Tipe Kepribadian Manusia Yang Perlu Kamu Tau

loading...
Kepribadian merupakan salah satu hal penting yang perlu kita ketahui untuk bisa mengenal siapa diri kita yang sebenarnya.Kepribadian diartikan sebagai suatu organisasi dinamis dari sistem psiko-fisik individu yang menentukan tingkah laku secara khas.

Dinamis,dalam pengertian ini maksudnya adalah kepribadian dapat dengan mudah berubah-ubah pada diri manusia sesuai dengan yang di alaminya dalam hidup seperti pendidikan,pengalaman,reward,dan punishement.

Misalkan saja seseorang yang malas belajar dan mendapatkan nilai jelek kemudian dimarahi orang tua,si anak akan berubah menjadi lebih giat belajar lagi untuk menghindari hukuman dari orang tua.Pada dasarnya,manusia memiliki perbedaan kepribadian dan dapat dilihat dari tingkah lakunya sehari-hari.Menurut jenisnya,karakter manusia dibagi menjadi 4 tipe

1. Tipe Sanguin
Orang-orang bertipe ini adalah mereka yang mudah bergaul,menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya dan hangat dalam pergaulan serta identik dengan elemen angin.Tipe sanguin tak butuh waktu lama untuk mencari teman karena sifat ramahnya kepada sesama.Mereka tidak betah duduk dengan orang lain dengan tanpa komunikasi.Mereka akan mengajak ngobrol orang-orang yang ada di sekitarnya untuk saling mengenal satu sama lain.

 

Orang bertipe sanguin menjalani hidup dengan kesenangan,baginya Life is Fun.Mereka banyak melakukan hal-hal menyenangkan dalam hidup dan biasanya tidak bisa jika di suruh berpikir yang berat-berat,mereka bukan tipe pemikir.Mereka sering mengambil kesimpulan dengan cepat terhadap suatu kondisi tanpa dipikir panjang sehingga keputusuan yang dibuat sifatnya emosional.Mereka bertindak sesuai kehendaknya sendiri dan jarang memikirkan dampaknya di masa yang akan datang.

2. Tipe Kolerik
Orang bertipe kolerik memiliki semangat tinggi,identik dengan elemen api,seorang pekerja keras,tidak mudah menyerah,ambisius dan seorang motivator yang baik.Mereka terlihat memiliki pengaruh yang besar bagi orang lain.Mereka juga suka berkuasa,memerintah orang lain dan cenderung diktator.


Orang-orang tipe ini memiliki tujuan untuk setiap yang dia lakukan dan selalu merencanakan hidupnya dengan baik.Mereka tidak ambil pusing dengan apa yang dikatakan orang lai,apakah menyukai mereka/tidak.Mereka akan terus maju untuk mencapai tujuannya.Sangat sulit berkompromi dengan orang kolerik karena mereka juga dikenal sebagai orang keras kepala,tapi tujuan hidupnya jelas dan ambisinya tinggi untuk mewujudkannya.

Mereka sangat menghormati tugas dan tanggung jawab atas pekerjaan yang di lakukan.Mereka juga tipikal orang-orang yang setia dengan tugasnya,dan melaksanakannya dengan baik.Kelemahan orang bertipe ini adalah rasa empatinya kepada sesama yang kurang tinggi,perasaannya kurang kuat.

3. Tipe Melankolik
Orang bertipe ini dilahirkan dengan penuh bakat,identik dengan elemen angin.walaupun sebagian diantaranya tidak menyadari bakat yang mereka miliki.Mereka sangat suka dengan seni dan bisa menghargai keindahan dibanding karakter lainnya.Bagi mereka seni itu adalah sebuah karya yang indah.


Mereka juga memiliki sifat perfeksionis,semua yang dilakukan harus sempurna dan karenanya mereka detail dalam menilai sebuah karya.Orang tipe melankolik lebih sering dikuasai perasaan daripada pikiran.Mereka bisa saja sensitif terhadap hal-hal yang menurut mereka menyentuh perasaan.

Mereka menyukai tantangan dan serius dalam berbagai hal terutama untuk yang berkaitan dengan seni.Seorang melankolik dapat kita lihat dalam berbagai profesi seperti pelukis dan pemusik.Kelemahan mereka adalah karena terlalu menggunakan perasaan,mereka mudah menjadi murung dan sering berubah-ubah mood-nya.

4. Tipe Plegmatik
Orang bertipe ini memiliki ciri-ciri tertutup,pendiam,tidak banyak bicara dan agak lambat.Mereka tidak sulit untuk meminta maaf jika merasa bersalah dan dikenal orang lain sebagai orang yang baik .Mereka terlahir sebagai pembawa damai,bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya.

 

Bagi mereka,hidup itu mengalir seperti air,tinggal di jalani saja.Tidak banyak tuntutan yang mereka butuhkan dalam hidup.Mereka punya selera humor yang bagus dan terlihat bijak dalam bertindak.Orang bertipe plegmatik,pandai dalam mengendaliakan diri dan emosi mereka.Dari luar terlihat kalem,padahal sebenarnya mereka punya banyak masalah.

Karena menganggap masalah itu memang bagian dari hidup mereka menyelesaikannya dengan enjoy tanpa dipikir susah-susah.Kelemahan orang bertipe ini adalah suka ambil mudahnya dan tidak mau susah.Dalam elemen yang ada dibumi,mereka di identikkan dengar air.

loading...

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*