Tokusatsu Hero Yang Mengadaptasi Style Kikaider

loading...
Haloo sobat media2give semuanya,kali ini saya akan berbagi informasi tentang dunia Tokusatsu lagi nih,lebih tepatnya tentang Tokusatsu Hero Yang Mengadaptasi Style Kikaider.Kikaider merupakan satu dari sekian banyaknya Hero yang dibuat oleh Shotaro Ishinomori.Kikaider pertama kali tayang pada juli 1972.Hmm,udah lama banget ya? Emang ni hero masuk kategori hero klasik/jadul.Dari kostumnya aja udah kelihatan kalau saat itu teknologi belum maju seperti sekarang sehingga bahan untuk membuat kostumnya pun belum bisa sebagus Tokusatsu jaman sekarang.


Kikaider juga dibuat dalam versi manga dengan 13 episode,dan 4 episode OVA.Keunikan dari Kikaider ini adalah warna kostumnya,yang kalau dilihat lumayan mencolok dengan kombinasi warna merah dan biru.Kedua warnanya dibatasi dengan garis pada bagian tengah kostumnya.Lalu apa hubungannya Kikaider dengan Hero di jaman heisei? Sebenarnya sih tidak ada,karena ceritanya tidak terkait dengan Kikaider,hanya saja style kostumnya banyak menginspirasi Tokusatsu setelahnya.Nah,berikut ini 2 jenis Hero yang mengadaptasi style kostum dari Kikaider
1. Choujinki Metalder
Dari penampilannya saja,bisa dibilang lumayan mirip dengan Kikaider.Hanya saja terlihat lebih bagus dan bentuk robotnya lebih kelihatan.Tubuh metalder dihiasi dengan 2 warna,separuh merah dan separuh biru.Kenapa begitu? Warna ini memiliki arti sendiri,di Kikaider warna yang terbagi dua menjadi merah dan biru mengandung pengertian “sirkuit yang tidak sempurna”.Jika bentuknya sempurna,maka warnanya hanya akan ada 1,mungkin menjadi biru yang berarti baik atau menjadi merah yang berarti jahat.

Metalder dan Kikaider

Dalam budaya jepang memang warna merah di identikkan dengan kejahatan,sementara biru untuk hal-hal baik.Metalder pada bagian tubuh sisi kirinya berbentuk sempurna,sedangkan sisi kanan masih terlihat sirkuit terbuka yang menandakan bentuknya belum jadi sepenuhnya.Di serial Metalder ada teman yang membantunya bertarung,namanya Top Gunder.Top Gunder awalnya menjadi musuh Metalder,namun setelah bertarung mereka justru menjadi teman.Top Gunder ini berperan sebagai anti hero,mengingatkan kita pada karakter Hakaider,musuh yang muncul di serial Kikaider.

 
Hakaider dan Kikaider
Top Gunder dan Metalder

2. Kamen Rider W Heat Trigger
Para toku lover pastinya tau nih dengan Kamen Rider yang satu ini.Ya,hero ini terkenal dengan sebutan Hardboiler/setengah matang.Istilah itu muncul karena bentuk kostumnya yang terlihat terbagi menjadi 2.Bentuk yang kanan dan kirinya sama,tapi dengan warna berbeda.Dalam kondisi normal,Kamen Rider W henshin dengan 2 orang,Shotaro dan Phillips.Salah satunya akan berubah dan satunya lagi terambil energinya dan kemudian masuk ke Gaia Memory.


Salah satu form yang bisa digunakan Kamen Rider W adalah Heat Trigger,dimana warna kostumnya akan berubah merah dan biru.Merah di tubuh bagian kanan dan biru di tubuh sebelah  kiri.Warna ini hampir mirip dengan Kikaider,namun versi terbaliknya karena Kikaider itu yang kanan berwarna biru.Merahnya ada di kiri.Jadi lebih pas jika dibilang mirip dengan Kikaider 01.

loading...

2 Comments

  1. kalau dilihat2 memang mirip ya sob…hanya bedanya untuk jaman heisei atau yg sekarang terlihat lebih gagah dan modern, kalau yg versi jadl terlihat seadanya dan benar2 mengandalkan imajinasi dalam pembentukan karakternya

  2. @Jery Yanuarlan
    iya,memang kelihatan banget kalo beda jaman,bahan untuk kostumnya juga pasti beda.Yg modern tentunya lebih keren.Klo yg versi lama,di jaman itu mungkin yg ngelihatnya udh mengira bentuknya bagus,meskipun kostumnya masih terlihat sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*