Makna Sapaan Seseorang Di Dunia Maya

loading...
Haloo sobat media2give,ketemu lagi nih dengan kalian di posting ini hehe.. kali ini saya mau membahas tentang Makna Sapaan Seseorang Di Dunia Maya.Seperti yang kita tau,dunia maya adalah tempat dimana banyak manusia saling berinteraksi satu sama lain menggunakan media jejaring sosial.Biasanya para penggunanya menamai akun mereka dengan nama-nama yang unik,nyleneh,nama asli atau bisa juga nama samaran agar identitasnya tidak diketahui banyak orang.

Kadang ditemukan pula nama-nama lawan jenis tapi digunakan untuk menamai diri sendiri,misalkan yang punya akun cowok tapi namanya cewek.Ya,memang nggak ada salahnya sih memakai cara itu,persepsi orang tentang sejauh apa mereka mau membuka identitas dengan orang lain kan berbeda-beda,tidak bisa disamakan antara orang satu dengan lainnya.

Berinteraksi di dunia maya memungkinkan kita untuk berperilaku kebalikan dari sifat kita yang sebenarnya,contohnya jika di dunia nyata seseorang memiliki sifat pendiam/jarang bicara tapi di dunia maya sebut sajalah facebook atau twitter,mungkin saja dia menjadi lebih komunikatif/lebih sering berinteraksi dengan user lain.Kenapa begitu ya? nampaknya ini karena faktor kenyamanan dan tanpa kontak langsung secara fisik dengan orang lain,jadinya mereka juga nggak tau diri kita yang asli bagaimana.

Di samping itu,jika sering ngobrol lewat facebook/twitter kita jadi lebih mudah berinteraksi dengan user lain,saling mengenal dan bahkan sampai menjadi teman.Kalau udah cocok dan klop,mau ngobrol apa aja juga enak,jadi nyambung gitu percakapannya.Nah,biasanya untuk memanggil user lain di facebook/twitter/di forum-forum online,kita menggunakan beberapa sapaan.

Sapaan tersebut tidak mesti sama,tergantung kebiasaan yang mengucapkannya.Ada banyak sih kalau disebutin satu.satu tapi paling tidak beberapa diantaranya pernah kita dengar.Sapaan tersebut juga punya makna lho.. Seperti apa maknanya? hmm.. langsung saja disimak pembahasannya yuk ^^

1. Bro
Sapaan bro awalnya berasal dari kata brother,yang artinya saudara laki-laki.Sapaan ini digunakan untuk menyebut orang lain yang pastinya dia laki-laki,kan nggak mungkin kalau buat cewek hehe.. Kata bro juga bisa dimaknai sebagai sifat maskulin.Artinya,mereka yang menggunakan sapaan ini merasa bahwa dirinya lelaki sejati dan orang yang dia sapa juga sama-sama pejantan tangguh.Kata Bro juga terdengar seperti kata-kata gaul anak jaman sekarang,what’s up bro haha.. di daerah-daerah luar perkotaan banyak juga anak-anak remaja yang memakai sapaan ini,kadang ada juga yang nggak ngerti artinya “what’s up bro”,yang penting diucapin aja biar keliatan keren.

2. Gan
Sapaan gan ini mulanya ditemukan pada forum Kaskus,dimana disitu beberapa user memanggil temannya dengan sebutan gan.Gan,berasal dari kata juragan.Jika ada orang yang menyapa kalian dengan sebutan gan,bisa dibilang dia menghormati yang dia ajak bicara karena Juragan sendiri maknanya adalah pemilik suatu usaha yang mempunyai banyak karyawan/pekerja.Yang sering saya dengar sapaan ini digunakan baik bagi orang yang sudah kita kenal/belum kita kenal.Daripada langsung memanggil namanya,lebih enak kalau disapa dengan sapaan Gan

