Penyebab Cegukan Dan Cara Mudah Mengatasinya

loading...
 

Sobat Media2give sering cegukan? Biasanya cegukan ini paling sering terjadi waktu makan.Saya sendiri terkadang juga mengalaminya.Memang cegukan ini kelihatannya sepele,tapi kalau terjadi terus-terusan bisa menggangu juga lho.Sebenarnya kenapa sih kita kok bisa cegukan ? Nah,disini nanti akan kita bahas segala hal seputar cegukan mulai dari apa itu cegukan,penyebabnya,mitos cegukan dan cara mengatasinya.Oke.. langsung saja kita mulai pembahasannya

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara “hik”. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.

Cegukan terjadi ketika diafragma (otot yang memisahkan dada dan perut) mendadak berkontraksi, menyebabkan bergerak naik turun tanpa sadar. Salah satu saraf yang mengatur gerakan diafragma ini adalah saraf phrenic. Biasanya cegukan disebabkan karena makan yang terlalu banyak sehingga otot diafragma kejang. “Cegukan bisa menjadi tanda kalau Kalian makan terlalu banyak,” ujar Heather Agee, MD dari John Hopkins Bayview Medical Center.

Cegukan juga bisa terjadi karena terlalu gugup, senang atau semangat yang berlebihan yang membuat diafragma berkontraksi. Meskipun belum ada penelitian ilmiah tentang cara untuk menyembuhkan cegukan, tapi gangguan ringan ini bisa diatasi dengan menahan napas sekitar 7 detik atau berkumur air minum di dalam tenggorokan. Cegukan terbilang tidak berbahaya, tapi jika tidak juga berhenti lebih dari 48 jam, perlu diwaspadai karena bisa menjadi gejala adanya masalah kesehatan yang lebih serius misalnya gangguan sistem syaraf pusat.
Penyebab Umum Cegukan
Berikut ini beberapa penyebab cegukan yang sering terjadi :

1. Makan dan minum terlalu cepat.
2. Makan dan minum banyak.
3. Sangat emosional.
4. Langsung minum air dingin setelah makan makanan yang panas atau pedas.
5. Tertawa terlalu keras.
6. Batuk terlalu keras.
7. Tekanan Saraf Frenik oleh struktur anatomi yang lain.
8. Penyakit ginjal.
9. Perilaku tidak baik.
10. Keseimbangan elektrolit tidak memadai.
11. Adanya benda asing di telinga.
12. Iritasi pada saraf fregus dan frenikus.
13. Akibat udara dingin di sekitar tubuh kita,bisa d sebabkan karena AC(air conditioner) 
     atau kipas.

Cara Mengatasi
Untuk menghentikan cegukan kita bisa melakukan cara-cara berikut:

1. Menahan napas, karena dengan menahan napas maka kadar karbondioksida di dalam 
    darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.
2. Bernapas di dalam kantong kertas.
3. Minum segelas air dingin dengan perlahan sedikit demi sedikit.
4. Mengunyah roti kering atau es batu yang diserut.
5. Menarik lidah dengan tangan.
6. Menggosok bola mata secara perlahan.
7. Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatas.
8. Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut.
9. Menelan gula pasir kering di satu sendok teh.
10. Mandi dan keramas dengan air yang diberi es batu.
11. Berenang di air dingin dengan suhu 20-25 derajat minimal 20 menit.

Bila cegukan tak mau hilang tetapi sudah melakukan praktik di atas, segera bawa ke dokter terdekat dan terpercaya.

Mitos Cegukan
Banyak mitos beredar seputar cegukan.Ada yang bilang, badan mau bertambah tinggi atau tanda kalau sedang ada orang yang ngomongin kita.Banyak orang yang kurang paham tentang ilmu kesehatan yang percaya pada mitos ini,mereka meyakini kalau mitos tentang cegukan memang benar-benar ada.Tapi perlu diketahui bahwa mitos itu cuma kepercayaan yang tak berdasar sehingga tak bisa dibuktikan secara ilmiah.Jangan mudah percaya pada mitos kalau tidak kita bisa salah kaprah.Lebih baik,kita cari tau tentang kebenarannya secara ilmiah dan bisa di terima akal pikiran

loading...

8 Comments

  1. kalo aku cukup bernapas panjang lewat hidung sambil dipenjet hidungnya (kayaknya udah jadi postingan umum jadul dibeberapa blog). kalo pasang gambar banyak utk postingan gimana gan misal 21 gbr posisinya 3 kolom 7 baris

  2. loh, cegukan ane kirain krna kurang minum sob, rupanya krna kbanyakan minum ya..
    hhe
    ya, kadang2 risih klo cegukannya ga brenti2
    thanks infony ttg penyebab cegukan dan cara mudah mengatasinya!
    -keep blogging n blogwalking-

  3. Perilaku tidak baik, baru tahu saya ^^
    kalau aku biasanya minum sih.. langsung selesai cuman pas waktu puasa kan gak boleh minum bingung juga.. coba tahan napas nanti bisa dipraktekkan.. trims infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*