7 Tips Mencari Ide Menulis di Blog

loading...
Haloo sobat media2give semuanya ^^ setelah pada postingan sebelumnya saya telah membahas Perbedaan Zakat dan Pajak,kali ini saya akan membagikan informasi yang berbeda,masih seputar dunia blog yaitu 7 Tips Mencari Ide Menulis di Blog.Ya,bagi semua blogger membuat artikel/postingan adalah hal yang biasa di lakukan.

Tulisan tersebut bisa berisi berbagai macam informasi yang unik,menarik dan bermanfaat bagi pembaca.Jika lagi pengen buat artikel,apapun bisa kita tulis,tapi terkadang ada saat-saat sulit bagi seorang blogger dimana dia berada dalam kondisi bingung.Bingung karena apa nih? galau atau kenapa? haha.. Yah,dibilang galau juga bisa,yang jelas bingung bikin postingan karena otak lagi butek,mau nulis apa nggak tau.

Barangkali karena badan lagi nggak fit,capek atau sibuk.Kadang juga karena lama nggak nulis juga bisa,otak jadi kurang encer buat nulis.Kalau otak lagi fresh dan banyak ide,mungkin nulis 3 lembar folio aja bisa hehe.. mana ada postingan 3 lembar folio? ada kok,saya pernah baca di salah satu blog tetangga,satu postingan panjang banget sampai saya ngantuk bacanya haha..

Sebenarnya sih,nggak usah panjang-panjang kalau nulis artikel yang penting inti tulisannya jelas dan mudah dimengerti,itu saja pembaca udah senang kok,kalau soal seberapa panjang yang bisa ditulis,itu tergantung dari si penulisnya sendiri,karena tidak semua blogger suka nulis panjang,sebagian diantaranya lebih suka nulis yang singkat-singkat.

Dari informasi  yang saya pernah tau,tulisan yang bagus dan sesuai dengan aturan SEO itu,jumlah kata dalam artikel setidaknya ada 500.Bener nggak ya? Nah,trus gimana tuh kalau sudah bingung nulis,apa ya yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Tenang sob,nggak perlu cemas apalagi sampai beli obat pusing haha.. karena ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk mendapatkan ide menulis artikel di blog

1. Berbagi pengalaman
Banyak diantara para blogger yang sering kurang menyadari hal ini,karena lebih fokus menulis hal-hal yang baru di blognya.Padahal dengan berbagi pengalaman,pembaca jadi sama-sama ikut mengetahui kejadian-kejadian menarik apa yang telah di lalui admin yang dia baca artikelnya.Kalau udah bicara soal pengalaman,nggak akan ada habisnya.Bisa nulis panjang tuh dengan pengalaman pribadi.

Beberapa pengalaman mungkin juga pernah di alami pembacanya jadinya bisa sama-sama merasakan hal serupa.Pengalaman masa lalu juga menarik untuk di bahas,seperti nostalgia hal-hal unik yang terjadi waktu masih kecil atau sekolah karena saya yakin setiap orang pasti akan mengalaminya dalam hidup dan dengan berbagi cerita,komunikasi yang baik bisa dijalin antara admin dan pembaca artikel blog.

Pengalaman sekecil apapun jika memang menarik akan mendapatkan respon yang baik dari pengunjung blog,mereka biasanya juga akan balik menceritakan pengalaman mereka yang masih ada kaitannya dengan pengalaman yang kalian bahas terutama yang memorable dan lucu,pastinya nggak akan terlupakan.

2. Gunakan facebook
Banyak media jejaring sosial yang bisa dipakai mencari ide,salah satunya facebook.Disitu berkumpul makhluk-makhluk dunia maya yang bertebaran dimana-mana haha.. Dari situ kalian bisa melihat kabar-kabar atau berita apa yang bagus dan kira-kira menarik untuk di bahas.

Saling bertukar pikiran dengan sesama user facebook juga penting karena kalian akan mendapatkan banyak informasi baru yang mungkin malah belum diketahui.Tapi harus di ingat juga,jangan jadi terlalu kepo atau sok ingin tau ini itu hehe.. cari informasi yang bermanfaat saja,ntar baru deh di jadikan artikel yang bagus.

3. Baca buku
Hmm,, yang satu ini kayaknya masih nggak banyak disadari para blogger nih.Tiap hari mereka buka blog,searching info di internet tapi kalau baca buku malah jarang.Banyak yang males karena kalau kelamaan jadi ngantuk.Kalian juga pernah mikir gitu nggak? haha.. 

Saya kalau baca buku,cari yang ada gambarnya,habisnya kalau cuma tulisan doang,bikin mata merem melek,apalagi kalau baca pas malem-malem.Buku yang dibaca juga jangan cuma komik doang (kebiasaan anak sekolah),kan ada banyak buku yang menyajikan informasi update dan bisa dibaca,sehingga kita nanti mendapat tambahan ilmu dari buku itu.Nah,ilmu itu yang akan diterapkan menjadi sebuah karya tulisan blog.

