Tips Cara Menyikat Gigi Yang Benar

loading...
Haloo sobat media2give semua,kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Tips Cara Menyikat Gigi Yang Benar.Gigi,merupakan salah satu bagian tubuh yang wajib kita jaga kebersihannya karena jika tidak di rawat dengan baik,akan menimbulkan masalah pada kesehatan seperti munculnya plak,bau mulut,karang gigi,dan gigi berlubang.Ya,memang masalah tersebut bisa diatasi jika kita rajin menyikat gigi setiap hari.

Sebenarnya,ada banyak jenis makanan yang kurang baik bagi gigi jika di konsumsi dalam jumlah banyak/berlebihan.Seperti contohnya makanan yang manis-manis (kue,permen cokelat) dan makanan yang terlalu panas.Makanan yang dihidangkan pada saat panas,seringkali langsung kita santap.Ibarat kata,lagi enak-enaknya dimakan kalau masih panas.Jika sudah keburu dingin,kenikmatannya menjadi berkurang.Kebiasaan ini salah,karena akan membuat gigi menjadi rawan rusak.


Apalagi bagi lidah juga tidak baik,maka lebih bagus jika menunggunya sebentar sampai tidak terlalu panas,baru boleh dimakan.Seusai makan tentunya jangan lupa untuk menggosok gigi,dan menurut para ahli sebaiknya dilakukan sehari minimal 2 kali (sehabis sarapan pagi dan sebelum tidur).

Kenapa harus dilakukan pada saat tersebut? setelah sarapan pagi,sisa-sisa makanan yang di konsumsi akan menempel pada gigi,dan jika dibiarkan akan menimbulkan bau mulut,sedangkan pada saat sebelum tidur,sisa makanan juga masih ada yang menempel di gigi,jadi harus segera di bersihkan agar tidak digunakan kuman untuk merusak gigi.Lalu bagaimana jika menyikat gigi sehari 3 kali? boleh-boleh saja dilakukan,tapi itu juga jika sempat saja,sehabis makan siang.

Namun perlu diketahui,bahwa menyikat gigi tidak boleh terlalu sering karena dampaknya akan merusak email gigi,jadi lakukan saja sesuai anjuran 2-3 kali sehari.Nah,untuk masalah menyikat gig,terkadang kita sering kurang peduli bagaimana cara melakukannya dengan benar,mungkin karena terburu-buru ataupun memang belum tau caranya.

Menyikat gigi dengan cara yang salah justru akan menimbulkan masalah pada gigi dan yang paling umum ditemui adalah gusi berdarah akibat salah saat menyikat gigi.Bagaimana sih cara yang benar untuk menyikat gigi? Berikut ini beberapa cara menyikat gigi yang benar dan bisa kalian coba lakukan :

1. Siapkan pasta gigi dan sikatnya dulu 
2. Usahakan gunakan pasti gigi yang tidak mengandung deterjen/berbusa dan pastikan pasta pasta giginya dalam keadaan baik.Tak jarang,sikat gigi yang kita pakai sudah lama dan bentuknya tidak bagus lagi.Sikat yang seperti ini sebaiknya jangan digunakan karena tingkat kebersihannya jika digunakan sudah tidak maksimal lagi

Bulu sikat sudah tidak bagus,jangan dipakai

3. Pastikan bulu sikat yang digunakan berbahan lembut,tujuannya agar saat kita menggosok-kan ke gigi,tidak akan melukai gigi ataupun menimbulkan gusi berdarah.Karena tiap sikat gigi punya kelembutan bulu sikat yang berbeda-beda,kita harus pintar memilih mana yang paling lembut dan cocok di pakai

4. Setelah semua alat yang dibutuhkan untuk membersihkan gigi siap,gosoklah gigi dengan sikat secara perlahan-lahan dimulai dari bagian depan gigi.Cara menggosoknya dengan arah naik turun/vertikal dan bagian kepala sikat membentuk sudut 45 derajat (di kira-kira sendiri nggak harus pas 45 derajat hehe..)


