Cara Download Subtitle CC Pada Video Youtube

loading...
Haloo sobat media2give semuanya,setelah pada beberapa posting yang lalu saya pernah membagikan info tentang Cara Mudah Ekstrak Subtitle Dari Video Youtube,kali ini akan saya bahas kembali cara untuk mengambil subtitlenya namun dengan metode yang berbeda.Jika kalian sering melihat video dari youtube,pasti tidak asing lagi melihat subtitle yang ada didalamnya.

Subtitle tersebut dipasang untuk memudahkan orang yang melihat videonya secara streaming,agar dengan bisa mengerti dan memahami dialog yang ada pada videonya sehingga mengerti jalan ceritanya.Namun,pernahkah saat kalian mendownload tapi subtitlenya nggak ikut terdownload? Kok bisa ya? Memang tidak semua subtitle itu di hardsub langsung ke videonya,ada juga yang sifatnya softsub alias nggak ditempel permanen ke videonya.


Jadinya waktu dilihat di youtube bisa muncul tapi setelah di download tidak muncul.Subtitle seperti ini banyak digunakan untuk kepentingan siaran Live TV,karena siaran tersebut tidak di rekam sebelumnya dan disiarkan secara langsung.Cara kerja subtitle jenis ini adalah ketika kalimat di tulis dan penuh dalam 1 baris maka kalimat berikutnya yang tidak muat untuk tampil di baris pertama akan turun ke bawah,dengan scrooling/menggulung.

Biasanya hanya cukup untuk dua baris saja.Jika baris kedua penuh,maka kalimat di baris pertama akan naik dan menghilang,kalimat baris kedua naik ke baris pertama,sedangkan kalimat baru akan menggantikan kalimat di baris kedua tadi.Lalu bagaimana caranya agar subtitlenya bisa kita download? Untuk mengunduhnya,kalian bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini :

1. Buka youtube.com > cari video yang subtitlenya akan di download
2. Copy url videonya
3. Download aplikasi Google2srt DISINI
4. Extrack softwarenya lalu buka
5. Klik dua kali pada tulisan “run”
6. Akan muncul tampilan CMD,biarkan saja jangan di close

7. Beberapa saat kemudian akan muncul tampilan Google2SRT,untuk pengaturan klik tulisan Web > paste-kan url video dari youtube tadi di kotak Google subtitles > klik read

8. Google2SRT akan membaca subtitle dari youtube,prosesnya butuh waktu 1-2 menit

9. Setelah itu klik tombol browse untuk menentukan dimana tempat akan menyimpan subtitle.Jangan lupa untuk memberi nama.Nama harus sama dengan nama videonya agar nanti subtitlenya bisa terbaca
10. Lihat pada menu tracks > klik pilihan bahasa indonesia/bahasa inggris sesuai keinginan

11. Klik tombol Go,untuk angka delay biarkan saja tetap 0

12. Jika di menu tracks tadi bahasa subtitle yang di inginkan belum muncul,kalian bisa meng-convertnya dulu.Klik menu translations > pada pilihan source,ganti dengan subtitle bahasa sesuai dengan video di youtube yang kalian download > klik pilihan bahasa indonesia/inggris.Jika subtitle aslinya non inggris kalian ubah saja ke bahasa inggris jangan langsung ke bahasa indonesia karena biasanya susunan kalimatnya menjadi kacau.

loading...

6 Comments

  1. wah. saya baru tahu ni sob, emang gapernah download video dari youtube, biasa download video dr SENSOR! wkwk
    thanks tutorialnya, di tunggu tutorial menarik lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*