Kenapa Kamen Rider Gaimu Bertema Jeruk? (Interview Naomi Takebe)

loading...
Kenapa Kamen Rider Gaimu Bertema Jeruk? (Interview Naomi Takebe)
Haloo sobat media2give semuanya.. kali ini saya mau membahas kamen rider lagi,yaitu kamen rider gaimu.Kamen Rider Gaimu merupakan kamen rider terbaru di tahun 2013 ini yang ketika isu akan rilisnya gaimu beberapa bulan lalu sudah banyak ditunggu-tunggu pecinta kamen rider di manapun berada.

Banyak isu yang beredar di sana sini tapi belum ada kejelasan sampai beberapa waktu sebelum rilis pertama,muncullah gambar kamen rider gaimu.Kebenarannya saat itu masih dipertanyakan banyak orang namun ketika tiba saatnya launching perdana,terjawablah sudah keraguan semua pecinta kamen rider.

Justru setelah melihat gaimu,banyak yang kaget,soalnya tema untuk kostumnya cukup unik dengan tema perpaduan samurai kuno jepang dan buah-buahan.Kalau samurai sih masih wajar bila di jadikan tema rider,yg nggak biasa karena buah-buahan ikut dijadikan kostum juga.Ada banyak rider yang muncul di seri gaimu ini,dan gaimu sendiri menggunakan tema jeruk.

Mungkin beberapa dari kalian masih bertanya-tanya,kenapa menggunakan buah-buahan dan kenapa tema rider utamanya jeruk.Untuk menjawab rasa penasaran itu,sebuah wawancara telah dilakukan terhadap Naomi Takebe (produser kamen rider gaimu) dengan Hyper Hobby.Dalam wawancara itu akan dijelaskan secara rinci tentang  tema kamen rider gaimu yang masih menjadi tanya tanya di benak para penonton.

Nah,hasil dari wawancara tersebut akhirnya mengungkap segala pertanyaan yang ingin diketahui para fans kamen rider,dan seperti inilah wawancara tersebut :
Hyper Hobby: Bagaimana awal mula ide kamen rider Gaimu ini?
Takebe: Kami ingin mempergunakan Rider yang berlipat ganda. Setiap Rider yang tayang setelah W hanya memiliki 2 Rider dan kami ingin melepas kebiasaan itu.Kami berniat membuat yang sama seperti AKB48 dengan anggota yang banyak,ada tim olahraga dan masih banyak yang lainnya. Memiliki anggota yang berlipat ganda menyebabkan kekaguman pada level yang berbeda. Secara perlahan kami berusaha menggunakan tema era Sengoku dan berencana untuk membuatnya sebagai tema inti. Setiap Rider akan diambil inspirasinya dari era tersebut.Tetapi akan menjadi membosankan jika terlihat sama terus.
Hyper Hobby: Jadi itu alasan kenapa mereka mempunyai armor yang berbeda satu sama lainnya?
Takebe: Pastinya, kami ingin memberikan mereka sesuatu yang berbeda dan bisa dirubah bentuknya.Seperti membuat mereka menjadi serangga, bahkan burung. Walaupun sebenarnya Bandai datang kepada kami dan mengatakan “Buah”, yang menjadi tema utama yang kami kerjakan,namun kalian masih bisa melihat tampilan burung jika dilihat dengan cermat.
Hyper Hobby: Ah, jadi Bandai ingin kalian untuk mencari ide buah-buahan menjadi mainan yang kita tahu sekarang sebagai Arm Change
Takebe: Mereka menyukai apa yang kami lakukan dengan Kamen Rider OOO,dimana semuanya dapat dengan mudah saling bertukar bentuk.Gaimu juga dibuat sama seperti itu.
Hyper Hobby: Ketika kalian ingin menunjukkan Rider yang berlipat ganda dan memakai era Sengoku sebagai tema,apakah Bandai juga menginginkan kalian untuk menggunakan buah?

