenapa hanya 4 arah? bagaimana dengan sisi atas dan bawah? 

Dijelaskan dalam QS Al-A’raf 17 yang artinya,“kemudian aku (iblis) akan mendatangi (menggoda) mereka dari depan dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka.” Dalam beberapa tafsir menjelaskan bahwa iblis tidak mampu menggoda manusia dari atas karena atas adalah temapt turunnya rahmat Allah,sedangkan dari bawah merupakan tempat hambanya bersujud.

Disebutkan juga dalam riwayat kitab Tafsir Ar-Razi :

maka telah diriwayatkan bahwa ketika Iblis mengatakan ucapannya tersebut, maka hati para malaikat menjadi kasihan kepada manusia, lalu mereka berkata: “Wahai Tuhan kami, bagaimana mungkin manusia bisa melepaskan diri dari gangguan syaitan?” Maka Allah berfirman kepada mereka bahwa bagi manusia masih tersisa dua jalan: ATAS DAN BAWAH, jika manusia mengangkat kedua tangannnya dalam do’a dengan penuh kerendah-hatian atau bersujud dengan dahinya di atas tanah dengan penuh kekhusyu’an, Aku akan mengampuni dosa-dosa mereka” Wallahu a’lam (Tafsir Ar-Razi : 7/58)

Lalu bagaimana maksud dari gangguan iblis dari arah depan,belakang,kanan dan kiri? Berikut ini penjelasan lengkapnya :

1. Dari depan
Dari depan,iblis akan menggoda manusia untuk lupa pada urusan akherat.Kalau kita perhatikan,jaman sekarang manusia banyak sekali yang lupa bahwa hidup itu tidak selamanya.Mereka seolah tak peduli lagi dengan kehidupan setelah di dunia,tak terfikirkan atau memang sudah lupa dengan akherat nanti.Bahkan yang lebih parahnya lagi,agama dijadikan bahan guyonan.Coba perhatikan bagaimana tayangan di TV yang menggunakan komedi.Sering kita dengar “neraka” dijadikan bahan olok-olokan atau untuk mengejek artis lain.

Mereka tak sadar bahwa ucapannya itu bisa membuat mereka keluar dari agama islam secara lisan.Manusia suka lupa membayangkan bagaimanana pedihnya siksa di neraka.Api neraka yang hanya sebesar korek api kalau manusia tau,jika dijatuhkan ke lautan,maka air seisinya akan kering karena menguap seketika.Bayangkan jika api itu mengenai tubuh manusia,apa yang akan terjadi? Oleh karena itu,kita wajib senangtiasa dekat dengan Sang Maha Pencipta dengan cara memperbanyak mengingat kematian.Mengingat kematian membuat kita sadar,jika hidup bukan hanya untuk kesenangan belaka,namun kelak akan tiba saat-saat kita dimintai pertanggungjawaban atas semua hal yang dilakukan di dunia.

2. Dari Belakang
Iblis menggoda dari belakang dengan membisikkan ke hati manusia untuk cinta dengan dunia.Dunia akan dibuat menjadi indah dan penuh dengan warna oleh iblis sehingga manusia akan merasa senang dan takut untuk kehilangannya.Akibatnya,manusia akan takut dengan kematian dari kematian dianggap sebagai jalan perpisahan dengan kebahagiaan dunia.Orang-orang kini di sibukkan dengan urusan dunia,terutama urusan materi.Lihat saja fenomena sekarang,banyak kita lihat orang yang gila kerja sampai lupa waktu shalat.Kalaupun dia shalat di waktu jam istirahat kerja,itupun dilakukan dengan terburu-buru/tergesa-gesa karena pikirannya masih terus mengingat dunia.Seperti disebutkan dalam sebuah hadis :

“Sesungguhnya dunia itu manis lagi hijau. Dan sesungguhnya Allah akan menyerahkannya kepada kalian dan melihat apa yang akan kalian lakukan. Maka, berhati-hatilah kalian pada dunia, dan berhati-hatilah juga pada para wanita ! Karena fitnah yang pertama kali menimpa Bani Israil datang dari para wanita”. ( Muslim no. 2742 )

Jika saja ada pengumuman kalau kita shalat akan mendapat mobil mewah,tentu saja orang akan datang beramai-ramai ke masjid.Mereka akan melaksanakannya hanya karena menginginkan materi.Padahal jika melaksanakan shalat,Allah berjanji akan memberikan kebahagiaan lebih dari dunia.Kondisi ini berbanding terbalik jika melihat sisi lain dari kecintaan dunia.

