Kisah Nyata Musisi Underground Jadi Ustadz

loading...
Kisah Nyata Musisi Underground Jadi Ustadz
Siapa yang tak suka musik? semua orang pasti suka dengan musik,mendengarkan alunan nada digabung dengan lirik penuh makna tentunya membuat pendengarnya merasa senang.Ada banyak aliran musik yang ada,seperti pop,rock,jazz,blues bahkan sampai yang ekstrim (metal) juga tetap ada saja penggemarnya.Begitu juga dengan Derry Sulaiman yang sangat suka dengan musik underground.

Siapa itu Derry Sulaiman? Pecinta musik cadas tanah air pastinya sudah tak asing lagi dengan orang yang satu ini.Bagi yang belum tau,Derry ini adalah salah satu personel band Betrayer yang sudah lama malang melintang di jalur musik cadas.Derry mulai tertarik dengan dunia musik sejak tahun 1999 ketika dia memutuskan pergi ke jakarta untuk mengasah bakat bermusiknya.

Derry (Personil Betrayal Band)

Tapi bukannya menetap disana,Derry justru pindah ke bali.Tujuannya untuk menjadi musisi underground professional.Kata orang,di bali bebas mau melakukan apa saja bisa.Karena alasan itulah dia serius menekuni musik cadas untuk waktu yang lama.Tapi setelah 5 tahun berada di bali,sebuah keajaiban terjadi.. Derry,malah berubah haluan menjadi ustadz.

Hmm,aneh ya..kok bisa seorang underground jadi ustadz? itulah kebesaran Allah,tak ada yang tak mungkin jika itu sudah menjadi kehendak Allah SWT.Pengalaman hidupnya di bali membuat Derry sadar bahwa jalan yang ditempuhnya selama ini salah,perlahan-lahan dia mulai belajar agama.Teman-teman satu band-nya kaget melihat perubahan pada diri Derry,bahkan sampai dikira dia ikut aliran keras (terlihat dari penampilannya).


Derry sudah menentukan hidupnya untuk berubah ke jalan yang benar.Langkahnya mendapat dukungan banyak pihak seperti ustadz-ustadz ternama di indonesia.Derry menjelaskan,hidupnya jadi lebih tenang ketika dia menjadi lebih religius.Dia merasakan beribadah itu jauh lebih nikmat daripada bermusik.Ada hal-hal yang ia lewatkan ketika fokus bermusik.

Dulu,waktu masih asik ngeband,tampilan derry masih kelihatan sangar dengan rambut gondrong ala anak metal.Namun Derry menolak jika dibilang musik underground itu semuanya negatif,isinya cuma alkohol,narkoba,pergaulan bebas saja.Untungnya band tempat dia bermusik itu hanya tampilannya saja yang metal tapi tak sampai terjerat ke lembah hitam yang merusak diri sendiri.

Awal dia menjadi ustadz,Derry sama sekali tak main musik lagi (hampir 5 tahun),lalu dia berpikir kenapa tidak kembali lagi ke dunia musik,tapi dengan tujuan berbeda yaitu untuk menjadikan musik sebagai sarana dakwah.Berkat dukungan dan kerjasama dari Reza (NOAH),sebuah lagu islami berjudul “Dunia Sementara Akherat Selamanya” sukses di garap.Dari keisengan temannya yang mengunggah lagu ini ke youtube,akhirnya lagu ini pun mulai dikenal orang.

Tercatat sudah mendapat 10.000 like dari orang yang melihat karyanya di youtube.Putra kelahiran solok ini,mengambil tema kematian untuk lagu religi pertamanya itu.Tema itu dipilih karena Derry menganggap bahwa kematian itu adalah kepastian yang akan terjadi namun sering dilupakan manusia.Lewat lagu itu Derry berusaha mengajak banyak orang untuk sadar bahwa hidup ini pasti berakhir,semua akhir berujung pada kematian.

Memperbanyak mengingat mati,akan lebih baik bagi seseorang dan menjadikannya memiliki motivasi untuk selalu beramal dan berbuat kebaikan di dunia ini.Selain bermusik,Derry ini mempunyai hobi lainnya yaitu melukis.Objek lukisan yang dibuatnya kebanyakan diambil dari alam dan kaligrafi.Kini,warga bali mengenalnya sebagai sosok pendakwah islam dan seniman kaligrafi dibanding musisi underground.

Kisah Derry ini mengingatkan kita sekaligus memberi pelajaran hidup yang penting bahwa dalam hidup semuanya bisa terjadi,buruk jadi baik,baik jadi buruk.. semuanya itu pilihan.Jadi jangan sampai salah memilih dalam menentukan diri akan jadi apa di hidup ini.Belajarlah untuk mengerti  diri sendiri dan memaknai hakekat hidup yang sebanarnya.Menjadi baik tak harus menjadi buruk dulu,setiap orang punya proses sendiri-sendiri untuk menuju kebaikan.

Semoga bermanfaat^^ 

sumber : http://ziawahyu.blogspot.com/

loading...

4 Comments

  1. wow hidayah dari Allah memang bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja ya sob…dari musisi underground yang identik dengan kehidupan hedonis (tapi tidak semua) bisa menjadi ustad…sungguh sangat luar biasa, pasti beliau mempunyai perjalanan spiritual yang luar biasa

  2. @wewengkonsumedang.com
    itulah dia tanda kebesaran Allah,hidayahNya akan diberikan kpd siapa yg dikehendaki.Ustadz derry termasuk salah satu yg sudah ditunjukkan jalan lurus di hidupnya.Perjalanan panjang di hidupnya pda akhirnya mengarahkannya ke jalan kebaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*