Waspadai 10 Gangguan Syetan Saat Shalat

loading...
10 Gangguan Syetan Saat Shalat
Shalat adalah tiangnya agama,shalat juga merupakan ibadah yang paling utama dan kelak di hari akhir nanti akan menjadi yang dihisab pertama kali.Oleh karenanya,kita hendaklah mengerjakannya dengan sebaik mungkin.Pertanyaanya,sudahkah kita benar-benar Shalat ? Maksudnya,apakah selama ini kita melakukan Shalat dengan khusyu’ ? Jawabannya ada pada diri kita masing-masing.Memang benar,untuk beribadah secara khusyu’ tidaklah mudah,apalagi Shalat.Disaat mengerjakannya ada saja hal-hal yang entah sadar/tidak,akan mengurangi tingkat kekhusyukan itu.Sebenarnya saat kita sedang Shalat,saat itu juga kita sedang diganggu.Oleh Siapa? Sudah tentu oleh Syetan.Buktinya seperti yang sudah saya singgung tadi,mau konsentrasi Shalat saja susah.Syetan senangtiasa berusaha menyesatkan manusia dari jalan ALLAH SWT,dengan segala upaya dilakukannya termasuk menghalangi seseorang untuk beribadah dengan baik.Berikut ini tanda-tandanya kita sedang diganggu Syetan ketika Shalat

1. Ragu-ragu saat melakukan Takbiratul Ihram

Ibnul Qayyim rahimahullaah berkata: “Termasuk tipu daya syetan yang banyak mengganggu mereka adalah was-was dalam bersuci (berwudhu) dan niat atau saat takbiratul ihram dalam sholat”. Was-was itu membuat mereka tersiksa dan tidak tenteram.

2. Tidak konsentrasi saat Shalat

Sahabat Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam yaitu ‘Utsman bin Abil ‘Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syetan telah hadir dalam sholatku dan membuat bacaanku salah dan rancau”. Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam menjawab, “Itulah syaitan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah Subhaanahu wa ta’aala Akupun melakukan hal itu dan Allah Subhaanahu wa ta’aala menghilangkan gangguan itu dariku” (HR. Muslim)


3. Lupa rekaat yang sudah dikerjakan

Abu Hurairah r.a berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda, “Jika salah seorang dari kalian solat, syaitan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah lakukan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) semasa masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam”. (HR Bukhari dan Muslim)

4. Pikiran mengingat kemana-mana

Abu Hurairah radhiyallaah ‘anhu berkata: “Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam bersabda, “Apabila dikumandangkan azan sholat, syetan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara azan tersebut. Apabila muadzin telah selesai azan, ia kembali lagi. Dan jika iqamat dikumandangkan, ia berlari. Apabila telah selesai iqamat, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang sholat seraya berkata kepadanya: “Ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat!”, sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia sholat” (HR Bukhari)

5. Tergesa-gesa menyelesaikan shalat

Ibnul Qayyim berkata, “Sesungguhnya tergesa-gesa itu datangnya dari syaitan, karena tergesa-gesa adalah sifat gegabah, yang menghalangi seseorang untuk hati-hati, tenang dan santun serta meletakkan sesuatu pada tempatnya.”

6. Melakukan gerakan yang tidak perlu

Dahulu ada seorang sahabat yang bermain kerikil ketika sedang tasyahud. Ia membolak-balikkannya. Melihat hal itu, maka Ibnu Umar segera menegurnya selepas solat. “Jangan bermain kerikil ketika sholat karena perbuatan tersebut berasal dari syetan. Tapi kerjakan seperti apa yang dikerjakan Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam”. Orang tersebut bertanya: “Apa yang dilakukannya?” Kemudian Ibnu Umar meletakkan tangan kanannya diatas paha kanannya dengan jari telunjuk menunjuk ke arah kiblat atau tempat sujud. “Demikianlah saya melihat apa yang dilakukan Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam”, kata Ibnu Umar. (HR Tirmidzi)

7. Menengok/melirik ke kanan/kiri
Seringkali secara tidak sengaja kita melirik kekanan/kiri karena sesuatu hal,padahal niat awalnya sudah agar shalatnya khusyu’.Oleh karena itu,saat shalat pandangan mata harus fokus ke tempat sujud,sehingga tidak mudah terpengaruh gangguan yang terjadi.

8. Menguap dan mengantuk

Rasulullah SAW bersabda, “Menguap ketika solat itu dari syaitan. Oleh itu bila kalian ingin menguap maka tahanlah seboleh mungkin”. (HR Thabrani).


9. Bersin berulang-ulang

Ibnu Hajar menguraikan pernyataan Ibnu Mas’ud radhiyallaah ‘anhu, “Bersin yang tidak disenangi Allah Subhaanahu wa ta’aala adalah yang terjadi dalam sholat, sedangkan bersin di luar solat itu tetap disenangi Allah Subhaanahu wa ta’aala. Hal itu tidak lain karena syetan memang ingin mengganggu sholat seseorang dengan berbagai cara”.

10. Terasa ingin buang air/buang angin

Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian bimbang atas apa yang dirasakan di perutnya apakah telah keluar sesuatu darinya atau tidak, maka janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid sampai ia yakin telah mendengar suara (keluarnya angin) atau mencium baunya” (HR Muslim).

sumber: http://jundumuhammad.wordpress.com/2011/05/01/sepuluh-godaan-syetan-dalam-sholat-yang-harus-kita-waspadai/

loading...
loading...

