Uninstall Program Sampai Registry Bersih

loading...
Haloo sobat media2give semuanya,jumpa lagi nih dengan kalian di postingan ini hehe.. Kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang uninstall program/software/aplikasi.Software yang terdapat di dalam PC kita sudah pasti jumlahnya sangat banyak dan beragam jenisnya,tergantung kebutuhan si penggunanya.Aplikasi ini sebagian memang digunakan dan sering di manfaatkan untuk beraktivitas dengan PC.

Beberapa diantaranya bahkan dipakai juga untuk menghasilkan sebuah karya,seperti software editing gambar seperti Photoshop,Corel Draw maupun editor musik seperti Sony Vegas,dan masih banyak yang lainnya lagi.Terkadang jika memiliki terlalu banyak software akan membuat kinerja PC kita berkurang,mungkin jadi lambat atau agak berat saat membuka data.Bisa juga software tersebut mengalami error di karenakan masalah pada sistemnya.


Hal ini terjadi pada saya beberapa waktu yang lalu.Ketika itu,entah bagaimana salah satu software yang biasa saya gunakan untuk membersihkan file sampah,sebut saja CC Cleaner mendadak macet/hang saat dibuka padahal tadinya masih baik-baik saja.Sudah saya coba untuk me-repairnya dan mengembalikan settingan ke defaultnya,namun tetap saja tak berhasil.Daripada bingung,langsung aja itu aplikasi saya uninstall supaya hilang dari PC.

Berharap bisa balik normal lagi,saya pun mencoba meng-install ulang programnya kembali,tapi justru errornya masih nggak mau hilang juga.Setelah nyoba searching,ternyata ada satu hal yang saya lupakan setelah uninstall programnya,yaitu membersihkan sisa-sisa registry yang tertinggal selepas di uninstall.Nah,baru kemudian setelah bersih total,saya coba lagi menginstall CC Clenaer-nya.

Akhirnya berhasil juga,masalah terselesaikan.Fuiiihhh.. lega rasanya,problem udah kelar hehe.. Buat kalian yang pernah menguninstall program/aplikasi,pastikan juga membersihkan registry-nya.Gimana caranya? Tenang,saya akan tunjukkan bagaimana cara meng-uninstall program yang benar.Silahkan saja disimak langkah-langkahnya berikut ini :

1. Buka control panel > add/remove program > cari program yang akan di uninstall > klik uninstall

2. Klik tombol Start > Run atau bisa dengan kombinasi tombol Windows + R
3. Ketikkan tulisan regedit
4. Akan muncul kotak tampilan > gunakan tombol Ctrl + F
5. Masukkan nama file yang akan di hapus registry-nya
contoh : CC Cleaner

6. Klik Find next > klik delete
7. Muncul pilihan penghapusan registry > pilih yes

8. Karena setiap program terdiri dari banyak registry sementara tadi baru dihapus 1,maka untuk mencari yang lainnya tekan tombol F3 > delete 
9. Lakukan cara itu terus sampai muncul pemberitahuan dari registry editor

10. Jika telah selesai klik Ok

Selamat mencoba ^^

loading...

4 Comments

  1. @Wahyu Eka Prasetiyarini
    iya mbk,program yg tdk terpakai sebaiknya dihilangkan saja biar tidak memberatkan kinerja laptop,dan harus sampai bersih ke registrynya juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*