Perasaan Seolah Jatuh Saat Tidur (Hypnic Jerk)

loading...
Haloo sobat media2give,ketemu lagi nih di postingan ini,kali ini saya mau membahas tentang fenomena unik yang kita alami saat tidur,lebih tepatnya Perasaan Seolah Jatuh Saat Tidur.Ya,seperti kita tau bahwa tidur merupakan suatu kebutuhan manusia.Pada orang dewasa setidaknya membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk mengistirahatkan tubuh sekaligus untuk menjaga kesehatan.

Jika waktu tidur kita kurang dari 7-8 jam dan hal itu sering dilakukan maka bisa menggangu kesehatan dan menimbulkan beberapa masalah.Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas,dimana kita merasa nyenyak dan saat bangun tubuh kembali fresh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.Tidur sendiri merupakan mekanisme dimana tubuh membangun energi dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Nah,di saat kita tertidur seringkali kita merasakan hal-hal yang tidak wajar pada tubuh misalnya saja jika kita tidur sambil memegang buku,lalu buku tersebut jatuh dan tangan kita menyentuh lantai pasti kita akan mendadak kaget dan terbangun.Yang lebih unik lagi saat kita tertidur,kadang timbul perasaan seolah jatuh dari tempat yang tinggi seperti jurang ataupun tiba-tiba mengendarai sepeda lalu jatuh.

Saya sendiri pernah mengalaminya,biasanya mengendarai sepeda dan jalan yang dilewati mendadak jadi miring,semakin miring,tambah miring lalu saya pun terjatuh.Hmm,kenapa kok bisa gitu ya? begini,ada penjelasan logis tentang perasaan seolah jatuh saat tidur itu.Saat kita tidur gelombang otak akan melambat dan gerakan tersentak yang dialami seseorang terjadi karena tubuh yang terlalu lelah sehingga tidak melalui tahapan tidur yang sewajarnya.Ada teori yang menyatakan bahwa gerakan tersentak/kaget ini merupakan refleks yang sifatnya melindungi.
Saat tidur,otot akan mengendur dan lemas.Kondisi ini di artikan otak sebagai tanda bahwa kita akan jatuh sehingga otak langsung mengirimkan pesan pada otot untuk mengencang sehingga kita tetap tegak.Ada beberapa tahapan yang dialami seseorang ketika akan tidur yaitu tahap non REM (rapid eye movement) dan tahap REM.Umumnya,tidur diawali dari tahap non REM yang akan di ikuti tahapan REM dan mimpi terjadi pada tahap REM.Periode non REM sendiri terbagi menjadi 4 tahap :


– Polisomnografi
Pada tahap ini seseorang akan mengalami penurunan kondisi sadar,mata mulai tertutup namun masih mudah terbangun.Hypnic Jerk/perasaan jatuh saat tidur terjadi pada tahapan ini.Hypnic Jerk di alami setiap orang setidaknya 1 kali dalam semalam.Hal ini sering terjadi pada mereka yang kekurangan waktu tidur/terbangun di saat seharusnya mereka tidur.

– Tahapan 2
Tahapan ini ditandai dengan berkurangnya aktivitas otak,otot menjadi lemas dan kesadaran hilang

– Tahapan 3 dan 4
Kedua tahapan ini adalah saat orang mulai tidur,tahapan 4 lebih dalam dari tahapan ketiga.Jika seseorang terbangun pada tahapan ini maka dia akan mengalami kebingungan untuk beberapa menit

Pada fase non REM ini,tubuh akan membangun kembali tenaga otot dan tulang serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.Fase ini terjadi terus dalam waktu 90 menit setelah seseorang tidur.Orang yang mengalami fase ini ditandai dengan bola mata yang bergerak-gerak yang menunjukkan dia sedang bermimpi.

Pada tahap REM,gelombang yang diterima otak sama seperti saat kita sadar,sehingga saat tidur sebaiknya jauhkan Hp dari dekat tubuh kita agar mendapat tidur yang berkualitas.Saat bermimpi,otak akan melumpuhkan diri supaya tidak di ganggu tidurnya.Selain Hypnic Jerk,ternyata masih ada lagi fenomena-fenomena unik saat kita sedang tidur seperti Hypnagogic,Dream in Corporation dan Precognitive Dream.

– Hypnagogic
Hypnagogic ini berkaitan dengan halusinasi yang terjadi saat kita terbangun dari tidur,kadang kita melihat diri kita sendiri,jadinya diri kita ada dua atau juga bisa melihat orang lain seperti teman,keluarga bahkan makhluk asing/makhluk halus.Orang yang terkena hypnagogic akan merasakan ngantuk terus menerus.


Biasanya akan hilang setelah 15 menit namun beberapa saat kemudian akan kembali mengantuk.Penderita hypnagogic banyak yang mengeluhkan susah tidur pada malam hari dan selalu ngantuk di siang harinya.Gelombang mimpi yang menyusup ke alam sadar seseorang akan membuat mereka berhalusinasi dan bermimpi tapi dengan kondisi sadar.

– Dream in Corporation
Pernahkah kalian saat tidur merasa haus/lapar dan saat bangun rasa tersebut masih ada? atau pernahkah kalian merasa ingin pipis saat tidur dan waktu bangun sudah mengompol.Nah,jika iya berarti kalian sedang mengalami Dream in Corporation.Saat tidur,beberapa fungsi organ tubuh kita akan di non aktifkan oleh otak,namun bisa berubah saat kebutuhan biologis sedang memuncak.


Kebutuhan ini bisa berupa haus,lapar,pengen pipis,atau kebutuhan seks.Dan kebutuhan biologis ini sangat kuat dan mampu menguasai syaraf dalam tubuh dan menghidupkan kembali organ tubuh yang sudah di non aktifkan otak tadi.Hasilnya,otak akan menerjemahkannya melalui neuron motorik yang mendapat informasi dari neuron motorik untuk On lagi.Makanya,kenapa kita bisa ngompol,mimpi basah,atau mengunyah saat tidur? Dream in Corporation lah jawabannya

– Precognitive Dream
Tau istilah dream come true/mimpi yang menjadi kenyataan? Precognitive Dream juga sama seperti itu.Ketika kita bermimpi,ada beberapa dari mimpi tersebut yang benar-benar terjadi di kehidupan nyata,misalkan bertemu dengan seorang cewek cantik (yang ini saya pernah hehe) atau mengetahui bencana yang akan terjadi.Sebenarnya mimpi adalah pengalaman alam bawah sadar yang melibatkan penglihatan,pikiran,perasaan,indra manusia.


Saat sedang bermimpi kita juga bisa merasakan emosi seperti saat sedang sadar,itulah kenapa waktu tidur kita bisa takut menghadapi mimpi buruk.Dan tanpa di sadari,waktu kita bangun dan melakukan aktivitas sehari-hari pun sebetulnya kita juga lagi bermimpi.Hanya saja kejadian itu berada di alam bawah sadar dan dapat muncul kembali saat kita tidur.Makanya,kita kadang bermimpi sama seperti apa yang sudah dilakukan seharian sebelum tidur.

sumber :
https://id-id.facebook.com/DuniaIlmuPrengetahuan/posts/324722037651356
http://m.klikdokter.com/ekonsultasi/read/3307/terbangun-dengan-kaget–mengapa-

loading...

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*