Menghitung Berat Badan Ideal

loading...
Menghitung Berat Badan Ideal
Apa kalian sering menimbang berat badan ? Bisa jadi iya,tapi kalo saya sendiri agak jarang nimbang berat badan,paling kalau ada keperluan aja baru ditimbang.Berat badan memang penting artinya buat seseorang.Selain menunjang penampilan berat badan juga berkaitan dengan kesehatan.Jika dengan berat yang proporsional rasa percaya diri akan tinggi,begitupun dengan kesehatan.

Jika berat kita ideal resiko terhadap penyakit bisa di minimalisir,meskipun berat badan bukan satu-satunya yang menyebabkan timbulnya penyakit.Banyak faktor yang berpengaruh terhadap ukuran berat tiap orang,salah satunya gaya hidup.Gaya hidup sehat akan meningkatkan kualitas hidup dan membuat tubuh jadi lebih sehat.Beberapa kebiasaan yang kita lakukan setiap harinya,sadar atau tidak bisa berpengaruh pada berat badan.Misalkan jarang berolahraga,kurang asupan gizi dari makanan sehat,sayur-sayuran dan buah-buahan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Dari yang saya amati ada perbedaan antara cowok dan cewek tentang berat badan yang sering naik drastis.Kalau wanita lebih condong karena faktor makanan.Mungkin ada wanita yang makannya biasa/gak banyak tapi kok berat badanya berlebih ya? Eits,tunggu dulu.. tengok dulu bagaimana pola makannya,kadang cewek suka banget sama yang namanya ngemil.Di sekolahku dulu,tiap jam istirahat para cewek-cewek selalu ke kantin,dan pas balik ke kelas bawa makanan satu plastik penuh.Di borong kali ya hehe.. Apa di sekolah kalian juga gitu ? 

Nah,kalo cowok beda lagi,masalah kegemukan muncul kalau dia kurang aktivitas di siang hari dan tidur nggak teratur,trus juga malas berolahraga.Pasti deh,masalah berat badan bakalan muncul.Ngomong-omong soal berat badan,udah pada tau belum sebenarnya berat badan kalian ideal/tidak? Kalo belum,akan saya kasi tau cara menghitung berat badan ideal kalian.Ada 2 cara yang bisa di gunakan

1. Cara konvensional
Berat Badan Ideal (BBI) bayi (anak 0-12 bulan)

BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

BBI untuk anak (1-10 tahun)

BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8


Remaja dan dewasa

BBI = (TB – 100) x 90%


Ket :

TB = Tinggi badan (cm)


2. Menggunakan Rumus BMI
Apa itu BMI ? BMI (Body Mass Index) adalah rumus rumus kesehatan di mana berat badan (BB) seseorang (kg) dibagi dengan tinggi badan (TB) pangkat dua (m2).


BMI = (BB) / [(TB) * (TB)]


Misalnya: BB = 45 kg dan TB = 165 cm, maka


BMI = (45) / [(1.65) * (1.65)] = 16.5


Standar Indeks Berat Badan :


BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight)


BMI 18.5 – 24 = normal


BMI 25 – 29 = kelebihan berat badan (overweight)


BMI >30 = obesitas


Gimana ? Apakah berat kalian sudah ideal/overweight/underweight? Kalo belum ideal berarti harus melakukan beberapa cara supaya mencapai berat yang pas dengan tinggi badan kalian.Mari memulai hidup sehat dengan badan yang ideal 

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*