Cara Membuat Permen Jahe Yang Enak

loading...
Cara Membuat Permen Jahe Yang Enak
Cuaca dingin gini enaknya makan apa ya biar badan jadi hangat? Waktu saya mampir ke warung sebelah rumah,disitu banyak makanan dan snack yang dijual.Tapi bingung pilih yang mana,soalnya badan lagi kedinginan nih hehe.. Pas liat di wadah permen,eh.. gak taunya ada permen jahe wah-wah,pas banget nih ada cemilan buat ntar di rumah,kebetulan lagi nggak terlalu lapar dan cuman mau makan yang ringan-ringan aja.Tinggal cari pasangannya,minuman yang  anget hehe.. Begitulah kondisi saya beberapa hari yang lalu.Ngomong-omong soal permen jahe,jadi inget dulu waktu masih SD suka beli permen ini kalau pulang sekolah,enak dan murah,sebiji 200 perak sekarang,kalau tahun 90an masih 50 rupiah,wiih murah banget ya.. Meskipun produk olahan lokal tapi rasanya nggak kalah tuh sama permen-permen buatan pabrik.Malahan  bahannya alami,dan proses membuatnya juga mudah.Permen ini udah ada sejak dulu kala,nggak tau mulai kapan munculnya yang jelas waktu saya kecil permen ini sudah banyak yang jual.Teman-teman semua ada yang pengen bikin sendiri nggak? Kalau iya,pas banget nih karena saya punya tipsnya tentang bagaimana cara membuat permen jahe yang enak.Silahkan di simak caranya berikut ini :

Bahan :
Jahe yang sudah dikupas 5 kg
Tepung ketan 5kg
Tepung Maizena 1/2 kg
Gula pasir 5 kg
garam secukupnya
asam sitrat 
kalium sorbet
kayu manis
mentega 1kg
Air bersih 
Natrium Benzoat

Cara membuat:
Buatlah cairan sari jahe, parutlah jahe yang sudah dikupas kemudian ambil sarinya, seperti kita akan membuat santan.
Tepung ketan disangrai.
Gula dilarutkan.
Campurkan sebagian tepung ketan yang sudah disangrai dengan maizena dan setengah sari jahe (adonan 1).
Campurkan sisa sari jahe dengan garam, kayu manis, mentega dan panaskan sampai mendidih (adonan 2).
Campurkan adonan adonan 1 dan adonan 2 hingga merata dan matang(adonan 3).
Campurkan sisa larutan gula dengan asam sitrat, natrium benzoat, dan kalium sorbat aduk merata (adonan 4).
Campurkan adonan 3 dengan adonan 4 aduk sampai matang.
Ambil sebagian tepung ketan yang sudah disangrai dan campurkan pada adonan 4 sampai kekentalan dirasa cukup. sisa tepung    yang lain untuk taburan.
Tuang adonan terakhir ke dalam cetakan atau loyang dengan ketebalan 0,5 cm-1cm dan dinginkan selama 12 jam.
Setelah dingin potong sesuai selera.
Sisa tepung ketan untuk taburan supaya tidak lengket.
Kemaslah dengan rapi supaya indah dan  memperpanjang umur permen.

loading...

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*