Inilah Rekor Yang Dibuat Marc Marquez Di Moto Gp 2013

loading...
Marc Marquez,si anak yang mendapat julukan Baby Alien ini memang fenomenal.Bayangkan saja,di usianya yang masih sangat muda (20an tahun) sederet prestasi penting sudah bisa di raihnya.Masuk ke kelas motogp di tahun 2013,keberadaan Marc Marquez yang masih rookie itu tak disangka-sangka menjadi ancaman sendiri bagi rider-rider lainnya.Di awal seri pembuka motogp,marquez sudah menunjukkan performa gemilangnya meski di debut perdananya itu belum sampai meraih podium pertama.

 

Race-race selanjutnya penampilan rider spanyol ini makin membaik sampai akhirnya bisa merengkuh juara seri bahkan di pertengahan musim,dia melakukannya berturut-turut di 4 race sekaligus menjadi juara 1.Rider-rider besar seperti lorenzo dan rossi sampai terkejut dengan konsistensi marc,bahkan rekan satu timnya,pedrossa menilai marquez juga punya kans menjadi juara dunia.

Banyak pihak yang menganggap marquez tak bisa juara pada awalnya karena statusnya masih pendatang baru,tapi toh akhirnya fakta menjawab,dia bisa menjadi juara dunia termuda di motogp untuk pertama kalinya.Kunci kesuksesan rider ini terletak pada daya juangnya yang tinggi dan mental sekuat baja,berani melawan rider-rider kelas raja.

Tapi,meskipun sukses banyak pengamat moto gp yang menilai gaya balap marc terlalu berbahaya.Hal itu juga yang dirasakan rival utamanya,jorge lorenzo dengan aksi senggolan motor yang kerap disajikana sampai-sampai jorge jadi berang dan di seri-seri akhir lorenzo menjadi lebih agresif melawan marc karena keluhannya tentang gaya balap marc pada race director tak digubris.


Lorenzo menganggap race director selalu melindungi marc padahal di beberapa insiden senggolan motor,ketika ditelusur marc terbukti bersalah seperti contohnya ketika dia beradu kontak motor dengan pedrossa,pedrossa yang di overtake marc tiba-tiba terjatuh dan setelah diperiksa ternyata kabel rem belakangnya putus ketika di senggol marc.Marc ketika menyalip lawannya juga terlalu agresif,seringkali sampai menutup racing line pembalap lain dan nyaris menabraknya.

Gaya balap ini yang nampaknya perlu diperbaiki oleh marquez agar menjadi pembalap yang tidak menghalalkan segala cara untuk menang.Bagaimanapun marc tetaplah marc.Dia sudah membuktikan kapasitasnya sebagai juara dunia dengan mencatatkan banyak rekor penting.Berikut ini banyaknya rekor yang dipecahkan marc hanya dalam musim pertamanya di moto gp
Rekor-rekor utama Marquez dalam satu musim:1. Rookie pertama di balap sepeda motor kelas primer yang langsung juara di musim perdana. Rekor serupa dilakukan Kenny Roberts yang saat itu lomba masih bertajuk 500 World Champion pada 1978.
2. Juara dunia termuda dengan usia 20 tahun 266 hari. Dia memecahkan rekor Freddie Spencer yang memenangi balap 500 pada 1983 di usia 21 tahun 258 hari.
3. Rider keempat dalam sejarah 65 tahun Grand Prix yang memenangi tiga kategori berbeda, bersama Mike Hailwood, Phil Read, dan Valentino Rossi.
Rekor lain:

– Rider termuda keempat dalam sejarah yang finish podium di balap pembuka (saat itu Qatar) setelah Randy Mamola, Eduardo Salatino, dan Norick Abe.

– Pebalap termuda peraih fastest lap dalam kelas primer di usia 20 tahun 49 hari. Rekor sebelumnya dicetak Freddie Spencer, saat itu berusia 20 tahun 161 hari di Sirkuit Misano pada 1982.
– Pebalap termuda memenangi balapan kelas primer (dicetak pada GP Amerika) dengan usia 20 tahun 63 hari. Rekor sebelumnya dicetak Freddie Spencer di usia 20 tahun 196 hari yang memenagi GP 500 di Belgia (Spa-Francorchamps) pada 1982.
– Pole position termuda (dicetak di Austin, AS) ketika usia menginjak 20 tahun 62 hari. Rekor sebelumnya oleh Freddie Spencer dengan usia 20 tahun 153 hari di Jarama 1982.
– Kemenangan di Austin juga membuatnya menjadi pebalap termuda yang menang dalam tiga kelas berbeda, melewati rekor Dani Pedrosa di usia 20 tahun 227 hari yang saat itu dicetak di China, 2006.
– Meraih podium di dua balapan pertama di kelas primer, sama seperti Lorenzo.
– Pemimpin klasemen termuda, memecahkan rekor Lorenzo saat memimpin klasemen setelah menang di Estoril pada 2008.
– Peraih podium tiga kali berturut-turut dengan usia termuda. Rekor sebelumnya dipegang Lorenzo.
– Podium empat kali berturut-turut dengan usia termuda. Memecahkan Rekor Biaggi di 1998.
– Menang dua kali berturut-turut dengan usia termuda, memecahkan rekor Freddie Spencer.
– Rookie termuda menang dua kali berturut-turut mengalahkan Kenny Roberts.
– Menang tiga kali berturut-turut dengan usia termuda, mengalahkan Freddie Spencer.
– Rookie termuda menang tiga kali berturut-turut mengungguli Kenny Roberts.
– Menang empat kali berturut-turut, rookie pertama dan pebalap termuda yang mampu melakukannya.
– Menang enam kali dalam setahun. Tidak ada rookie lain yang sanggup melakukannya.
– Berada di podium 16 kali. Belum ada rookie yang sanggup menandingi.
– Pole position sembilan kali dalam semusim. Juga belum ada rookie lain yang melakukannya.
– Total poin 334, angka tertinggi yang diraih rookie dalam semusim.

sumber : motogp.com

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*