Takebe: Pada dasarnya iya. Alasan mengapa kami menyetujui buah-buahan karena kami ingin menggunakan sesuatu yang belum pernah digunakan sebelumnya sebagai tema inti.
Hyper Hobby: Tetapi tidakkah menggunakan buah-buahan akan menjadi aneh?
Takabe: Tidak juga. Kami telah melakukannya pada Rider bertema kereta api, kami tidak terlalu khawatir tentang hal ini.
Hyper Hobby: Jadi begitu,saya mengerti.
Takebe: Sebenarnya, ketika kamu melihat Gaim, kamu tidak harus berpikir tentang sebuah jeruk.Memang temanya jeruk tapi  tetapi dibalik itu masih ada sesuatu yang tak terlihat.
Hyper Hobby: Mengapa jeruk yang dipilih dari semua buah-buahan?
Takebe: Kami sudah menyelidiki buah-buahan  apa yang populer di kalangan anak-anak, jeruk yang paling banyak dipilih.
Hyper Hobby: Jeruk, pisang, anggur, dan melon adalah yang paling populer sebelumnya?
Takebe: Bisa jadi. Kami memilih buah-buahan yang diketahui banyak orang untuk Rider utama. Melon adalah komoditas yang tinggi juga.
Hyper Hobby: Apakah Kamen Rider Zangetsu sangat berperan penting?
Takebe: Pastinya,dia yang terkuat dibandingkan yang lainnya.
Hyper Hobby: Jadi apa yang membuat dia menjadi yang terkuat? 
Takebe: Dia terlihat seperti Ouja dari Ryuki.
Hyper Hobby: Lalu mengenai Kamen Rider Griton. Dia menggunakan tema kostum kacang-kacangan, mengapa seperti itu?
Takebe: Itu karena Gen Urobuchi mengatakan bahwa dia ingin untuk memasukkan kunci pada urutan yang berbeda. Dia pikir kacang-kacangan akan menjadi ide bagus. Seperti di OOO, ada yang memiliki Cell Medals dan Core Medals yang terpisah satu sama lain. Di Gaimu ada buah-buahan dan kacang-kacangan
Hyper Hobby: Mengapa memakai kunci?
Takebe: pada rapat desain awal, kami mendapat ide yang terlintas di pikiran tentang kalimat “membuka dunia baru” dan “potensi tak terkunci”. Setelah beberapa kali penelitian, kami menemukan kunci adalah pilihan yang terbaik. Kunci belum pernah kami gunakan sebelumnya. Padahal waktu itu, kami belum tahu ceritanya akan dibuat seperti apa
Hyper Hobby: apakah Sengoku Driver terlihat menarik dengan kunci?
Takebe: Saya senang mereka semua menggunakan sabuk yang sama. Itu mengingatkan saya pada Kamen Rider Ryuki. Saya juga menyukai bentuk plat yang menunjukkan wajah Rider.
Hyper Hobby: Semenjak Ridernya ada banyak, apakah mereka akan bertarung satu sama lain?
Takebe: Mereka bertarung pada waktu tertentu. Tetapi beberapa dari mereka akan saling membantu.
Hyper Hobby: Jika mirip dengan era Sengoku, akankah mereka membentuk persahabatan bersama?
Takebe: Ya, itu yang akan membuatnya jadi lebih menarik. Ketika mereka menjadi saling bermusuhan kemarin, mereka berteman kembali hari ini. tetapi teman tidak selalu sempurna. Pengkhianatan mungkin akan terjadi.
Hyper Hobby: Bagaimana rasanya bekerja sama dengan Gen Urobuchi?
Takebe: Sangat menarik. Saya menyukai apa yang dia lakukan dengan Puella Magi Madoka Magica. Kamu dapat melihat persamaannya dengan Rider era Heisei, bagaimana mereka memiliki alasan yang bermacam-macam untuk bertarung.
Hyper Hobby: Apakah kamu sudah pernah bertemu dengannya?
Takebe: Belum, tetapi sebelumnya kami saling membalas tweet. Kami akhirnya berjumpa lewat teman yang sama. Dia memiliki banyak ide, jadi saya mengundangnya untuk menulis Kamen Rider. Pada saat itu, desain Gaimu hampir selesai.
Hyper Hobby: apakah tim menari sudah diputuskan pada saat itu?
Takebe: Sebenarnya belum. Kami telah merencanakan untuk memakai jenis yang berbeda, tetapi kami belum yakin untuk  melakukannya. Sampai Gen mengusulkan untuk membuat tim menari. Dia telah melakukan tugas dengan baik dalam menciptakan dunia yang memesona, penuh semangat, dan berwarna. Gaimu bertempat di kota fiktif, seperti halnya Fuuto di serial W, yang memberikan ruang bagi kami untuk berkreativitias. Kami juga mendapatkan banyak bantuan dari perusahaan Gen, nitro+, dengan bantuan desainnya. Desain monsternya juga sangat unik.

Hyper Hobby: Mengenai para pemain, benarkah bahwa tidak diadakan audisi?
Takebe: Tidak sama sekali. Karena skrip Gen yang kompleks, sangat susah bagi kami untuk melakukan audisi seperti biasanya. Kami memilih beberapa orang yang kami pikir mampu untuk mengekspresikan skrip milik Gen
Hyper Hobby: Berapa orang kandidat yang kalian miliki untuk peran antagonis, Kota Kazuraba?
Takebe: Tidak banyak, mulai dari awal yang kami tahu hanyalah Gaku Sano.
Hyper Hobby: Apa yang kamu rasakan saat bekerja dengan staf lain?
Takebe: Mereka tim yang sempurna. Sejak kami menengok kembali pada awal Heisei, seperti Kuuga, Agito, dan Ryuki, kami lalu meminta saran sutradara senior, Ryuta Tasaki. Tasaki sudah berkarya di beberapa serial ini. Tetapi kami masih ingin menciptakan sesuatu yang baru dan unik, itulah mengapa kami memiliki penulis naskah yang baru dan terkenal di dunia anime.
Hyper Hobby: Ini akan menjadi tantangan bagi Tasaki juga, benar begitu?
Takebe: Pastinya, tetapi dia ingin sekali bekerja di serial Gaim, walaupun jadwalnya padat. Tolong kerjasamanya untuk kombinasi unik dari Kamen Rider dan buah-buahan ya! terima kasih ^_^
sumber: http://henshinjustice.com/2013/09/12/why-gaim-is-an-orange-naomi-takebe-interview

loading...

11 Comments

  1. Pas rider durian muncul di episode 6 banyak komentar tertuju pada Indonesia, apalagi penyebutannya "durian" kenapa tidak nama latinnya aja "Durio". Scr tidak langsung nama Indonesia jadi terangkat

  2. @Huda Gamu
    malah bagus klo disebutnya durian,kan indonesia jdi ikutan dikenal sama org2 luar yg nonton kamen rider.Mungkin pembuatnya sudah mempertimbangkan hal ini,kenapa memilih sebutan durian

  3. @Wahyu Eka Prasetiyarini
    dilihat sepintas memang tdk terlalu jelas bentuk jeruknya,tapi klo diperhatikan detail kostumnya akan nampak unsur jeruknya (warna orange kostumnya)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*