5. Setelah bagian depan selesai di sikat,kini giliran bagian dalam geraham.Di bagian ini biasanya sisa makanan akan membuat kuman menumpuk,dan jika di biarkan dalam jangka waktu yang lama bisa berbahaya,nanti giginya bisa berlubang.Jika sudah berlubang,tempat lubang itu akan mudah kemasukan makanan yang sulit dibersihkan.Dampaknya bisa terkena sakit gigi.Makanya harus diperhatikan dengan baik saat menyikatnya


6. Lanjut lagi ke bagian dalam gigi bawah,di bagian ini sisa makanan yang tidak dibersihkan akan mengotori gigi dan lama kelamaan menimbulkan plak.Nah,jika plak sudah semakin lama dan menjadi keras,maka timbul-lah yang namanya karang gigi.Membersihkannya akan menjadi semakin sulit,apalagi jika karang gigi terkelupas dari gigi,akan membawa email yang ikut menempel sehingga membuat gigi menjadi rapuh dan mudah rusak


7. Masih seperti cara sebelumnya,kali ini untuk bagian dalam gigi atas.Tempat ini juga memungkinkan kuman untuk berkumpul karena disinilah makanan sering menempel.Jika dibirakan terus lama-lama akan timbul plak dan karang juga.Jika gigi semakin kotor,artinya kesehatannya akan makin berkurang.Bagian ini termasuk yang lumayan makan waktu lama untuk membersihkannya karena letaknya yang tidak bisa kita lihat secara langsung sambil menyikat gigi.


8. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian lidah.Bagian lidah biasanya juga terdapat sisa makanan yang seringkali kita lupa untuk menghilangkannya.Cara membersihkan bagian ini adalah dengan menggunakan bagian kepala sikat gigi yang tidak ada bulu sikatnya.Gosoklah secara perlahan-lahan dan dilakukan berulang kali sampai lidah benar-benar bersih

Selain menyikat.di anjurkan juga untuk memakai obat kumur untuk menjaga kesegaran gigi dan menghilangkan sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.Menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi juga bisa dilakukan,yang penting saat menekan ke gigi perlu diatur,jangan terlalu keras atau kasar.Nah,mungkin itu tadi beberapa tips yang bisa kalian coba terapkan saat menyikat gigi,dan ingatlah selalu untuk merawat gigi dengan baik.

loading...

4 Comments

  1. nambahin aja sebaiknya pakai sikat gigi kering tanpa dibasahi air (maaf alasannya udah lupa). lalu agar sikatnya awet bertahun2 : setiap selesai sikat langsung dibersihkan dg jempol shg bulu sikat terbuka melebar sambil guyur air dg deras kencang agar sisa kotoran yg menempel dibulu sikat lekas bersih, terakhir keringkan cukup dg menyisir bulu sikatnya agar sisa air keluar lalu tekan satukan bulu sikatnya agar rapi kembali

  2. @Huda Gamu
    klo bersihin pakai jempol kadang aku juga melakukannya gan,soalnya klo cuma di guyur air aja kurang bersih tpi setelah itu nggk tak keringkan hehe.. ditunggu biar kering sendiri sikatnya

  3. hehe.. berarti guyur airnya kurang deras/kurang kencang tekanan airnya itu shg kurang bersih (setidaknya ketinggian air 1 meter shg air mengucur bertekanan kuat). haha… kayak kurang kerjaan nunggu kering sendiri sikatnya. entah udah berapa tahun aku gak ganti sikat sebab masih bagus, mungkin kalo udah bosan ganti baru hehe…

  4. @Huda Gamu
    haha.. mungkin juga gan,guyur airnya kurang dari 1 meter.nunggu keringnya nggk aku tontonin kok gan,ya aku tinggal aja gitu hehe.. klo aku sikat yg di pake juga awet,klo blm rusak blm beli yg baru

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*