12 Ulah Kontroversial Luiz Suarez Sepanjang Karir

loading...
Haloo sobat media2give,setelah beberapa hari nggak update,kali ini ada juga kesempatan buat sharing-sharing informasi lagi hehe.. Pembahasan kali ini tentang dunia olahraga,khususnya seputar dunia bola.Hmm,saya yakin pasti banyak diantara kalian yang hobi main bola kan? Ya,memang sepakbola termasuk salah satu olahraga yang seru dan membutuhkan kekompakan tim.Bahkan bukan cuma sekedar olahraga,sepakbola bisa ditekuni menjadi hobi dan bisa jadi membuat kita jadi pemain bola terkenal.

Nah,ngomong-omong soal pemain bola rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas fenomena unik yang terjadi ya.Yang masih anget-anget nih soal Piala Dunia 2014 yang sedang berlangsung ini.Kejadian unik apa yang muncul? Tentu saja apalagi kalau bukan kontroversi yang dibuat salah seorang pemain asal Uruguay ini.Dialah yang banyak disebut pecinta bola dengan sebutan Vampire.Serem juga ya.. Adalah Luis Suarez,pemain yang masih aktif bermain untuk club Liverpool ini sekarang menjadi perbincangan banyak orang.


Ulahnya yang tidak sportif membuat yang melihatnya geleng-geleng kepala,seolah tak percaya pemain yang punya kemampuan di atas rata-rata sepertinya bisa melakukan aksi yang tak sepantasnya dilakukan seorang yang dibilang professional seperti Suarez.Perilaku dan kemampuan memang terkadang tidak berbanding lurus,di satu sisi Suarez adalah striker tajam yang sangat di butuhkan tim Liverpool untuk mengejar prestasi yang telah lama hilang,dan juga bagi timnasnya.

Tanpa Suarez,mungkin saja timnas Uruguay akan kesulitan membongkar pertahanan lawan dan mencetak banyak gol.Wajar saja,soalnya kan nggak banyak Striker jempolan yang di miliki Uruguay.Jadi kalau Suarez nggak main,Uruguay pasti lebih berat saat menghadapi negara lain yang sama kuatnya.Suarez mendapat julukan Vampire karena perangai buruknya yang suka menggigit lawan.Terbukti sampai sekarang sudah ada 3 pemain yang jadi korban gigitan Suarez.Untung aja nggak kena rabies ya haha.. bahaya tuh kalau deket-deket Suarez.Yang terbaru,bek asal Italy,Giorgio Chiellini yang kena imbasnya.

Pada pertandingan tanggal 24 Juni 2014 saat Uruguay berjumpa dengan Italy,tanpa di duga-duga waktu menit ke 79 Suarez mendekat ke arah Chiellini dan kemudian menggigitnya.Ternyata tak cuma itu saja,Luis Suarez sudah berulah sejak dia masih muda,dan sampai sekarang belum berhenti.Ada saja yang dilakukannya,yang nggak cuma merugikan diri sendiri tapi juga tim yang di belanya.Supaya tau lebih lengkapnya tentang apa saja Kontroversi yang pernah dibuat Luiz Suarez,yuk kita simak bersama-sama 12 Ulah Kontroversial Luiz Suarez Sepanjang Karir berikut ini :

1. Insiden Kartu Merah (Februari 2007)
Di bulan ini,Suarez mulai memperlihatkan sikap tidak sportifnya.Dia sebenarnya baru memulai debutnya di Timnas Uruguay saat bertemu dengan Colombia.Tapi di tengah-tengah pertandingan,Suarez di usir keluar lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua yang artinya sama saja dengan mendapat kartu merah.Kejadian ini terjadi di menit-menit akhir pertandingan.


2. Bertengkar Dengan Teman Satu Club (November 2007)
Saat bergabung dengan club Ajax Amsterdam,Suarez pernah bertengkar dengan temannya sendiri yang berasal dari Belanda,namanya Albert Luque.Tak jelas apa penyebab terjadinya perselisihan itu.Mereka mulai bertengkar saat berada di ruang ganti sehabis turun minum/istirahat babak pertama

3. Handball Di Piala Dunia 2010
Di tahun 2010 tepatnya bulan Juli bertepatan dengan gelaran Piala Dunia,Suarez kembali bikin heboh para penikmat sepakbola di seluruh dunia dengan tindakannya.Saat itu lagi berlangsung pertandingan antara Uruguay dan Ghana.Suarez tertangkap kamera sengaja menahan tendangan Dominic Adiyiah yang mencoba membobol gawang Uruguay.Akibatnya,Suarez di ganjar kartu merah oleh wasit dan di usir keluar lapangan.Beruntungnya,sang ekskutor tendang Pinalti (Asamoah Gyan) gagal menuntaskan tugasnya.Di pinggir lapangan Suarez bersorak gembira melihatnya,dan tersenyum.


4. Menggigit Otman Bakkal (November 2010)
Nah disinilah pertama kalinya Suarez menggigit pemain lawan dan yang jadi korbannya adalah Otman Bakkal,gelandang asal PSV Eindhoven.Pada waktu itu Ajax sedang berjumpa dengan PSV untuk memperebutkan piala Dutch FA.Kejadian itu nantinya akan terulang lagi sampai tahun 2014.


5. Membuat Pemain Lain Kena Kartu Merah (Oktober 2011)
Bulan Oktober 2011,Suarez sudah berganti club.Ia pindah ke Liverpool dengan kesepakatan nominal transfer yang disetujui pihak Ajax.Ulahnya dilakukan ketika Liverpool melawan Everton di liga primer.Di tengah pertandingan berlangsung,Jack Rodwell yang sedang berusaha merebut bola dari kaki Suarez berhasil melakukan Tackle bersih.Namun Suarez dengan aktingnya,berpura-pura kesakitan.Akting itu rupanya mempengaruhi keputusan wasit yang akhirnya mengusir Rodwell dari lapangan.


