Belajar Bahasa Grongi

loading...
Grongi Language

Tau nggak siapa itu Grongi ? Itu lho,musuhnya Kamen Rider Kuuga.Yang suka nonton serialnya pasti nggak asing lagi dengan nama Grongi ini.Dalam Kamen Rider Kuuga, para Grongi memiliki bahasa mereka sendiri. Di sini, akan coba saya jelaskan sedikit tentang bagaimana cara berbicara bahasa Grongi sehingga kalian yang pengen tau,bisa mencobanya sendiri.Tapi perlu diperhatikan bahwa untuk mempelajari bahasa Grongi ini,kalian paling tidak,harus tau dulu bahasa jepang.Sebab bahasa Grongi dan bahasa jepang masih ada kaitannya

Berikut ini huruf alfabet jepang yang dilafalkan dalam bahasa Grongi

Jepang   Grongi
A           Ga 
Ka          Ba 
Ga         Ga 
Sa          Ga 
Za          Za 
Ta          Da 
Da          Za 
Na          Ba 
Ha          Za 
Ba          Da 
Pa          Ma 
Ma          Ra 
Ra          Sa 
Ya          Ja 
Wa         Pa 

Untuk huruf  N cara pelafalan sama antara bahasa Jepang dan Grongi 

Contoh: 

Jepang: Koroshiteyaru 
Grongi: Bosogidejasu 
English: Aku akan membunuhmu 

Jepang: Inochibiroishitana 
Grongi: Gibozizisogigidaba 
Inggris: Jadi Kau lolos dengan hidupmu

Setiap kali ada “-” atau “tsu” kecil dalam kata Jepang, dalam bahasa Grongi diartikan sama,yaitu untuk memuji sesama Grongi

Beberapa pelafalan bisa berbeda arti,tergantung situasi/kondisi saat berbicara

Jepang       Grongi
Ga             Gu 
Ha             Pa 
Wo            Zo 

Contoh pada kalimat :

Jepang: Omaenonioiga “Linto” domowo saso “tsu” tanoda. 
Grongi: Goragenbigogigu “Linto” zorozo gagodadaboza. 
Indonesia: baumu tercium keluar “Linto.” 

Tata bahasa untuk bahasa Grongi cukup banyak,sama seperti Jepang. Satu-satunya perbedaan adalah jika kata kunci digunakan,Kata kuncinya kemudian pindah ke akhir kalimat saat diartikan

Contoh: Kuuga (kata kunci+objek pembicaraan)

Jepang: Koreha “Kuuga” noberuto! 
Grongi: Bosepadesudon “Kuuga!” 
Indonesia: Ini adalah sabuk Kuuga itu! 

Pada pertengahan serial Kuuga, beberapa orang manusia mampu menerjemahkan bahasa Grongi itu.Banyak kata-kata yang berkaitan dengan pembantaian dan permainan mereka. 

“Linto” – “Orang-orang.”  Sebutan untuk orang/ras manusia
“Gegeru” – “Game.” 
“Gerizagibasugegeru” – “Pertandingan Semi Final” 
“Gusepa” – “Gelang.” Sebuah alat yang digunakan untuk merekam korban Gegeru. 
“Bagundada” – “Counter.” Sebuah alat sempoa yang digunakan untuk merekam korban Gegeru. 
“Zagibasugegeru” – “Pertandingan Akhir” 

Untuk angka,Grongi punya aturan sendiri dalam melafalkannya.
Tanda tambah (+)  dibaca do
Tanda kali      ( x ) dibaca gu
Pengurangan dan pembagian tidak dipakai   
Angka grongi dimulai dari 0-9,dan jika angka yang disebut lebih besar dari 9 maka cara menyebutnya sesuai dengan aturan ” tanda tambah dan kali”

Angka Grongi 
1   Papan 
2   Dogugu 
3   Gushigi 
4   Zugogo 
5   Zugagi 
6   Gibugu 
7   Gezun 
8   Gegido 
9   Bagin 

10 dibaca Bagindo papan
penjelasan :
10 = (9+1)
9   = Bagin
+   = do
1   = papan

20 dibaca Bagingudogugudo dogugu 
penjelasan :
20 = (9×2) + 2
9   = bagin
x   =  gu
2   = dogugu
+   = do
2   = dogugu

Gimana ? Susah nggak ? hehe..kayaknya sih agak rumit,tapi kalo dipelajari lama-lama kalian bisa lancar bicara bahasa grongi.Tapi jangan jadi grongi beneran yah haha..

loading...

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*