Tips Sehat Saat Begadang

loading...
Haloo sobat media2give semuanya,setelah beberapa hari nggak update,kali ini ada juga kesempatan buat melanjutkan share artikel lagi.Di postingan ini saya akan membahas tentang Tips Sehat Saat Begadang.”Begadang jangan begadang,kalau tiada artinya”.Masih inget kan dengan lagunya bang haji itu hehe.. Ya,lagu itu mengingatkan kita untuk jangan begadang jika tidak ada sesuatu hal penting yang memang harus dilakukan di malam itu.

Begadang memang menjadi aktivitas yang kadang kita lakukan.Banyak alasan kenapa seseorang mau merelakan waktu tidurnya untuk begadang.Tugas,pekerjaan ataupun sekedar ingin nonton bola adalah alasan yang paling sering ditemukan.Sebenarnya jika tidak dilakukan sering-sering,begadang pun boleh aja dilakukan.Tapi kalau sudah kelewat batas,justru akan berdampak pada kondisi kesehatan yang menurun.

Bisa dilihat,gimana kondisi fisik orang yang habis begadang,pasti mukanya terlihat mengantuk,badan lemas,dan tidak bersemangat.Tubuh perlu mendapatkan haknya,yaitu di istirahatkan dengan waktu yang cukup,bagi orang dewasa tidur 7-8 jam sehari merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar tubuh tetap dalam kondisi sehat.Begadang juga bisa berakibat pada ngedropnya stamina.

Tubuh tidak lagi mampu melakukan aktivitas seperti biasanya.Akibatnya,beberapa pekerjaan mungkin bisa terganggu.Nah,trus gimana solusinya agar stamina bisa kembali pulih sehabis begadang? Agar badan bisa kembali sehat seusai begadang,beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan :

1. Mengganti waktu tidur
Saat harus begadang,otomatis jam tidur akan berkurang,sementara tubuh ini perlu istirahat karena tubuh manusia bukanlah mesin.Mesin saja kalau dipakai terus menerus tanpa istirahat lama kelamaan akan rusak,apalagi tubuh manusia yang lebih rentan terkena penyakit.Jika begadang tak bisa dihindari,ada baiknya untuk mengalihkan waktu tidur kita,misalnya dengan tidur dulu sebelum begadang.Ini biasa dilakukan mereka yang suka nonton bola malem-malem.

Waktu siangnya tidur,ntar malemnya baru deh nonton sepuasnya.Cara lain bisa dengan tidur 1 hari sebelum begadang dengan melebihkan jam tidurnya,misalnya tidur lebih dari 8 jam.Dengan cara ini kebutuhan tidur bisa digantikan,meskipun harus diperhatikan juga bahwa cara ini jangan terlalu sering dilakukan sebab akan menggangu jadwal tidur sehinggan tidur tidak teratur walaupun jam tidurnya cukup.

2. Olahraga
Olahraga ini sangat penting,terutama untuk menguatkan stamina tubuh.Setelah begadang,tubuh akan lemas dan mau berolahraga pun jadi malas,maunya tidur aja.Memang,tidak bisa dipungkiri dalam kondisi yang seperti itu memaksakan untuk berolahraga susah.Namun harus tetap dilakukan agar kondisi tubuh meningkat.Pilih saja olahraga yang ringan,jangan yang berat-berat.


Asalkan tubuh tetap bergerak,rasa lemas yang dirasakan dapat berkurang.Mengatur waktu olahraga juga penting,dalam satu minggu lebih baik sering dilakukan.Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan,olahraga mampu memperkuat tubuh untuk melawan penyakit yang ditimbulkan akibat begadang

3. Minum kopi
Mungkin banyak diantara kita yang suka minum kopi dan tau apa manfaatnya.Kopi ini mengandung kafein yang fungsinya bisa mencegah rasa kantuk.Makanya kalau begadang,orang-orang pada siapin kopi dulu.Segelas/2 gelas saja sudah cukup kecuali yang emang suka,bisa lebih dari itu.Selain ada manfaatnya,kopi ternyata mempunyai dampak yang kurang baik jika di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan.


Meminumnya dengan porsi yang cukup,lebih baik bagi kita karena tiap orang punya pemikirannya sendiri tentang berapa banyak kopi yang mau di minum.Jika tidak suka kopi,bisa diganti dengan teh hangat,meskipun nanti efeknya berbeda.Teh,bagi yang tidak sering meminumnya di malam hari,bisa membuat mata menjadi betah melek/tidak gampang ngantuk,karena di dalam teh  terkandung zat yang dapat membuat mata tetap terjaga di malam hari.

4. Makan camilan
Siapa yang tak suka ngemil? ngemil memang sudah jadi kebiasaan kita.Camilan bisa juga di konsumsi saat begadang,yang penting camilan itu bukanlah makanan berat karena jika mengandung karbohidrat tinggi,bisa membuat tubuh jadi gemuk.Camilan yang manis-manis pun boleh,asalkan tidak banyak-banyak agar terhindar dari konsumsi gula berlebih yang nantinya malah menggangu kondisi kesehatan.


Menyediakan camilan yang sehat adalah pilihan yang paling tepat.Banyak jenis camilan sehat yang boleh dicoba.Camilan hanya sekedar untuk membuat metabolisme tubuh tetap bergerak saja,bukan untuk memenuhi perut,jadi jangan sampai kekenyangan juga gara-gara kebanyakan ngemil.

loading...

4 Comments

  1. @Elsawati Dewi
    iya mbk,memang tdk baik apalagi klo keseringan,nanti ujung-ujungnya badan jadi lemas dan cepat capek,tpi kadang klo pas bnyk kerjaan juga terpaksa lembur

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*