Hal-Hal Unik Yang Terjadi Saat MOS (Masa Orientasi Siswa)

loading...
Hal-Hal Unik Yang Terjadi Saat MOS (Masa Orientasi Siswa)
Masa-masa sekolah memang masa yang menyenangkan.Setiap hari yang dijalani,seperti sebuah cerita yang di dalamnya terdapat suka duka,pertemanan,dan canda tawa yang terjadi sampai-sampai kelak setelah lulus kenangan itu tak akan terlupakan oleh semua pelajar yang pernah mengalami masa-masa itu,termasuk kenakalan/ulah jahil iseng yang dulu selalu membuat teman-teman menjadi kesal (kadang sampai marah).

Aksi membolos berjamaah,contek mencontek bahkan saling ejek dan kadang juga pukul-pukulan dengan sesama teman sudah biasa dilakukan,tapi justru hal-hal seperti itulah yang membuat semua orang menjadi kangen untuk kembali ke masa sekolah lagi.Membahas seputar sekolah,tentunya tak bisa dilepaskan dari yang namanya ujian masuk sekolah.Semua calon siswa wajib mengikuti.

Nah,kalau sudah dinyatakan diterima tinggal siap-siap jadi salah satu murid di sekolah itu.Sebelum mulai belajar,biasanya di minggu-minggu awal,para siswa baru ini akan menjalani yang namanya Masa Orientasi Siswa (MOS).Di saat MOS inilah banyak siswa yang suka bingung,disuruh cari beraneka barang aneh dan makanan/minuman dengan nama yang aneh pula.


Terkadang pulang MOS sampai sore,badan udah capek berat,mata melek tinggal 5 watt,masih saja sibuk mempersiapkan keperluan yang ditugaskan untuk esok harinya.Para siswa juga mesti menanggung malu untuk beberapa hari,soalnya disuruh memakai aksesoris yang aneh-aneh di tubuhnya.Misalnya,disuruh membawa tas dengan rafia warna ungu/orange/putih,terus membuat topi macam mahkota dan khusus untuk yang perempuan pasti di suruh memakai pita dirambutnya,mana banyak banget lagi udah kayak orang stress aja haha.. 

Selain itu,dalam MOS ada banyak aktivitas yang unik seperti disuruh bernyanyi,bikin yel-yel,permainan,latihan baris berbaris,tugas mencari tanda tangan kakak senior,pokoknya banyak deh dan saya yakin itu cuma akal-akalan para senior aja biar murid-murid baru itu bete.Bilangnya sih demi melatih mental supaya kuat tapi kok seenaknya gitu ya main perintah-perintah anak orang.


Itu juga masih biasa,kalau yang lebih ekstrim lagi sampai ada yang bentak-bentak sambil gedor-gedor kursi,meja,pintu,apapun benda di sekitarnya dipukuli biar kelihatan jagoan apa yah,jagoan apa preman kalo kelakuannya seperti itu? hehe.. Sebenarnya,kebiasaan itu sangat tidak baik.Mereka para senior yang bertindak kasar itu dulunya juga pernah jadi murid baru kan,cuma karena alasan dendam waktu dulu diperlakukan kasar sama seniornya,trus adik kelasnya yang baru dijadikan bulan-bulanan.

Hmm,sepertinya yang kayak gitu mesti diubah,MOS bukanlah tempat buat melampiaskan kemarahan/dendam tapi harusnya jadi sarana pengenalan lingkungan untuk siswa-siswa baru itu.Tentang masalah kekerasan itu,nampaknya sekarang sudah mulai tidak diperbolehkan dilakukan lagi,di daerah saya sudah berlaku larangan untuk membentak-bentak murid-murid baru disekolah.

