Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Fiberglass

loading...
Memiliki benda yang unik memang menyenangkan,selain bisa dijadikan koleksi benda tersebut juga jadi kebanggaan tersendiri jika kita memilikinya.Ada banyak sekali benda unik yang dapat kita temukan mulai dari yang sudah jadul maupun di era modern saat ini.Salah satunya adalah gantungan kunci.Mmm,apa uniknya ya,kayaknya udah biasa diliat.Ya,betul.. memang benda biasa sih,tapi kalau kita bisa berkreasi dengan bentuknya bisa jadi barang yang unik juga lho.Apalagi jika bisa membuatnya sendiri dari bahan yang berbeda,misalkan saja dengan Fiberglass.. 
 

Udah pernah tau belum apa itu fiberglass? Itu lho,cairan yang biasa dipakai membuat yang kalau di diamkan lama bisa mengeras sendiri.Fiberglass asalnya dari kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis.Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, yang kemudian diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi untuk digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal.Kalau orang luar sana menyebutnya Casting Clear Resin.Nah,kalian tertarik mencoba membuatnya… baiklah kalau begitu,yuk disimak caranya^^

Pertama,siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan,terdiri dari bahan untuk adonan (kayak buat kue ada adonan segala hehehe..) dan bahan pendukungnya.

Bahan adonan :
1. Clear Resin / Resin Bening.
Resin merupakan bahan utama untuk membuat Fiberglass. Di jual dalam bentuk cairan kental berwarna bening. Fungsi utamanya sebagai bahan baku pembentuk polimer.Jenis resin bermacam-macam. Untuk bahan aksesoris fiberglass, umumnya menggunakan resin bening atau resin butek.

Resin bening, biasanya digunakan untuk bentuk yang menonjolkan kebeningannya, seperti untuk aksesoris gantungan kunci serangga dll. Sedangkan resin jenis butek lebih banyak digunakan untuk pembuatan aksesoris yang berwarna, harganya lebih murah dibanding resin bening.Zat ini dicampur dengan katalis, tapi komposisinya lebih banyak daripada katalis.Kebanyakan resin sudah mengandung cobalt, tapi ada beberapa resin yang belum, seperti Resin 1560, C101, 2250, 2252 (Yukalac). Harga resin 108 (bening) Rp. 35-40 ribu / kgHarga resin Akrilic sekitar Rp. 600-650 ribu / 4kg
2. MEKP Liquid Catalyst / Katalis.
Zat berujud cairan ini adalah campuran resin, katalis berwarna bening dan berbau agak menyengat. Katalis berfungsi untuk mempercepat proses pengerasan polimerasi resin, semakin banyak katalis maka akan semakin cepat Resin mengeras.

Bila kena kulit akan teras panas sehingga bila dicampur dengan resin akan menghasilkan adonan yang terasa panas juga.Katalis dibutuhkan dalam jumlah relatif sedikit.tapi menentukan kecepatan pengeringan/ reaksi. Penggunaan katalis 1% dr resin dalam kondisi dingin. kalau cuaca panas cukup 0.8% dr resin.

Bahan Pendukung:
1. Mal atau wadah cetakan, bisa bekas Tupperware, wadah kue atau bekal & jika ingin lebih artistik lagi bisa dibuat dengan Silicon Rubber RTV.
2. Isian dari rockwork, bisa diisi seperti koin, manik-manik, kerang-kerangan, serangga yang sudah diawetkan dll.
3. Release Agent /Wax/Mirror Glaze/Semir. Ini hanya optional jikalau diperlukan, digunakan untuk mengolesi wadah cetakan yang kira-kira hasil cetakannya nanti susah dikeluarin.
4. Wadah untuk mengaduk adonan, untuk resin clear kita pakai yang standar untuk bahan kimia, karena kalau pake plastik biasa seperti bekas gelas air mineral akan mempengaruhi kejernihan hasil rockwork.

Proses pembuatan:
Kalau rockwork yang ingin dihasilkan hanya satu warna (clear saja) + ada isiannya, maka tahapannya hanya dua proses saja sedangkan jika ingin dua atau lebih warna, maka bisa menjadi tiga proses tahapan dan seterusnya.

1. Kita buat adonan untuk layer pertama (nanti akan menjadi bagian atas rockwork), tuangkan resin bening kurang-lebih sama dengan volume wadah cetakan, kalaupunlebih nggak masalah kok kan masih belajar. Setelah itu tambahkan beberapa tetes Katalis dengan perbandingan normal 10:1 (R:K).

 
2. Segera aduk adonan sampai rata. Dalam proses ini perlu diperhatikan, warna resin akan berubah menjadi agak keruh,pertanda bahwa katalis-nya sedang bekerja. Nah, setelah adonan diaduk rata jangan langsung dituang ke dalam wadah cetakan, tunggu sampai gelembung-gelembung udaranya menghilang. Jangan khawatir adonannya keburu keras, tenang masih lama kok asal perbandingan R:K-nya tadi benar 10:1.

 
3. Tunggu beberapa menit sampai adonan menjadi seperti gel,Jadi tidak terlalu keras dan agak sedikit lembek.
4. Setelah adonan menjadi gel, SEGERA bikin adonan yang sama untuk layer kedua. Nah, dalam tahapan ini siapkan pula isian yang akan dimasukkan, dalam gambar contoh itu adalah sebuah koin. Agar tidak muncul gelembung di sekitar benda isian ketika rockwork sudah jadi (keras), ketika memasukkan benda isian semua bagiannya harus dilumuri dengan adonan layer kedua, bersamaan dengan menuangkan adonan layer kedua diatas layer pertama yang sudah menjadi gel tadi.

 
5. Nah, untuk rockwork satu warna sudah tinggal menunggu mengerasnya semua layer tadi. Namun jika ingin ditambah layer dengan warna lain lagi, maka kita ulangi langkah no. 4 dengan menambahkan Pigmen secukupnya pada adonan.
6. Tara….Rockwork fiberglass bening siap dikeluarkan dari wadah cetakan.

 

Hasil jadinya akan seperti ini

 

Dengan teknik casting clear resin ini kita bisa membuat berbagai macam objek rockwork sesuai kreatifitas maasing-masing.Dan kalau hasilnya sudah bagus dan rapi bisa juga dijual untuk menambah penghasilan.Oke itu tadi penjelasan tentang cara membuat gantungan kunci dari fiberglass,sampai ketemu lagi dengan pembahasan artikel unik dan inspiratif lainnya ^_^

sumber :
http://resinkatalis.wordpress.com/2009/11/07/membuat-benda-fiberglass-bening/
http://cara2buat.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-kerajinan-dari-resin.html

loading...

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*