9 Spesies Mahasiswa Di Kampus

loading...
Haloo sobat media2give,kali ini saya akan membahas seputar masalah dunia kampus,lebih tepatnya tentang 9 Spesies Mahasiswa Di Kampus.Kampus yang kita kenal selama ini merupakan tempat untuk mencari ilmu serta pengalaman dimana disitulah pembentukan karakter yang kuat terjadi setelah mengalami jenjang pendidikan dasar sampai menengah.Mahasiswa bukan lagi pelajar yang hanya mencari ilmu,namun mereka juga harus mulai tahu paradigma menjadi dewasa.Seperti yang banya dibicarakan bahwa mahasiswa adalah agent of change (agen perubahan) yang membawa bangsa ke arah kebaikan.


Mahasiswa tak segan-segan mengkritisi soal kejadian yang menimpa negri ini termasuk pemerintah yang bertanggung jawab di dalamnya.Terbukti,aksi yang dilakukan menimbulkan efek yang luas seperti contohnya saat era orde baru,di daerah Solo pernah terjadi aksi demo besar-besaran untuk menggulingkan kepemimpinan Soeharto yang dinilai gagal membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.Kembali lagi,bicara soal dunia kampus,biasanya saat pertama kali mahasiswa baru memasuki kampus pasti dia akan menemui banyak hal baru,lingkungan yang berbeda serta beragama manusia dari latar belakang dan tempat asal yang berlainan.
Disinilah keragaman itu muncul,dimana sesama teman saling mengenal masing-masing adat dan kebiasaan dari berbagai daerah.Menariknya,tiap mahasiswa punya sifat dan kelakuan yang beda-beda nih,ada yang baik,semi baik ataupun yang nyebelin pun ada.Mereka punya alasan sendiri-sendiri kenapa kuliah di kampus itu dan untuk tujuan apa mengambil jurusan pilahannya.Tapi dari hasil pengamatan yang saya lakukan serta pengalaman juga,mahasiswa di kampus tuh bisa di kategorikan menjadi 9 spesies.

Hah,spesies? haha.. kok kayak animal aja ada spesies segala.Emang bener sob,maksudnya spesies disini dalam artian menganalogikan mereka ya,jangan dipikir bentuknya mirip animal ya whahaha.. 

1. Mahasiswa Kura-kura
Kalau kita melihat kura-kura,apa yang pertama kali terlintas di otak? hewan dengan tempurung? berjalan lambat? Hmm.. ya,memang fisiknya gitu sih,dan bisa di analogikan ke mahasiswa.Tapi bukan menyamakan fisiknya ya.. maksud kura-kura ini,hanyalah singkatan saja yang berarti Kuliah Rapat Kuliah Rapat (Kura-Kura).Mahasiswa tipe ini sangat mementingkan tidak hanya segi akademik saja.


Mereka membagi waktunya dengan mendapatkan pengalaman dari kegiatan di luar kelas,seperti mengikuti organisasi.Hasilnya,mereka akan mendapatkan manfaat berupa hardskill dan softskill.Karena sibuk di organisasi,tekadang waktu mereka bentrok dengan jam kuliah dan membuat mereka membolos kuliah,tapi bisa diganti dengan mengikuti kelas lain yang mata kuliahnya sama.

Dan jangan salah,mereka tak lantas meninggalkan pendidikannya,justru yang aktif di organisasi dan dilakukan dengan serius,IPKnya malah pada tinggi-tinggi,itu menandakan organisasi tak menggangu jadwal belajar mereka.

2. Kupu-kupu
Mahasiswa spesies ini,kerjaannya hanya ke kampus dan di rumah,seperti namanya Kuliah Pulang Kuliah Pulang (Kupu-Kupu).Mereka yang termasuk spesies kupu-kupu taunya ke kampus tuh buat cari ilmu dan berusaha keras belajar supaya bisa dapetin IPK tinggi.Mereka masih berpikiran pragmatis,memandang tujuan kuliah hanya dari 1 sisi saja.Ciri orang kupu-kupu ini biasanya cerdas,suka ke perpus baca-baca buku,dan kalau dateng kuliah pasti lebih awal (takut telat).


Mungkin mereka hanya ingat jalan yang mereka lalui itu-itu saja tiap hari,dari kos/rumah ke kampus,pulang lalu balik lagi.Sampai mereka menguasai track yang dilalui tiap hari,ibaratnya nih.. mereka hafal berapa tanjakan,tikungan di jalan yang mereka lewati,berapa lubang di jalan,dan berapa jumlah polisi tidurnya,.. haha.. keren nggak tuh? Mahasiswa kupu-kupu kebanyakan kurang peduli dengan apa yang terjadi di sekitar mereka,yang penting mereka kuliahnya bener,nilai bagus.