8 Comments

  1. No 9 sering dialami tetanggaku kalo bersin bikin kaget karena suaranya sangat keras. Entah kenapa kalo sholat berjamaah banyak gangguan tapi kalo sholat sendiri malah sedikit gangguan rasanya lebih khusyuk daripada berjamaah: apa itu salah satu trik godaan setan agar lebih sering sholat sendiri daripada berjamaah? mungkin jg ya gan. Baru ingat dikit ttg mengatasi kesurupan massal waktu itu saudaraku telpon bingung mengatasi siswi2 yg kesurupan di sekolahnya mengajar sebab udah pakai doa gak mempan tetap meronta-ronta dan jumlahnya bertambah makin banyak menular ke siswi lain shg para guru jadi cemas. Seingatku pake cara menekan titik saraf di bagian kakinya (tepatnya agak lupa dan ini mrpk salahsatu teknik dari latihan beladiri jadi mungkin tekniknya gak ada di buku atau internet) langsung sadar lalu dikasih minum dan dipulangkan semua.

  2. @Huda Gamu
    Aku msih bingung gmn caranya menahan saat mau bersin,soalnya spontan gtu cuma 1-2 detik.Klo sholat berjamaah lebih sulit untuk khusyu',itu juga yg kurasakan gan.Paling tenang pas sholat malam,suasananya hening..sepi tpi kdng agak serem.Oiya,yg kesurupan itu bsa toh pake cara menekan titik syaraf di kakinya,apa bagian telapak kaki gan? setahuku di pencet jempol kakinya gan.Eh,tpi kebanyakan org yg prnah kesurupan itu suatu saat lebih mudah terulang kesurupan lagi lho,temenku ada yg kyk gitu dulu.

  3. Bersin memang sulit ditahan kalo aku cuma bisa meredakannya caranya membuang napas panjang lewat hidung sambil lubang hidung dibesarkan tentu tanpa tangan jadi ekspresinya spt babi (tenang gak ada yg liat pas sholat kecuali anak kecil yg mondar mandir didepan kita hehe..). Kunci khusyuk dengan menghayati dan memahami bacaan saat sholat. Seremnya pas jalan kekamar mandi ya gan? suasana sepi gelap semua masih tidur kebayang horor "oh ternyata" hihi… Dirumahku kamar mandinya diruang terpisah harus jalan lewat tempat terbuka ada pohon jadi spt diluar rumah padahal ditengah rumah, dulu pas kecil suka minta ditemani ibu kalo tengah malem ingin kencing kalo liat putih2 melayang langsung degdegan ternyata cuma jemuran kena angin haha…gara-gara liat film horor suzanna: kuntilanak, jadi biar gak takut aku kalo mau sholat malem bangunnya sekitar jam 3.30 wib pokoknya mendekati subuh. Seingatku memang sekitar jempol gan mungkin rasa sakit saat ditekan membuat sadar, orang yg pernah kesurupan memang lebih mudah kena lagi mungkin aliran darahnya udah menyesuaikan (kebetulan dulu ada salah satu anggota beladiri profesi sehari2nya adl dokter jadi bentuk latihannya diteliti efeknya bagi kesehatan tubuh shg kalo ada yg menganggap tenaga dalam adl sihir pas latihan langsung dijawab scr ilmiah shg orang tsb mengerti dan kini malah ikut latihan).

  4. @Huda Gamu
    haha..belum pernah nyoba membuang nafas dg cara itu gan,seremnya gak cuma di kamar mandi,sekarang udh gak serem malahan.Soalnya kamar mandi di rumahku udh di dalam rumah.Pas aku kecil dulu,kamar mandi masih di belakang rumah/di kebun,mana gelap banget gak ada lampunya.Penerangan cuma bawa lampu minyak,itupun harus ditemani klo ke kamar mandi.Di kebun itu pohonya bnyk dan lebat,apalagi ada pohon bambu yg klo kena angin suka keluar bunyi gesekan.Serem pokoknya gan,tpi untungnya kebunku skrng bersih,semua pohon besar2 udh ditebang,tinggal yg kecil2 doang.Klo sholat pas malem2 kdng suka takut juga,kyk ada yg lewat gtu.Aku malah pernah liat spt asap melayang2,tpi tak berwujud sampe susah tidur setelah liat itu.Klo mslh kesurupan,emg dg mencet jempol sdh bnyk dipraktekan org2 saat ada yg kesurupan.Aku prnah dengar klo kita itu punya semacam pembatas disekitar tubuh yg membatasi dunia nyata dan gaib.Jika itu ditembus,perlindungannya menipis jdi mudah kesurupan lagi.Kekuatan pembatas itu berasal dari ibadah yg dilakukan.Semakin rutin dan rajin melakukan ibadah,pembatas itu semakin kuat.Memperbanyak dzikir bsa juga memperkuatnya

  5. Waduh, kasihan banget ya kekamar mandi pas kecil, ditempatku pohon bambunya masih lebat gan tapi agak jauh dari rumah, kalo diperhatikan rata2 rumah lama memang kamar mandinya dikebun belakang rumah dibawah pohon besar rindang (adat orang Jawa dulu). jadi ingat guru ngajiku dulu kamar mandinya cuma dari gedek tanpa atap, gayungnya dari batok kelapa. kalo ketakutan dulu kubaca ayat kursi 3x langsung tentram bisa tidur nyaman coba aja. Label review film horor gak ada ya? dulu waktu pertama liat artikelmu ttg lagu nina bobo sempat kaget takut lho pas liat gambar serem mata anak perempuan pas ngenet larut malam haha…

  6. @Huda Gamu
    iya,adat orang jawa dulu kyk gtu,katanya biar melatih keberanian..tpi aku wktu kecil malah taut hehe..Klo kamar mandinya dari gedek mirip empang gan.Label review film horor gak ada,biasanya yg berkaitan film tak jadikan satu di label film.Wah,yg nina bobo serem ya? pas banget liatnya larut malem jdi tambah takut hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*