Tips Menyimpan Data di CD-R Secara Berulang-Ulang

loading...
Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Cara Menghapus File DVD-RW,dan kini saya akan berbagi informasi lagi,masih seputar CD yaitu tentang Tips Menyimpan Data di CD-R Secara Berulang-Ulang.Sobat semua pasti sering kan menggunakan CD untuk menyimpan data?.Dengan menyimpannya ke dalam CD,data dapat bertahan lama dan mudah dipindahkan ke tempat lain jika diperlukan.


Ada 2 jenis CD yang sering kita lihat,CD-R (Compact Disk Recordable) dan CD-RW (Compact Disk ReWriteable).Yang membedakan keduanya adalah kalau CD-R hanya bisa digunakan untuk menyimpan data saja (biasanya harganya lebih murah dari CD-RW),sedangkan CD-RW mampu menyimpan sekaligus menghapus data di dalamnya.Karena hanya mampu menyimpan sekali saja,CD-R sering kita gunakan sekali pakai.

Apabila mau menyimpan lagi,diperlukan CD-R lagi dan jika data yang disimpan dalam jumlah besar,tentunya kita perlu lebih banyak CD-R lagi.Melakukan cara ini sangat tidak praktis dan tidak efisien.Padahal belum tentu 1 CD-R itu datanya full,bisa saja hanya terpakai sebagian saja,sementara sisanya terbuang nggak kepakai.Masalah ini yang sering dijumpai saat mencoba memindahan data ke CD-R.

Namun tidak perlu khawatir harus membeli banyak CD-R lagi karena kita bisa mensiasatinya sendiri.Emangnya bisa ya? jelas bisa sob,untuk melakukannya kita membutuhkan program NERO.Dan agar lebih jelas lagi,mari disimak bersama cara menggunakannya

Cara Menyimpan Data di CD-R Secara Berulang-Ulang
1. Buka dulu aplikasi NERO
2. Pilih menu Data > Make Data CD

3. Masukkan data yang akan ditambahkan dengan klik tombol Add > klik Next
4. Aktifkan tanda ceklist/centang pada jendela Final Burn Settings di pilihan “Allow files to be added later (multisession disc)


5. Klik Burn
6. Selesai deh ^^

loading...

4 Comments

  1. @Wahyu Eka Prasetiyarini
    dulu saya juga mikirnya CD-R itu cuman buat sekali nyimpen data aja,akhirnya dapet cara baru buat menggunakannya berulang-ulang untuk save data,jadi nggk makan bnyk CD klo filenya besar

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*