6. Insiden Rasis Dengan Evra (Oktober 2011)
Di bulan yang sama,Suarez menunjukkan sikap tidak sportifnya lagi.Berawal dari perjumpaan Liverpool dan Manchester United dalam pertandingan Big Match,Suarez yang tak di duga-duga sebelumnya,secara kasar menghina Patrick Evra,bek MU.Penghinaan ini berkaitan dengan masalah Ras karena Evra berkulit hitam.Akibat kelakuan bengalnya,Suarez di kenai sanksi larangan main 8 pertandingan bersama Liverpool dan juga denda £40,000.

7. Menghina Fans Fulham United (Desember 2011)
Mengetahui kalau dirinya di hujat fans lawan,Suarez membalasnya dengan aksi yang menimbulkan emosi fans Fulham.Saat berhasil mencetak gol,Suarez melakukan selebrasi yang bermaksud menghina sekaligus sebagai bukti bahwa dia Striker yang punya skill tinggi.Terlihat Suarez mengacungkan jari tengahnya,dan meski tak mendapat hukuman,Suarez makin tak disukai penonton di Inggris.


8. Konflik Lanjutan Dengan Evra (Februari 2012)
Selang 4 bulan kasusnya dengan Evra,Suarez saat itu menunjukkan ulahnya lagi.Nggak kapok-kapok juga dia memunculkan kontroversi.Di awal sebelum bertanding,biasanya para pemain berdiri berjajar sesuai tim masing-masing dan kemudian bersalaman sebagai tanda fair play.Nah,disinilah masalah terjadi,Suarez enggan menjabat tangan Evra meski Evra telah mengulurkan tangannya.Mungkin Suarez masih marah dengan sanksi yang di dapatnya di kasus sebelumnya.Rio Ferdinand memberikan simpatinya dengan tidak mau menjabat tangan Suarez setelah tau Suarez tak mau bersalaman dengan Evra.


9. Selebrasi Gol Kontroversial (Oktober 2012)
Selebrasi Luis Suarez ini dilakukan saat bertarung dengan Everton di liga primer.Suarez sengaja menjatuhkan tubuhnya sambil melompat ke arah David Moyes,pelatih Everton saat itu yang sering mengkritik Suarez dan menilainya sebagai raja diving.Barangkali itu sebagai ungkapan Suarez bahwa dirinya memang Striker yang tajam,meski di ejek banyak orang.

10. Handball Saat Liverpool Bertemu Mansfield 
Mansfield memang terdengar asing di telinga pecinta bola bahkan yang fans liga inggris sekalipun.Mansfield hanyalah tim kecil dari divisi dibawah liga primer.Tentunya bukan club besar dan secara teori,kastanya di bawah Liverpool.Namun tanpa disangka,permaianan Mansfield merepotkan Liverpool,hingga Suarez akhirnya mengambil kesempatan dengan mengontrol bola dengan tangan dan mencetak gol di saat pertandingan masuk ke babak kedua.Kejadian ini muncul di awal Januari 2013.


11. Menggigit Branislav Ivanovic (April 2013)
Liverpool kontra Chelsea menghadirkan persaingan yang sengit.Di tengah pertandingan dengan tempo tinggi,Suarez ber-ulah.Dia mendadak mendekat ke tubuh Ivanovic dan langsung menggigit tangannya.Nasib Suarez beruntung karena wasit tak melihat kelakuannya itu.Skor akhir sama kuat 2-2 untuk masing-masing tim.Kasus gigitan ini rupanya tak berhenti saat pertandingan usai.FA menindaklanjutinya dan akhirnya memutuskan memberi Suarez sanksi larangan bermain selama 10 pertandingan.Beberapa hari setelah insiden itu,Suarez meminta maaf lewat twitter dan mengungkapkan kalau tindakannya itu salah.


12. Menggigit Giorgio Chiellini (Juni 2014)
Entah apa yang ada dipikiran Suarez saat itu,secara agresif dia menggigit Chiellini dan malah berpura-pura kesakitan dengan memegang giginya seolah-olah dia di tabrak Chiellini.


Sebenarnya Suarez pernah mencoba melakukan hal yang sama saat Uruguay melawan Italy di Piala Dunia 2010,namun kala itu usahanya gagal.Chiellini tau kalau mau diserang dan menghindar.


Akibat aksi konyol itu Suarez dijatuhi hukuman di larang terlibat dalam aktivitas sepakbola selama 4 bulan plus denda 66.000 pounds.Suarez terbukti melanggar Pasal  48 ayat 1 huruf d Kode Disiplin FIFA (FDC) (serangan) dan Pasal 57 dari FDC (tindakan tidak suportif kepada pemain lain).


Dalam pertandingan itu,Chiellini sempat protes dengan keputusan wasit yang tak memberi hukuman pada Suarez,bahkan Chiellini menunjukkan bekas gigitan Suarez,sementara pemain lainnya (G.Ramirez) berusaha menutupkan kembali baju di bagian bahu yang dibuka Chiellini untuk melindungi Suarez dari hukuman.

loading...

8 Comments

  1. akhirnya suarez memetik buah dari prilakunya sendiri..yang jelas tindakannya sudah merugikan tim uruguay sendiri…..karena suaerz dilarang main….
    keep happy blogging always…salam dari Makassar 🙂

  2. @Hariyanto Wijoyo
    iya mas,pemain yg sekelas suarez saja bisa bertingkah spt itu,artinya klo pemain skillnya bagus belum tentu sikapnya jg bagus.Kasus ini bsa jdi pembelajaran buat suarez sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*