ONI Dalam Budaya Jepang

loading...
Haloo sobat media2give semua,pernah dengar istilah ONI? Mungkin yang suka dengan hal-hal yang berbau jepang sering denger ya.Dalam budaya jepang,Oni digunakan untuk menamai makhluk dengan wujud besar,kuat,jahat dan dipercaya memiliki kekuatan supranatural dan bisa mendatangkan bencana,tapi bisa juga mendatangkan kebaikan.Banyak orang yang menghindarinya karena takut dengan sosoknya.Oni termasum dalam jenis yokai

Dalam bahasa cina,kata ONI dibaca “gui” yang artinya arwah orang yang sudah mati dan tabu hukumnya kalau disebut-sebut.Sedangkan di jepang ONI sering dipakai untuk sebutan iblis.Ciri fisik yang dimiliki Oni adalah bentuk tubuhnya yang besar,memiliki 2 tanduk di kepala (oni merah) dan satu tanduk (oni biru).Oni juga mempunyai taring panjang di giginya,kuku tangan tajam dan senjatanya berupa gada besar dengan duri di sekelilingnya,biasa disebut dengan Kanebo

Penggambaran sosok oni didasarkan pada konsep budaya Tiongkok dan Onmyōdō yang menetapkan mata angin timur laut sebagai arah sial atau kimon (鬼門?) (“gerbang oni”). Mata angin timur laut berada di antara utara (“kerbau”) dan timur (“harimau”), dan ditulis sebagai ushitora (艮 kerbau-harimau?). Kerbau memiliki tanduk sehingga oni digambarkan bertanduk.

Gigi taring dan kuku tajam berasal gambaran sosok harimau, sehingga perlu diperjelas dengan memakai cawat dari kulit harimau. Dalam cerita rakyat, Momotaro membasmi oni dengan bantuan monyet, burung pegar (ayam), dan anjing. Semuanya adalah nama hewan yang dijadikan nama mata angin yang berlawanan dengan arah timur laut.

Shuten Dōji adalah oni yang kabarnya tinggal di Provinsi Tamba. Ia juga digambarkan memiliki tanduk dengan rambut merah di kepala yang tumbuh menjadi satu dengan kumis, janggut, cambang, dan alis. Tangan dan kakinya seperti tangan dan kaki beruang. Walaupun demikian, orang mulanya tidak tahu sosok oni yang sebenarnya. 


Pada mulanya, oni adalah sosok yang tidak terlihat, dan berasal dari kata “onu” (隠?, menyembunyikan). Ia kadang-kadang digambarkan sebagai pria tampan atau wanita cantik yang suka memangsa laki-laki atau perempuan muda yang sedang diingininya. Gambaran tentang oni yang sekarang diketahui orang diperkirakan bercampur dengan sosok raksasa.

Oni dalam cerita rakyat sering digambarkan berkulit merah dengan rambut pirang atau coklat tua. Sosok oni diperkirakan berasal dari penampilan bajak laut yang datang dari perairan sekitar Rusia. Kulit mereka yang putih menjadi merah setelah terbakar matahari. Penduduk setempat yang belum pernah melihat orang asing mengira mereka adalah oni.

loading...

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*