Bahaya Mengkonsumsi Telur Setengah Matang

loading...
Haloo sobat media2give,kali ini saya akan membahas tentang Bahaya Mengkonsumsi Telur Setengah Matang.Telur sebagai lauk makan memang sudah biasa,karena banyak disukai orang.Selain mengandung banyak protein hewani,telur berkhasiat besar untuk membantu menjaga asupan nutrisi tubuh yang berkurang karena aktivitas yang dilakukan sehari-hari.Tak cuma untuk lauk saja,telur terkadang dicampur dengan minuman seperti teh atau jamu.

Bagi mereka yang percaya,dengan mencampurkan telur ini akan bermanfaat sebagai penambah stamina bagi pria.Entah itu beneran fakta atau cuma mitos,saya sendiri belum terlalu yakin dengan hal tersebut.Telur yang dicampurkan ke minuman itu biasanya yang masih mentah.Ngomong-omong soal telur mentah,saya jadi teringat dengan masakan-masakan lain yang disajikan dalam keadaan setengah matang.Memang kalau setengah matang,kesegaran sayurnya masih terasa.

Tapi bukankah di sayur tersebut ada bakteri yang menempel saat sebelum dimasak.Sama juga dengan telur kalau menggorengnya hanya setengah matang.Menurut penelitian,telur setengah matang kurang baik di konsumsi karena dapat menimbulkan berbagai penyakit akibat bakteri yang belum steril di telur itu.Bakterinya sendiri bernama Salmonella.Bakteri ini hidup di dalam tubuh unggas dan akan menyusup masuk ke telur saat di erami.Kondisi telur yang pecah/retak akan membuat bakteri ini lebih mudah masuk.

Bakteri ini akan menuju ke bagian putih telur dan berdiam disana sampai saat isi telur di keluarkanLalu apakah hanya bakteri saja? tentu tidak,di dalam telur setengah matang masih ada kandungan zat lain yang bisa merugikan kesehatan seperti zat Avidin.Zat ini bersifat menghambat penyerapan vitamin dan mineral tubuh,menyebabkan kelainan pada kulit dan kebotakan.Jika kalian memakan telur dan merasa gatl-gatal,bisa jadi yang kalian makan itu telur yang belum matang.

Zat melamin juga terdapat pada telur yang belum matang.Melamin biasa dipakai untuk memproduksi plastik dan cat.Bahan ini bisa masuk ke telur lewat pakan yang diberikan pada ayam.Nah,ternyata banyak kan kerugian pada kesehatan kita kalau memakan telur setengah matang? Kalau sudah begitu,sebaiknya kita makan yang benar-benar matang saja untuk menghindari terkena bateri dan zat-zat tadi.

Pastikan saat memasak telur,gunakan suhu 80 derajat selama 30 menit.Sedangkan jika suhunya 90 derajat,cukup 15 menit saja telur sudah matang secara sempurna dan bakteri di dalamnya sudah mati.

loading...

10 Comments

  1. khusus telur ayam kampung warna putih yg ukurannya lebih kecil dari telur biasa, jika dikonsumsi mentah bisa utk mengobati cacar air (sangat manjur). tentu saja utk menghindari bahaya spt keterangan diatas telurnya utuh tidak ada keretakan dan harus dicuci bersih dg sabun. ttg bahaya melamin yg masuk lewat makanan ayam bisa dihindari dg memastikan memberi pakan ayam yg bebas bahan kimia biasanya ayam yg pakannya alami ciri khasnya bau kotorannya tidak menyengat tidak spt peternakan ayam petelor yg baunya minta ampun bikin muntah.

  2. @Huda Gamu
    aku sendiri dari dulu memang masih ragu klo mau mengkonsumsi telur setengah matang,krn pasti masih ada bakteri yg belum mati menempel di telur itu.Klo telur ayam kampung sih memang blm pernah tak cobain gan.Di rumah sebenarnya aku pelihara ayam kampung juga sih,telurnya kecil-kecil gitu.Klo ayam potong,dagingnya lebih bnyk dan empuk dimakan tapi aku kurang suka krn pakan yg dikasi ke ayam pasti bnyk bahan kimianya,yg jika dikonsumsi terus menerus bsa menimbulkan penyakit.Ayam di tempatku makanannya alami semua,jdi aman ya klo telurnya di masak setengah matang

  3. kalo makanannya alami tetap aman gan,masalahnya cuma tingkat higienis kebersihan cangkangnya harus benar2 bersih steril sebelum dimasak atau diminum mentah sbg jamu. Jadi kalo pengen telur setengah matang aku lebih memilih telur ayam kampung utk amannya. atau telur bebek hasil peliharaan sendiri yg sudah pasti alami pakannya (misal kepiting disungai, daun kates+sisa nasi)

  4. @Huda Gamu
    Ohh gitu,jdi ngg perlu khawatir kena bakteri di telurnya ya.Tapi yg aku tau,sebagian bakteri itu memang udah ada di dalam telurnya,menurut buku yg pernah kubaca.Klo dipikir2 mungkin benar,faktor makanannya yg berpengaruh.Klo makanannya sehat dan alami,resiko kena penyakitnya juga kecil.Telur bebek,aku paling suka.. rasanya asin,enak buat lauk.Apalagi telur puyuh,di goreng kecil-kecil enak bgt,kyk jajanan SD dulu 🙂

  5. @George xx
    dari rasa mungkin enak gan dan banyak yang berpendapat klo telur setengah matang ini bagus utk stamina,tapi ada bahayanya juga.Jadi mending klo masak telur sekalian sampai matang aja biar aman hehe 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*