[Sharing] Pengalaman Meningkatkan Pagerank Blog

loading...
[Sharing] Pengalaman Meningkatkan Pagerank Blog

Alhamdulillah,setelah menunggu lama akhirnya pagerank blog saya naik juga.Waktu awal buat blog media2give ini,kondisi page rank masih belum bagus.Pas di cek,hasilnya n/a (not available)… waduh,jadi agak sedih juga dan setelah coba searching cari-cari informasi tentang pagerank,ternyata faktor backlink pengaruhnya besar terhadap nilai pagerank ini.

Pantas saja,blog baru jadi mana mungkin langsung dapat backlink haha.. Lalu saya coba submit ke beberapa situs yang memiliki backlink tinggi,salah satunya lewat technorati.Untuk kalian yang mau submit juga,silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Klaim Blog Di Technorati.Selain situs itu,banyak juga situs lain yang saya submit seperti situs-situs pendidikan,forum-forum,dan tempat share berita (lintas.me).

Setelah cukup banyak submit ke berbegai tempat,seminggu kemudian pagerank mulai ada peningkatan jadi 1 whahaha.. kaget juga sebenernya.Masak cuman 1,tapi tak apalah yang penting ada nilainya daripada n/a hehe.. Lanjut lagi,mulai deh menerapkan cara mendapatkan backlink dengan blogwalking.Hasilnya mulai terlihat dari SEO,blogku ini mulai sering dikunjungi orang dan mulai ada komen-komen yang masuk.

Mmm,seneng juga rasanya postingan blog yang ku buat udah mulai nongol di halaman-halaman depan google.Awal ngeblog emang jadi masa yang sulit,buat ngangkat blog supaya peringkatnya bagus di google.Sempat juga saya mendapat info tentang cara instan meningkatkan pagerank,namun setelah saya pertimbangkan lagi,lebih baik memilih cara konvensional saja.. soalnya kalo yang instan termasuk kategori ilegal di mata google.Kalau ketahuan blognya bisa kena banned.. 

Dari tadi ngomongin pagerank terus,udah pada tau belum apa itu pagerank? Secara sederhana begini,pagerank merupakan sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer.Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan tautan yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain.

Nah,sekarang tau kan apa sebenarnya pagerank itu.Kembali lagi soal pagerank blogku,setelah mencoba cari backlink dari beberapa situs tadi mulai deh pakai cara lain dengan komen di situs-situs yang memiliki pagerank tinggi (berharap dapet backlink) hehe.. Yang bikin saya bingung,setelah nunggu lama pagerank blog saya masih stay di angka 1.. 

Tapi beberapa waktu lalu tiba-tiba waktu saya cek,angkanya naik langsung ke 3.Untuk cara mengeceknya bisa dilihat DISINI.Wah-wah senangnya pagerank blog ini akhirnya naik juga..malah nggak melewati tahap pagerank 2,langsung jadi 3.Dari beberapa info yang saya dapat,tidak semua backlink yang masuk ke blog kita itu berkualitas.

 

Google akan memilih backlink yang relevan dengan konten blog.Semakin relevan,backlink yang didapat semakin baik.Nah,di bawah ini ada tabel yang mungkin bisa jadi referensi buat kalian yang mau tau berapa banya backlink yang di dapat untuk menaikkan pagerank
Baris pertama (warna merah) adalah pagerank yang kita inginkan
Kolom kedua (warna biru) adalah pagerank blog lain

Misalnya saja,
Jika kita menginginkan pagerank 3,maka diperlukan 555 backlink dari blog lain yang pagerank-nya 1
Jika kita menginginkan pagerank 3,maka diperlukan 101 backlink dari blog lain yang pagerank-nya 2
begitu seterusnya…

Satu lagi  faktor yang penting dan berpengaruh pada pagerank yaitu kecepatan loading blog.Pagerank akan cepat naik,jika halaman blog tersebut cepat dalam loadingnya.Untuk tau bagaimana cara mempercepat loading blog,bisa kalian baca di artikel saya tentang Cara Mempercepat Loading Blog dan Cara Kompres HTML Blog.Faktor loading inilah yang terkadang sering di lupakan oleh para blogger terutama yang masih newbie.Biar nggak lama loadingnya,pertimbangkan penggunaan widget blog,pasang  yang penting-penting aja supaya nggak berat loadingnya.

Semoga bermanfaat^^

loading...

14 Comments

  1. @Wahyu Eka Prasetiyarini
    saya juga dulu pagerank masih kecil banget sob.. umur blog juga berpengaruh selain rajin2 cari backlink.klo masih baru emg agak susah lngsung dapat PR tinggi

  2. PR adalah hal yang sering dicari dan dibanggakan oleh mayoritas blogger, padahal PR hanya merupakan salah satu dari 200 lebih faktor SEO Google, jadi meskipun PR blog tinggi tidak akan menjamin ranking SERP yang lebih tinggi karena proses perangkingan tidak hanya menilai dari PR saja. dan satu lagi gan, blog ber pr tinggi belum tentu banyak pageviewsnya lho. lihat tu blognya ririn yang masih 0 PR nya tapi pageviewsnya perhari bisa puluhan ribu.. hehehe..

    kunjungan balik dari seotoolsoft.blogspot.com

  3. @Enny Sastoro
    iya sih,emang bener pagerank blog bukan satu-satunya yg membuat blog jadi populer,tpi paling tidak jika mempunyai blog dg pagerank tinggi,kesempatan buat berada di halaman awal google dan posting yg dibuat lebih mudah di temukan mesin pencari,tentunya juga diimbangi dg usaha meningkatkan pageview juga agar hasilnya maksimal,kombinasi keduanya bsa membuat posisi blog semakin baik di mata google

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*