Mitos Tentang Menelan Permen Karet

loading...
Mitos Tentang Menelan Permen Karet
Halo sobat media2give semua,kali ini saya mau membahas tentang permen karet nih.Sobat pernah dengar nggak mitos tentang permen karet yang kalau tertelan akan menempel terus di usus selama 7 tahun dan bisa menimbulkan gangguan pencernaan ? Kalau saya sih belum pernah mengalaminya ya.. Tapi bener/nggak sih mitos itu? serem juga ya.. Jawabnya adalah SALAH.Mitos tersebut tidak bisa dijelaskan pembuktiannya.Permen karet sebenarnya terbuat dari karet dasar, pemanis, pewarna dan penambah rasa. Karet dasar yang mudah dicerna biasanya terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier dan lilin.

Perut memang tidak dapat memecah permen karet sebagaimana yang dilakukan terhadap makanan lain. Namun sistem pencernaan memiliki cara lain untuk menangani benda-benda yang Anda telan.Usus akan terus bergerak dan menggerakkan permen karet hingga membuatnya melewati usus dan keluar dari ujung sistem pencernaan.Jadi, permen karet bisa berakhir di kamar mandi satu atau dua hari kemudian. Meskipun permen karet lengket, tapi biasanya tidak bisa mengalahkan kekuatan yang dimiliki usus.

Air ludah akan berupaya mencerna permen karet segera setelah benda lengket itu dimasukkan ke dalam mulut. Meskipun yang dicerna kebanyakan adalah pemanis dan tambahan lainnya, tapi banyak juga bahan dasar permen karet yang ikut dicerna.Kemudian permen karet akan turun ke otot perut, yang berkontraksi seperti gerakan cacing tanah, yang kemudian perlahan-lahan memaksanya melewati sistem pencernaan.Namun permen karet bisa berbahaya bila yang tertelan dalam jumlah banyak atau dalam ukuran yang besar dan dalam waktu yang singkat. 
Tips jika secara tidak sengaja menelan permen karet :
1. Segera minum air putih yang banyak. Hal ini menghindari agar permen karet tidak menutup kerongkongan yang menyebabkan tersedak, terutama pada anak-anak.
2. Untuk dapat mempercepat pengeluaran permen karet dari dalam tubuh, juga bisa dibantu dengan memakan makanan (seperti nasi yang digumpal dengan ukuran cukup besar).Kenapa harus makan? Karena makanan akan membantu mendorong permen karet sehingga gerakan peristaltik dari usus semakin cepat mengeluarkannya dari tubuh

loading...

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*