[Unik] Kulit Pisang Bisa Jadi Tisu Lho

loading...
Kulit Pisang Menjadi Tisu

Pisang,adalah buah yang banyak disukai banyak orang karena murah dan mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia.Pisang mengandung vitamin B,C,kalsium dan protein sehingga bermanfaat mengobati jerawat dan membantu luka menjadi lebih cepat kering.Selain itu,buah yang satu ini juga serba guna karena selain daging buahnya bisa dimakan,kulitnya ternyata bisa dimanfaatkan.Nggak terpikirkan ? Biasanya habis dimakan pisangnya,kulitnya dibuang begitu saja.Tapi di tangan beberapa orang yang tergabung dalam tim peneliti Jurusan Pendidikan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Yogyakarta (UNY),kulit pisang pun bisa diolah menjadi tisu.Kulit pisang sengaja dipilih karena mengandung banyak selulosa yang merupakan bahan pembuat tisu dan tekstur kulitnya tebal. 

Proses Pembuatan
Kulit pisang dicuci bersih dengan akuades dan dipotong kecil-kecil.Saat mengirisnya sebaiknya menggunakan sarung tangan agar tetap steril.Selanjutnya semua irisan kulit pisang dikeringkan dengan sinar matahari di atas nyiru, kemudian mencampurkan kulit pisang kering, air, dan kristal NaOH dalam panci.

Proses selanjutnya adalah merebus campuran bahan-bahan tersebut dalam panci besar sekitar 1,5 jam, kemudian menghilangkan NaOH dengan mencuci sampai bersih agar tidak meninggalkan bau dari larutan pemasaknya. Lalu direndam dengan larutan kaporit selama satu jam, dicuci lagi dengan air bersih hingga bau kaporit hilang. Akhirnya menghaluskan adonan lunak tersebut dengan blender.

Proses selanjutnya mencampurkan talcum sebanyak 1,5 kilogram dalam adonan dan mengencerkan adonan atau “pulp” agar dapat diproduksi kertas yang tipis, kemudian adonan halus itu dituangkan ke dalam baskom lebar.

“Letakkan spons di atas meja, kemudian menaruh kain yang sudah dibasahi di atasnya, menyaring campuran (jangan terlalu tebal) di baskom memakai ‘screen’ sablon,” papar Jovita.


Selanjutnya, meletakkan “screen” sablon di atas spon yang sudah dilapisi kain dengan posisi terbalik, menggosok sedikit “screen” dan mengangkatnya dengan hati-hati, kemudian menutup dengan kain yang sudah dibasahi, menambah satu lapis lagi kain basah.

Kemudian angkat sepasang demi sepasang dan menjemur di tempat yang panas. Lalu setrika sepasang demi sepasang dan membuka kainnya secara perlahan. Langkah selanjutnya adalah melakukan uji ketahanan tarik, uji ketebalan, dan gramatur atau berat dasar kertas tisu. Selesai, deh… 

sumber : http://www.apakabardunia.com/2013/07/wah-kulit-pisang-bisa-jadi-tisu.html

loading...

8 Comments

  1. Dulu ditempatku banyak nyamplung kalo dibakar buahnya bisa nyala lama, andai ada yg riset ttg kandungan minyaknya utk alternatif BBM. kostum Azazel lebih keren dari Bima SG mungkin ceritanya Azazel mrpk kakaknya Bima (Shadowmoon ala Bima SG) haha..

  2. @Huda Gamu
    Nyamplung itu apa ya gan? baru kali ini denger hehe.. mungkin di tempatku beda namanya.Azazel mungkin keliatan lebih keren krn warna kostumnya lebih gelap,dominan warna hitam.Azazel itu karakternya niru model Dark Rider yg ada di Kamen Rider.Tpi masih epic Shadowmoon VS KR Black lah,eh..hari minggu kemarin aku kaget pas siang2 denger lagu Kamen Rider Black disetel di acara One Stop Football pas segmen extra time,ternyata dibuat parodi haha..tak kira serialnya ditayangkan lagi

  3. Nyamplung nama latinnya Calophyllum, dulu bijinya sering kujadikan roda utk mainan mobil dr gedebong pisang jika gak ada buah kluwing (bergetah menggantung bergerombol spt duku hingga kini gak tahu nama latinnya, udah langka, pohonnya terlihat dlm film jadul sunan kali jaga aktor Dedy mizwar pas adegan pohon emas berubah menjadi pohon biasa) . musik2 KR Black kadang masih sering kudengar dan dijadikan background musik utk pergantian segmen acara di tv lokal dan kadang sering kudengar diputar di radio. kalo ditayang lagi kemungkinan besar bakal ada yg merekamnya lalu diupload ke youtube karena selama ini blm ada yg videonya dub Indonesia

  4. @Huda Gamu
    ow,yg itu to namanya nyamplung,stlh liat gambarnya di google trnyata di tempatku juga ada gan,skrng masih ada pohonnya cuma tinggal dikit nggak spt dulu.Soal KR Black mungkin juga di rekam klo ditayangkan lagi,tpi misalkan di puter lagi paling yg dubbernya bkn yg dulu pas tayang di RCTI

  5. Kalo pohon kluwing masih ada gak? dulu jg suka main onthel kering yg dibakar spt puntung rokok bisa utk pengganti obat nyamuk (yg dimaksud bukan sepeda onthel lho haha..). Dubber sekarang terdengar kurang menjiwai karakter tokohnya, kesannya cuma sekedar menerjemahkan bahasa, yg dubbingnya masih bagus menurutku cuma di film Sinchan, Naruto, dan drama korea.

  6. @Huda Gamu
    Kluwing udh ga ada gan,habis di tebang semua haha…
    dubber indonesia emg bagusan yg dulu-dulu,lebih ngerti gimana harus menjiwai karakter yg di dubbing,dulu yg ku kenal cuma ade basuki sama oni doang

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*