Lihat saja jika sedang ada konser band ternama,beribu-ribu orang akan datang untuk melihat meskipun mereka tempat tinggalnya jauh dari lokasi konser,bahkan yang berasal dari luar daerah sekalipun.Tujuannya cuma satu,mendapat kepuasan dari nonton idola mereka saat konser.Lain halnya kalau ada undangan mengikuti pengajian di masjid.Meskipun dikasi makan,minum dan memperoleh ilmu yang bermanfaat,belum tentu semua orang mau datang,karena dipikirnya tidak penting.Inilah contoh keberhasilan iblis dalam menyesatkan hati manusia

3. Dari kanan
Iblis menggoda manusia dari sebelah kanan dengan cara membuat manusia berat melakukan kebaikan dan membuat urusan agama menjadi tidak jelas.Ingat saat kita akan bangun tidur? apa yang terjadi dan dialami? susah bangun mungkin yang sering terjadi pada diri kita.Memang saat malam setan akan membisikkan manusia untuk melanjutkan tidurnya karena malam masih panjang,dan tidur lebih enak.Saat mendekati subuh,setan akan membisikkan lagi kalau yang di dengar manusia itu baru adzan,nanti saja bangun kalau sudah iqamah.

Saat selesai iqamah setan akan membisikkan lagi,sudah tidur saja lagi.. shalat nanti saja juga boleh.Bisikan ini yang membuat manusia berat untuk menjalankan ibadah dan pada akhirnya menyia-nyiakan waktu shalat/menunda waktu shalat.Sama halnya ketika kita melihat orang lain kesusahan dan ingin menolongnya dengan memberikan sejumlah uang.Setan akan membujuk untuk tidak melakukannya,setan akan membisikkan,jangan kau berikan uang itu.Anak dan istrimu lebih membutuhkannya.Akhirnya kita tidak jadi memberikan uang tersebut.

4. Dari kiri
Dari sisi kiri iblis akan menggoda dengan cara memperlihatkan maksiat seolah-olah itu hal yang indah.Usaha ini dilakukan dengan berbagai cara,contohnya saja zina,perjudian,dan minuman keras.Iblis akan menunjukkan bagaimana zina itu enak sehingga akan membujuk para lelaki untuk terus memandangi kemolekan tubuh wanita yang ada di sekitarnya,apalagi yang terbuka auratnya/yang memakai pakaian mini.Iblis akan mengobarkan syahwat manusia agar terus bergelora dan terus mendekatkannya kepada zina sampai manusia mau melakukannya bahkan mengulangnya lagi dan lagi.

Dan juga menganggapnya sebagai hal yang wajar dan melupakan dosa besar yang manusia dapat jika melakukannya.Media eletronik dan cetak juga di manfaatkan iblis untuk menebar virus zina.Banyak tayangan TV yang menyajikan adegan mengajak kepada zina dan menggerus iman manusia.Begitupun dengan judi,yang dipoles menjadi hal yang menarik di kerjakan.Iblis akan membisikkan pada manusia jika judi itu menguntungkan dan mendatangkan banyak uang,semakin sering melakukan semakin banyak uang yang di dapat.

Sedangkan untuk minuman keras,iblis akan menunjukkan bagaimana minuman itu membuat pikiran dan tubuh manusia seperti bebas melayang-layang,padahal nantinya akan merusak organ tubuh manusia sendiri. 

Begitulah iblis dan pengikutnya menyesatkan manusia.Kita hendaknya selalu memohon pertolongan dari Allah SWT akan bisa bertahan dari gangguan mereka dan tak lupa juga memohon ampunan atas dosa yang kita lakukan baik disengaja ataupun tidak.Dengan berusaha mendekatkan diri pada Allah,niscaya diri kita akan terus terjaga dari gangguan jahat iblis dan pengikutnya.

sumber :
http://evisambi.wordpress.com/2013/05/20/godaan-iblis-pada-empat-arah/
http://noternative.blogspot.com/2013/09/setan-tdak-dapat-menggoda-manusia-dari.html

loading...

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*