3. Mahasiswa Capung
Capung itu hewan yang suka keliaran di sawah,apakah mahasiswa capung juga gitu? hohoho.. bukan sob,capung ini cuma singkatan aja,Capung = Cari Pinjeman Utang.Dari namanya,pasti udah pada tau deh,tipe kayak gimana mahasiswa ini.Biasanya mereka tiap hari kesana sini,deketin temen dari 1 temen ke teman lainnya cuman buat cari utang,alasannya 1001 macam mulai lagi bokek,nggak bawa uang,uang jajan kurang atau apalah yang bisa membuat hati teman-teman tergerak untuk mengeluarkan dolar di dompet demi membantunya.


Hmm,kasihan juga ya? Eiiitss,jangan salah sob,mereka ini nyebelin lho.Kalau kita utangin,ntar nagihnya susah bukan main.Lagi-lagi banyak alesan ini itu,atau mereka bilang “iya,ntar gue bayar kalau dah ada duit”.Faktanya,mereka nggak bayar-bayar tuh.Hati-hati aja kalau ketemu mahasiswa yang kayak gini,cuman cari untungnya aja nih.

4. Mahasiswa Kumbang
Kumbang ini singkatan dari Kuliah Bimbang.Mahasiswa yang masuk kategori ini biasanya lebih sering sedih,galau dan nggak tau mau ngapain.Bisa aja habis putus cinta,nggak mudeng sama mata kuliahnya atau bingung di kos mau ngapain.Akhirnya,kalau di kos palingan cuman tidur-tidur aja,bahkan ada yang nyampe lama banget,berjam-jam.Eh,itu tidur apa hibernasi yah? hahaha.. 


Kalau mahasiswa ini pergi ke kampus,bawaan ekspresinya selalu datar dan hampa,kelihatan banget kalau lagi banyak masalah.Dan seringkali melamun,menyendiri.Kalau yang parahnya lagi,ngajakin temen biar ikutan jadi kumbang hehe.. ntar malah bikin grup lagi,Kumbang Community,weleh-weleh.. grup apa lagi tuh,perkumpulan mahasiswa galau.

5. Mahasiswa Kelabang
Namanya kok serem ya? kelabang itu kan dikenal dengan hewan berkaki seribu,meskipun saya sendiri nggak yakin kalau kakinya seribu.Males juga mau ngitungin satu-satu,kayak kurang kerjaan aja haha.. Mahasiswa Kelabang ini maksudnya Keliaran Bangga (Kelabang).Mereka sukanya keluyuran kesana sini,entah tujuannya apa,sampai pernah saya lihat ada yang muter-muter kota gara-gara nggak ada tujuan hidup.


Baru berhenti kalau bensin habis wkkkwk.. aneh tuh orang,cuman buang-buang duit nggak jelas dan nggak bermanfaat.Kebiasaan lainnya adalah mereka suka nongkrong sesama temen satu geng.Duduk-duduk di tempat rame-rame,sambil ketawa ketiwi seolah tak merasakan beban hidup sama sekali.Orang biasanya main kalau malem mingguan kan,nah kalau mahasiswa kelabang main bisa tiap hari lho.. 

6. Mahasiswa Lalat
Lalat,hewan yang suka hinggap di tempat kotor,bikin jijik dan kita aja ogah deket-deket.Tapi beda kalau istilah Mahasiswa Lalat.Lalat = Selalu Telat.Nah,ini dia nih satu kebiasaan orang-orang kita yang nggak bisa menghargai waktu dan disiplinnya rendah.Mahasiswa lalat kalau masuk kuliah sukanya nelat/sengaja telat,mungkin mereka beralasan karena dosennya belum dateng trus nongkrong dulu di kantin sampai dosennya dateng.


Pas kuliah udah dimulai,mereka tetep aja diluar kelas,nggak tau deh ngapain,ntar masuk sekitar 10-15 menit setelah kuliah berlangsung.Kebiasaan ini sering juga disebut ngaret,dulu saya bingung artinya apa haha.. nggak taunya ngaret tuh artinya suka nelat/telat di sengaja.Mahasiswa lalat,bisa jadi telatnya itu gara-gara bangun kesiangan,begadang semaleman entah nonton bola atau ngapain,trus bangun jadi susah.Hasilnya tiap kali ke kampus nggak pernah on time deh..

