Tips Membedakan Madu Asli Dan Madu Buatan

loading...
Tips Membedakan Madu Asli Dan Madu Buatan

Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga dan mengandung banyak manfaat.Rasanya yang manis membuat banyak orang mengkonsumsinya.Banyak khasiat yang bisa diperoleh ketika madu ini kita minum,seperti menghaluskan kulin dan membuatnya nampak berkilau,mengencangkan dan melembabkan kulit wajah,membuat rambut berkilau,mencegah tumbuhnya bakteri didalam tubuh, sebagai antioksidan untuk mengurangi kerusakan yang terjadi pada usus besar, mengobati sakit tenggorokan dan batuk, mengurangi bau badan, dan juga mengobati luka.

Karena begitu besar manfaatnya,madu ini banyak dicari orang.Namun,tidak semua madu yang biasa dibeli itu termasuk madu asli.Banyak juga yang sengaja dibuat/sering disebut madu buatan.Sekilas memang aroma dan bentuknya sama,bagi orang awan tentunya sulit untuk langsung bisa membedakan mana madu yang asli dan mana yang bukan asli.

Terkadang orang-orang melakukan cara sederhana untuk mengecek keaslian madu ini dengan mendekatkan cairan madu pada semut.Yang dikerubungi semut,dianggap sebagai madu asli.Ya,memang benar semut suka yang manis-manis dan mengandung gula.Tapi perlu dicatat,tidak semua semut menyukai cairan manis karena beberapa jenisnya tidak terlalu membutuhkan glukosa seperti semut merah pemakan daun (rangrang)

semut rangrang
Lalu Bagaimana cara yang benar untuk membedakan madu asli atau bukan ? Berikut tips untuk mengetahui keaslian madu tersebut :

1. Tuangkan cairan madu asli di kertas HVS 70 Gram, jika madu tersebut dengan cepat menembus dan memasahi kertas, maka itu madu palsu. Maduasli tidak begitu akan terlihat menembus kertas namun pelan sekitar 4-5 menit. Kenapa demikian, karena menurut beberapa teman, kadar air yang dikandung madu asli lebih sedikit ketimbang madu palsu. Ini juga berlaku bagi madu asli yang diambil di musim penghujan. Karena, kalau madu asli walaupun diambil di musim penghujan tetap saja kadar airnya tak banyak dan tidak cepat menembus kertas

2. Tuangkan madu asli di sebuah piring, jangan banyak-banyak, secukupnya saja (Misal : 2-3 sendok makan). Lalu tuangkan sekadarnya air putih diatasnya. Setelah itu coba anda goyang-goyangkan piring yang telah berisi madu dan air tersebut. Lihatlah, kalo madu tersebut asli, pasti akan membentuk pola-pola kotak segi empat mirip sarang lebah di madu terutama madu yang menempel di dasar piring. Madu palsu gak bisa begitu.


3. Membedakan madu asli dan madu palsu yang lebih mantap bisa dicoba dengan meminumnya sedikit saja (1 sendok the). Madu asli akan manis dan sedikit berasa asam, dan manisnya tidak melekat di lidah. Madu palsu akan terjadi sebaliknya karena mengandung gula merah.

4. Kocok-kocoklah madu asli dalam botol pengemasnya. Madu asli akan mengeluarkan buih. Sedangkan madu palsu tidak. Karena itu, madu asli dalam botol akan menekan tutup botol sehingga ketika tutup dibuka terdengar suara letupan kecil. 

5. Simpan madu ke dalam freezer/lemari es selama 4-5 hari dan lihat perubahan yang terjadi pada madu itu,jika tidak membeku bisa dipastikan madu tersebut asli

6. Dengan cara membakarnya memakai lilin.Madu asli tanpa dicampuri bahan lainnya ketika dibakar tidak akan terlihat terbakar seperti air yang kalau di rebus lama kelamaan akan mendidih.

sumber : http://www.madulombok.com/2013/01/cara-membedakan-madu-asli-dan-palsu.html

loading...

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*