Kalau murid barunya imut kayak gini,kira-kira masih dibentak bentak nggak ya?
Wuihh,apalagi yang satu ini.. cantiknya nggak ketulungan ^^
Oiya hampir lupa,tugas-tugas yang diberikan waktu MOS ini mirip dengan teka-teki lho.. harus dipikir-pikir dulu sebelum membawa barang yang diminta,jangan sampai susah-susah nyari eh malah salah yang dibawa,ibarat pepatah sudah jatuh tertimpa rumah.. loh? pepatah apaan tuh.. entahlah,saya juga nggak paham maksudnya hehe.Berikut ini beberapa teka-teki seputar barang yang disuruh bawa saat MOS

1. bengbeng rasa jambu. dimana ada gan beng beng rasa jambu? pesen di pabrik juga tidak ada, alhasil cuma butuh beng beng biasa trus bikin tulisan rasa jambu, tempel dah untuk menutupi cokelat.
2. kursi goyang. jangan ribet2 bawa kursi goyang ke sekolah ya, soalnya cuma butuh kertas doang biasanya bentuk bulet dengan diameter tertentu, nach kok bisa disebut kursi goyang? ya tinggal duduk di atasnya aja trus goyang sendiri. terus jangan lupa kasih tulisan “kursi goyang”
3. lauk lampu stopan. (telur, sayur, cabai merah gan, pokok ada warna merah, kuning, hijau)
4. air mineral merk CSR ato apalah yang gak ada di pabrik, tinggal bikin tulisan merk yang diminta, trus lepas kemasan asli dari air mineral, tuker dah.
5. bis yang kuat = biskuat
6. air minum daerahku = mizone
7. Nasi Kerucut = Nasi kuning/tumpeng 
8. Coklat Tabung = Astor dan sejenisnya 
9. Pisang 1 sisir = bawa pisang 1 buah dan sisir 1 buah 
10. Kerupuk t*i kucing = kerupuk panjang yg harganya gopean gitu yg ada di warung-warung
11. biskuit Argentina : wafer Tango 
12. chiki LIFE IS NEVER FLAT : chitato 
13. sayur basi : sayur asem 
14. telor segitiga : telor dadar dibentuk segitiga 
15. ini yang terpenting, kalo disuruh bawa seperti : kompor, minyak, kcambah, tepung, dll. pikir baik-baik itu bahan untuk membuat apa? mungkin pisang goreng ato ote2.
16. nasi uduk peta. wah jangan bawa peta beneran gan, itu maksudnya tempe tahu.
17. snack tornado = twister
18. minuman 6T = VIT
19. minuman montir = 2tang
20. nasi jelek ala sunda = nasi goreng

loading...

10 Comments

  1. dulu ada tugas cari pisang kembar dempet, donat tanpa lobang,disuruh bikin surat cinta, lalu yg terlambat dpt hukuman eh ternyata justru kakak senior yg terlambat jadi kena hukuman juga hehe..ini baru adil senjata makan tuan bikin aturan malah kena sendiri. Sedangkan perploncoan ayahku dulu sekitar th 60-an disuruh membajak sawah, ada kenangan ayahku dulu pertama kali menulis pakai sabak karena blm ada kertas era Belanda waktu SR(Sekolah Rakyat kini dikenal SD: Sekolah Dasar). Aku gak tahu wujud sabak kayak apa.

  2. @Huda Gamu
    Klo aku disuruh buat kalung dari permen,tpi pakainya 1 permen trus bagian tengahnya dilubangi buat masukin talinya,lalu ada juga tugas membawa pisang yang bentuknya lurus dan kepala ayam yg mulutnya tertutup.Susah banget nyarinya,teman2 yg lain bnyk yg kena hukuman krn yg dibawa nggak sesuai dg perintah kakak senior.Soal sabak,memang dipakai dulu sebelum ada kertas.Aku udh pernah diceritakan bentuknya waktu sama guru sejarahku,katanya klo udh dipakai lngsung dihapus.Jdi cuma perlu 1 buah,dibuat nulis tiap hari.Hampir seperti papan tulis yang biasa dipakai kapur buat nulisnya

  3. @Adam Sahensyah
    wahahaha.. cowok di pakein lipstik kyk gmn tuh jadinya? pasti malu deh.. klo skrng udah nggk boleh mos yg menyiksa gitu,dan di ganti dg kegiatan yg lebih mendidik.Tapi saya pernah juga sih ngerasain di bentak2 pas mos sma dulu..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*