4. Hobi
Hobi bisa menjadi salah satu cara kita untuk mendapatkan ide,karena hobi sudah pasti sifatnya fun tergantung dari kesukaan masing-masing blogger.Misalkan kalian suka dengan sepakbola,kalian bisa sharing hal-hal menarik yang kira-kira belum pernah diposting blogger lain.

Jika kita menyukai sesuatu,pastinya kita akan belajar banyak dari hobi yang kita lakukan.Dari hobi tersebut,kita jadi menguasai hal-hal penting dan mengetahuinya secara detail,lain dengan mereka yang kurang menyukai hobi kita.Mungkin saja mereka tau,tapi tidak detail.Nah,jika kita mampu mengeksplorasi hobi menjadi sebuah tulisan di blog,maka ide menulis tak akan susah dicari.

5. Berpikir “Saya Pandai Menulis”
Kadang seorang blogger kesulitan membuat artikel dengan kalimat yang panjang karena merasa tidak mampu untuk membuatnya.Padahal kalau mereka tau,sebenarnya semua blogger bisa menulis artikel panjang dan berkualitas.Yang harus diperhatikan adalah belajar menulis.

Semua blogger awalnya juga cuma suka menulis,karena mereka sering mendapatkan hal-hal baru dan di aplikasikan dalam bentuk tulisan,makanya mereka bisa menulis artikel yang panjang.Itu terjadi karena mereka menganggap menulis adalah sebuah kebiasaan,jadi mau pendek/panjang bisa diatur sendiri.Selain itu,kita juga harus punya pikiran “Saya Pandai Menulis”.

Memang terdengar seperti slogan/jargon tapi kata-kata itu bisa menyemangati diri kita,memberikan sugesti/pengaruh postif pada diri sendiri sehingga memudahkan kita untuk menulis sebuah artikel.

6. Blogwalking
Nah,buat para blogger pasti udah pada tau kan apa itu blogwalking? temennya walking-walking tuh haha.. iya,emang sama-sama jalan-jalan,kalau blogwalking jalan-jalan atau lebih tepatnya disebut berkunjung ke blog teman/blog lain.Dengan blogwalking,kita bisa meninggalkan jejak berupa komentar dan blog yang kita kunjungi akan balik berkunjung ke blog kita.

Selain itu,kita jadi tau postingan-postingan mereka sehingga muncul ide baru untuk menulis.Tapi jangan cuma copas ya,dalam memuat artikel harus di ingat juga masalah mengambil informasi di blog orang dengan menyertakan sumber dan sebisa mungkin buat artikel yang original.Membaca postingan blog lain bisa jadi sarana yang baik mencari ide menulis.Saling mem-follow blog juga bagus,kita jadi tau update berita terbaru dari blog teman kita.

7. Bergabung di forum
Saat ini nyari forum yang enak buat sharing atau diskusi itu mudah,kalian tinggal search saja di internet,ada banyak tinggal masuk dan daftar,trus menuju ke topik yang kalian sukai deh,nanti kalian akan mendapatkan informasi baru.Informasi itu yang nantinya akan memunculkan ide kita untuk menulis.

Saya sendiri sudah mencobanya dan hasilnya memang positif,banyak hal yang saya dapat dari forum tersebut.Bahkan ada beberapa informasi yang tadinya nggak tau jadi tau sampai akhirnya tertarik mencari tau lebih lagi dan jika informasi dirasa sudah cukup maka kita pun siap menulis artikel di blog.

loading...
loading...

10 Comments

  1. buku farmasi gak ada gambarnya, ketebalannya perbuku sekitar lebih dari 10 cm ukuran font sekitar 8 pokoknya berat. pas kecil gara2 suka komik si Bandel dr majalah Sahabat jadi serius belajar baca haha…

  2. @Huda Gamu
    ngebayangin aja udh ikut puyeng gan apalagi klo baca bukunya yg tebal itu.majalah si bandel kyknya aku blm prnah baca gan,duluan mana terbitnya,majalah bandel dg majalah bobo?

  3. kalo mau jadi dokter atau apoteker pasti puyeng tapi kakakku udah lama jadi dokter jadi kayaknya gak perlu baca buku tebal. kayaknya majalah tsb terbit hampir bersamaan dg bobo, dulu era 80 – 90 an mrpk kejayaan majalah muslim "sahabat" isinya agak mirip bobo namun lebih mengarah ke dunia Islam.

  4. @Huda Gamu
    klo udah terbiasa menjalani profesi,biasanya emang nggak di anggap berat lagi yg dikerjakannya krn udh rutin dilakuin.aku kayaknya pernah denger nama majalah sahabat,cuman nggk inget apa prnah baca/nggk

  5. @Alfarel Zaki Maulana Anam
    iya,harus banyak sharing artikel yg bermanfaat dan dicari orang.. klo terbiasa mencari ide kreatif pasti mencari membuat artikel nggk akan jadi sulit 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*