Kiat Penggunaan dan Pemeliharaan Lantai Kayu

loading...
Jika ingin menghidupkan nuansa etnik, menggunakan lantai parket kayu adalah pilihan yang baik. Andai saja anda lihat lagi, sifat-sifat kayu yang alami menghidupkan kesan hangat dan juga sejuk di tempat tinggal anda.Musim panas dapat terasa sejuk,sedangkan cuaca dingin dapat tetap terasa hangat lantaran sifat-sifat alami kayu itu sendiri.Dengan beraneka ragam corak parket kayu yang tersedia, anda tak bakal kesusahan menyesuaikannya dengan mebel yang ada di tempat tinggal anda.Tapi harus diingat-ingat bahwasanya parket kayu pun mempunyai kejelekan, kayu amat gampang jadi santapan rayap, apalagi pergantian cuaca juga mampu menyebabkan kayu jadi lapuk.Ketahanan parket kayu amat ditentukan oleh jenis kayu dan juga teknik pemeliharaannya.Parket kayu yang diperhatikan dengan rutin bakal memastikan keindahan dan keawetannya bertahan hingga waktu yang lama.
Parket kayu harus menggunakan jenis kayu khusus Hanya sebagian jenis kayu dapat digunakan untuk material tempat tinggal. Tipe dan jenis kayu yang tahan dengan perubahan cuaca dan tahan rayap adalah kayu yang tepat untuk digunakan sebagai mebel/furnitur rumah. Inilah beberapa contohnya kayu merbau, damar laut, jati, bangkirai. Kayu yang banyak kandungan airnya bakal cepat rengat, menyusut dan mengembang, oleh karena itu pakailah kayu yang rendah kandungan airnya. 

Pertimbangkan dulu luas dan bentuk ruang yang dipakai 

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengukur ruang yang bakal menggunakan parket kayu.Jika ingin memasang parket kayu pada permukaan yang besar maka struktur dasar lantai harus diperkuat juga. Yang harus dilakukan selanjutnya, bila bahan kayu yang dipakai bertipe lunak, alangkah baik jika bawahnya dirangkap bahan lain terlebih dulu, sehingga air dari tanah tak terhisap oleh lantai kayu. Sedangkan bila kayu yang dipakai berkarakter padat, alangkah baik jika struktur dasar lantai diperkuat dengan menggunakan perekat khusus atau paku, tergantung situasinya. 

Selanjutnya, untuk meningkatkan estetika dan membuat lebih mudah penataan mebel, tatanan parket kayu juga harus memperhitungkan bentuk ruang. Lantai parket kayu yang disusun vertikal paling tepat untuk bentuk ruang memanjang, sedangkan bentuk ruang melebar paling tepat dengan lantai kayu yang disusun horisontal. Selanjutnya, tingkat kerapian pemasangan parket kayu pun penting untuk diperhatikan. Bidang lantai yang tidak rata akan menyebabkan ruang tak nyaman, selain itu lantai kayu pun menjadi cepat rusak.
baca: lantaikayuselgrid.com 

Parket kayu memerlukan pemeliharaan teratur 

Anda harus memberikan perawatan rutin agar parket kayu yang anda punya tetap awet. Lap basah ataupun air sabun janganlah digunakan untuk mengepel parket kayu, karena air bakal cepat teresap oleh kayu yang menyebabkan kayu jadi tak awet. Cukup gunakan vacuum cleaner atau sapu yang lembut. Memang benar bahwasanya parket kayu bisa menahan cairan namun itu cuma pada permukaan paling atas saja, karena itu bila ada zat cair yang tak sengaja tumpah janganlah menunda untuk mengepelnya. 

Pindahkan furnitur anda tidak boleh dengan cara menggeser, karena itu bakal melecetkan parket kayu, pindahkan dengan cara mengangkatnya. Anehnya, meskipun musuh utama kayu ialah air, pori-pori parket kayu harus tetap terpelihara humiditasnya, maka parket kayu sebaiknya dibersihkan dengan cairan pelembab khusus setiap 3 bulan sekali.. Pada pemasangan parket kayu, biasanya anda bakal melihat bahwasanya pada setiap parket kayu ada semacam kaitan yang telah dilapisi formalin. Rayap tak suka dengan formalin, itulah tujuan kaitan lantai kayu dilapisi dengan formalin. Walaupun telah mendapat perlindungan formalin, alangkah baiknya jika suntikan anti rayap tetap disuntikkan paling tidak 3 tahun sekali. 

Ketika pemasangan lantai, bantuan tukang yang ahli benar-benar diperlukan 

Memasang parket kayu memerlukan keterampilan khusus, tidak semua tukang mampu memasangnya dengan benar. Akibat pemasangan yang asal-asalan, nilai keindahan parket kayu jadi hilang.Ketelitian dan sense of art harus diperhitungkan baik-baik dalam perakitannya. Tukang yang ahli dalam memasang parket kayu tentulah memperhitungkan gradasi warna, ukuran parket kayu, juga pola serat kayu. Parket kayu yang dipasang baru akan tampak memukau bila dirakit oleh tukang yang ahli dan terampil. Jika berkenaan dengan parket kayu, percayalah kita ahlinya. sumber

loading...

4 Comments

  1. @Kang Ucup
    di rumah saya juga sama mas,klo kayunya sdh lama bisa dimakan rayap,tpi klo lantainya kayu terlihat klasik dan natural juga dan nyaman buat ditempati

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*