Tes Buta Warna Dengan Software

loading...
Tes Buta Warna Dengan Software
Tes buta warna tentu sudah tak asing lagi bagi kita,terutama untuk kepentingan pendidikan/lembaga pemerintah.Tes ini mudah kita temui waktu penerimaan CPNS,pembuatan SIM,tes keshatan mata ataupun tes untuk bidang seni rupa yang berhubungan dengan kemampuan indra penglihatan untuk membedakan warna suatu objek.Metode yang banyak dilakukan dalam tes ini berasal dari metode Ishihara.Dr Ishihara merupakan orang pertama yang melakukan tes buta warna.Masih ingat dengan huruf/angka tokek? Sebuah huruf/angka yang disamarkan dengan titik titik warna di sekitarnya,nah huruf tokek itu juga salah satu dari metode Ishihara.Biasanya huruf tokek tersebut terdapat di dalam buku yang terdiri dari 38 gambar,yang akan diujikan pada pasiennya.Sekarang,tes seperti itu tak hanya dilakukan dengan gambar yang dibuat manual karena sudah ada sebuah software yang punya fungsi untuk tes buta warna,namanya color blind test

Ada 3 kategori yang didapat dari hasil tes ini,yaitu normal,buta warna parsial dan buta warna total.Ketiga hasil ini didapat dari proses pengujian dengan 38 gambar tadi.Gambar nomor satu hingga 25 merupakan soal tebak angka. Seseorang dengan berpenglihatan normal harus menjawab normal dari soal nomor 1 hingga 17 dan soal nomor 22 hingga 25. Kecuali untuk nomor 18 hingga 21 hanya bisa dilihat dengan jelas oleh penderita buta warna. Soal nomor 26 hingga 38 adalah soal dimana seseorang harus melihat susuran garis pada gambar. Orang normal mampu melihat jalur garis pada soal nomor 26 hingga 38 kecuali nomor 27 dan 28 karena kedua gambar ini dapat dilihat jelas oleh penderita buta warna.

Untuk soal nomor 1 dan 38 seharusnya dapat dilihat dengan jelas oleh orang normal dan penderita buta warna parsial kecuali buta warna total. Jadi sebenarnya hanya dengan kedua gambar ini biasanya sudah bisa dibedakan antara penderita buta warna total dengan orang normal + penderita buta warna parsial.

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*