Arti Bahagia Dalam Kesederhanaan

loading...
Haloo sobat media2give,jumpa lagi nih dengan kalian di posting ini^^ Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Arti Bahagia Dalam Kesederhanaan.Apa sih bahagia itu? jika ditanya artinya,pasti jawabnya akan berbeda-beda.Sebenarnya tidak ada batasan yang pasti tentang kebahagiaan.Bahagia merupakan kepuasan hati ketika yang kita inginkan tercapai.Sebagian orang terutama di indonesia,banyak yang mendefinisikan dan mengukur kebahagiaan dari segi materi.


Orang dibilang bahagia bila sudah punya harta banyak,rumah mewah,mobil mahal ataupun jabatan yang tinggi.Makanya orang berlomba-lomba mengumpulkan uang sebanyak mungkin karena dipikirnya,uang bisa mendatangkan kebahagiaan.Bahkan ada yang saking cintanya dengan harta,terus menumpuk-numpuk materi yang dia miliki sampai kepuasan di dapat.Padahal menurut ilmu ekonomi,manusia itu punya keinginan yang tak terbatas dan tak pernah merasa puas.

Akibatnya kehidupan menjadi serba materialis,semuanya serba uang dan uang.Namun faktanya,tidak semua orang yang kelihatannya kaya bisa bahagia.Banyak dari mereka yang sudah mempunyai segalanya merasa tidak senang dengan hidup yang dijalaninya.Kenapa? karena kebahagaiaan tidak melulu diukur dari materi.Ada banyak hal-hal yang sederhana tapi itu bisa membuat kita bahagia.Di sisi kehidupan lain,berkebalikan dengan orang kaya yang hidup mewah,kita masih melihat orang-orang yang hidup dibawah garis kemiskinan.


Untuk bertahan hidup saja,harus bekerja ekstra keras.Itupun hasilnya tak cukup untuk sekedar memenuhi kebutuhan makan.Makan cuma sekali sehari,bahkan kadang kalau tidak ada uang,terpaksa menahan lapar seharian.Belum lagi masalah kesehatan,orang miskin selalu menghadapi kesulitan jika sudah sakit.Ingin berobat tapi dana tak ada.Sampai-sampai muncul istilah Orang Mlarat Dilarang Sakit.Sungguh kata-kata yang mengharukan.Jika dibandingkan,tingkat kemiskinan dan kesenjangan sosial di negri ini terbilang masih tinggi.


Kalangan menengah ke bawah jumlahnya lebih banyak daripada mereka yang hidup serba enak dengan fasilitas lengkap.Namun yang menarik,masih ada kebahagiaan yang dilihat dari orang-orang miskin ini.Meski hidup kekurangan,mereka bisa tersenyum bahagia.Mereka bisa berkumpul dengan keluarga setiap hari,saling bercerita dan berbagi bersama.

Kebahagiaan semacam ini,yang terlihat sederhana namun kadang tidak dijumpai pada kehidupan orang-orang kaya.Karena kesibukannya,ayah dan anak jarang punya waktu bersama,apalagi untuk makan bersama.Jadi bisa disimpulkan,kalau kebahagiaan itu berasal dari apa yang kita rasakan,bukan hanya dari apa yang sudah kita miliki.

“Happiness is something that you are and it comes from the way you think” 
(Wayne Dyer)

loading...

6 Comments

  1. Betul mas.., kebahagiaan itu sejatinya tidak memiliki kriteria apapun, kecuali hati dan nurani kita sendiri yang menentukan kriterianya.
    Hanya dengan bersyukur atas apa yang telah kita miliki, kebahagiaan itu akan lebih memiliki arti… (waahh kayak sastrawan aja ya mas Harum he5X..). Thanks for share mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*