3. Sob
Sob ini bukan sob ayam atau sob buntut lho ya haha.. Kata Sob ini digunakan hampir sama seperti Gan.Sob kependekan dari sobat,yaitu sahabat/teman yang dekat dengan kita.Mereka yang belum terlalu mengenal satu sama lain tidak sering memakai kata sob untuk menyapa,lebih sering menggunakan Gan.Tapi masih ada juga yang menyapa orang lain dengan kata Sob,tujuannya agar lebih akrab dan dekat dengan yang di ajak bicara.Sapaan ini bisa juga dipakai untuk menyapa mereka yang umurnya lebih muda/seumuran dengan kita,karena jarang sekali anak kecil yang memanggil orang yang beda umurnya jauh dengan kata Sob

4. Mas
Sapaan mas lebih sering di ucapkan user yang berasal dari pulau jawa dibanding dengan user di luar pulau jawa,karena “Mas” memang aslinya dari jawa.Mereka yang memanggil dengan sapaan ini merasa kalau yang diajak bicara orangnya laki-laki dan umurnya lebih tua dari dia.Karena belum terlalu mengenal atau untuk menghormatinya,mereka menggunakan kata ini.Kadang juga digunakan untuk yang lebih muda,biasanya perempuan dewasa kepada anak-anak yang masih remaja,meskipun usianya dibawahnya tapi tetap di panggil mas,bukannya dhek.

5. Sis
Sis,asalnya dari kata Sister (bahasa inggris) yang artinya saudara perempuan.Kata ini penggunaannya sama dengan gan,hanya saja cuman untuk menyapa user cewek aja.Cara mengetahui dia cewek atau bukan biasanya diliat dari nama user akun yang digunakan atau foto-foto di akunnya.Tapi tak semuanya bisa dilihat dengan cara itu,ada juga mereka yang Hode/tukang menyamar.Aslinya cowok tapi pakai nama dan foto cewek.Yang kayak gini udah sering di jumpai di jejaring sosial.

6. Mbak
Sapaan mbak,sama seperti penggunaan kata Mas,keduanya berasal dari bahasa jawa seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya.Mereka yang memanggil orang lain dengan sebutan mbak merasa bahwa yang diajak ngobrol seumuran/lebih tua darinya.Kalau ada user cowok yang tau kalau yang diajak bicara itu cewek tapi umurnya dibawahnya,nggak mungkin di sebut mbak,paling juga langsung di sebut namanya atau diganti dengan kata sob.Lain halnya dengan cewek kalau ngomong sama yang lebih mudaan,kadang masih suka menyapanya dengan kata Mas

7. Cuy
Denger kata ini jadi inget film tarix jabrik hehe.. di film itu sesama ABG saling menyapa dengan kata cuy.Emang kalo di denger kayak rada alay yah.Orang-orang yang berasal dari kota lebih sering memakai kata ini daripada user yang berasal dari daerah di luar kota.Entah artinya apa saya sendiri nggak ngerti juga,tiba-tiba udah muncul dengan sendirinya kata cuy ini.Sapaan cuy nggak pernah dipakai untuk menyebut user lain yang umurnya diatas mereka yang menyapa soalnya kedengeran nggak sopan dan kurang pantes.

8. Bos
Bos maknanya hampir sama dengan Gan.Bos itu yang punya karyawan dalam perusahaan,kalau Gan itu yang punya pegawai di tempat usahanya.Dulu sempat populer sapaan bos ini,biasanya untuk mereka yang kurang mengerti menganggap sapaan ini hal yang biasa,namun beberapa orang yang mempunyai sifat sensitif tinggi kadang nggak suka jika dipanggil Bos.Di kampung,kalau sapaan bos itu untuk cowok-cowok yang agak “nggak bener”,dan terkenal/di segani sesama cowok lain.Piye bos kabarmu? Ning ngendi kowe bos? Di kira bos geng apa hehe.. 

9. Om
Nah,yang terakhir adalah sapaan Om,kalau denger kata Om yang ada di otak kita pertama kali adalah laki-laki berumur yang udah dewasa/agak tua atau emang udah tua hehe.. dan sudah berkeluarga.Tapi terkadang anak kecilpun kalau manggil yang dewasa meskipun belum tua,disebutnya Om juga.Sapaan ini sifatnya untuk menghormati yang lebih tua,menganggap mereka lebih senior dan sudah lebih banyak merasakan pengalaman hidup lebih.Kalau kalian dipanggil Om kira-kira suka nggak? hehe..

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*