Kenapa Hawa Tercipta Saat Adam Tidur?

loading...
Haloo sobat media2give,ketemu lagi nih di postingan ini.Kalian sudah tau kenapa Hawa Tercipta Saat Adam Tidur? Hmm,kenapa ya? daripada penasaran,yuk langsung disimak bersama pembahasannya.Nah,alasan kenapa hawa di ciptakan Allah di saat adam tertidur ini berkaitan dengan awal proses penciptaan manusia.Setelah Allah SWT menciptakan bumi,langit dan malaikat,Allah berkehendak menciptakan manusia untuk mengisi,menghuni dan memelihara bumi.Saat mengetahui manusia akan diciptakan,para malaikat mempertanyakan tujuan penciptaan tersebut.

Dijelaskan dalam Al-Qur’an,Berkatalah para malaikat kepada Allah: “Mengapa engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” (Q.S. Al-Baqarah [2]:30) ” Allah kemudian menjawab keraguan malaikat,“ Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Q.S. Al-Baqarah [2]:30) ”.

Lalu di ciptakanlah Adam dari tanah liat kering dan lumpur hitam yang disempurnakan bentuknya kemudian ditiupan ruh ke dalamnya sehingga dia dapat bergerak dan menjadi manusia.Adam diberikan tempat di surga untuk tinggal disana,lalu diciptakanlah Hawa di saat Adam sedang tidur.Menurut para ulama,Hawa tercipta dari tulang rusuk Adam bagian kiri.Saat terbangun,Adam terkejut melihat ada seseorang yang berada di sampingnya.

“Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu syurga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.” (Q.S. Al-Baqarah [2]:35).Hawa tercipta dari tulang rusuk yang bengok.Tulang rusuk ini fungsinya untuk melindungi Qalbu (jantung dan hati nurani).

Kenapa Hawa tidak di ciptakan saat Adam terjaga?

Jika seorang laki-laki merasakan kesakitan,maka dia akan membenci,sementara bagi wanita jika merasakan sakit,justru bertambahlah rasa sayang dan cintanya.Seandainya Hawa diciptakan disaat Adam dalam keadaan bangun,pastilah Adam akan merasa kesakitan dan membenci Hawa,sehingga Hawa diciptakan saat Adam tidur agar tidak merasakan sakit dan membenci Hawa.Ketika perempuan dalam keadaan sadar saat melahirkan,dia dengan sekuat tenaga bertaruh nyawa,berjuang melawan maut yang ada di depannya.Namun dia akan tetap bertahan demi anaknya,dan setelah anak itu lahir,bertambah sayanglah seorang wanita kepada anak yang dilahirkannya itu.


Adam tercipta dari tanah,oleh karenanya dia akan berkecimpung di bidang yang terkait,misalnya saja sebagai petani,pembuat bangunan,tukang kayu,dan tukang besi.Sementara wanita,akan berkecimpung di bidang yang berkaitan dengan kasih sayang seperti menjadi ibu dengan penuh kasih sayang,menjadi istri yang setia dan menjadi anak yang lemah lembut.

Kenapa Hawa tercipta dari tulang rusuk bengkok?

Menurut penelitian di bidang kedokteran,tulang rusuk bengkok ini melindungi organ tubuh vital,yaitu jantung.Tanpa adanya tulang rusuk bengkok,resiko kematian akibat benturan di bagian ini akan menjadi sangat tinggi.Jika bentuknya lurus,maka tidaklah mungkin bisa melindungi jantung dari bahaya serangan dari luar.Kaum Adam pun dilarang untuk meluruskannya,seperti dalam sebuah hadist yang berbunyi 

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah menyakiti tetangganya dan berpesan baiklah pada para perempuan, sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk. Jika engkau  terburu-buru meluruskannnya,  maka engkau akan mematahkannya. Tapi jika  kau biarkan ia akan tetap  bengkok. Maka sekali lagi, berwasiatlah kebaikan pada perempuan.” (H.R. Bukhâri)

sumber: http://berbicarawanita.blogspot.com/2013/03/hawa-tercipta-di-saat-adam-tidur.html

loading...

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*