7. Mahasiswa Nyamuk
“Banyak nyamuk di rumahku.. gara-gara kamu,malas bersih-bersih”.Inget lagu itu nggak ?hehe.. mungkin yang lahir di akhir 80 an atau awal 90an masih inget kali ya.Nyamuk ini hewan yang paling dibenci orang,gimana nggak,tiap malem nyedotin darah kita,gangguin orang tidur,bikin sebel aja.Sama juga nih dengan Mahasiswa Nyamuk (Nyari Muka).Mereka ini di kelas sukanya sotoy,tiap dosen nanya langsung mengajukan diri buat jawab pertanyaannya,padahal belum tentu mereka ini cerdas/tau jawaban sebenarnya.


Kan biar dikira aktif dan mahasiswa pintar di kelas,huh sebel kalau ketemu orang kayak gini.Mereka aslinya jarang mau membantu sesama temannya,kecuali kalau ada situasi yang menguntungkan mereka,dateng kalau ada maunya doang.Teman-temannya biasanya kurang suka dengan mahasiswa nyamuk ini.

8. Mahasiswa Laba-Laba
Laba-laba disini maksudnya Lempar Batu Lapis Baja.Ni tipe-tipe mahasiswa yang suka ngikut demo,teriak-teriak seolah peduli dengan masalah negara,padahal belum tentu mereka tau demo itu untuk tujuan apa.Kadang ada juga pendemo bayaran,demo karena dapet duit,ikut ngeramein aja.


Disebut Lempar Batu Lapis Baja karena senjata mahasiswa ini apalagi kalau bukan batu,mana sekepel tangan lagi ukurannya.. Kena timpuk pasti sakit banget tuh.Eits,tunggu dulu,lihat siapa yang dilawan.Pasukan anti huru-hara lengkap dengan armor pelindung + tameng baja,jadi yang satu lempar batu,satunya nangkis pake tameng.Tontonan yang menarik kah? nggak juga sih,serem malahan kalau deket-deket bisa jadi korban.

9. Mahasiswa Kuda
Kuda = Kuliah Dagang.Sambil kuliah sekalian dagang,hmm.. cara yang cerdas buat cari duit hehe..Mereka kalau bawa tas ukurannya gede,dalemnya isi barang dagangan semua,selalu terlihat tersenyum (biar banyak yang beli dagangannya wkkkwk).Pakai celana skinny jeans dan sepatu nike ORI (katanya juga sih,entah beneran/nggak).


Kalau diperhatikan memang mirip sales juga sih,nggak cuma mahasiswa aja,bahkan mahasiswi ada juga yang masuk spesies kuda.Itung-itung buat uang jajan gitu,syukur-syukur bisa buat biaya kuliah.Dan nggak selalu barang juga yang dijual,kadang jualan pulsa juga,kayaknya jadi musuh mahasiswa capung tuh yang suka ngutang hehe..

Kalau kalian sendiri,masuk spesies yang mana ? hahaha..

loading...

18 Comments

  1. kalo yg suka cari gratisan melulu termasuk tipe apa ya? misal suka numpang membonceng (ngirit uang transportasi), suka ditraktir (mujur py temen kantong tebal yg dermawan : perut kenyang gratis lagi haha…)

  2. @Huda Gamu
    klo aku nyebutnya mahasiswa Tiger (Ngertinya Geratisan) haha.. yg model kyk gitu maunya dapet untung sendiri,nggk mau keluar modal.Susah klo dapet temen yg spt itu,justru lebih bnyk merugikan kita gan

  3. berarti tiger ini spesies ke 10, kalo aku menyebutnya mahasiswa beruntung sebab yg traktir dan yg ngasih tumpangan suka rela tanpa paksaan shg tidak merasa dirugikan. kecuali kalo mintanya dg nada memohon agak memaksa shg merasa gak enak ataupun iba shg lama2 merasa keberatan menjadi terpaksa spt kena mahasiswa parasit/lintah yg suka menghisap menguras. eh mahasiswa parasit bisa jadi spesies ke 11 nih.

  4. @Huda Gamu
    iya gan,Tiger jadi spesies ke 10,emg klo ada temen yg sukanya dikasih tumpangan/traktir blm tentu semuanya masuk spesies tiger,tergantung niatnya juga.Klo dia ditawari sendiri tanpa memaksa berarti nggk masuk kategori Tiger.Aku nyebutnya sebagai spesies Lutung (Selalu Beruntung).Eh,ada lagi ya? yg suka menguras dompet temen itu tak sebut Penyu (Pengen Nyusahin Temen)

  5. @Wahyu Eka Prasetiyarini
    wah mbk ririn ternyata masuk kupu-kupu habis kuliah pulang deh hehe.. emng klo jdi kura-ura seba repot,harus bisa membagi waktu antara kuliah dan organisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*