6 Cara Menahan Marah Secara Islami

loading...
6 Cara Menahan Marah Secara Islami

Marah,sebuah sifat yang melekat pada diri setiap orang tanpa terkecuali.Semua orang pernah merasakannya,penyebabnya bisa beragam mulai dari hal-hal sepele seperti saling ejek satu sama lain sampai karena masalah kompleks yang membuat kedua belah pihak berseteru.Melampiaskan amarah bukanlah jalan yang tepat,karena jika itu dilakukan yang ada malahan dampak negatif yang didapat.Permusuhan akan mulai terjadi yang jika tak kunjung selesai dan berlarut-larut bisa saja berubah menjadi dendam.Yang mana dendam itu nantinya akan memakan semua kebaikan kita sedikit demi sedikit hingga amal baik yang sudah dilakukan menjadi sia-sia.Dalam sebuah hadist dijelaskan bagaimana pentingnya untuk menahan marah itu,seperti berikut ini :

Barang siapa yang dapat menahan amarahnya, sementara ia dapat meluapkannya, maka Allah akan memanggilnya di hadapan segenap mahluk. Setelah itu, Allah menyuruhnya memilih bidadari surga dan menikahkannya dengan siapa yang ia kehendaki.” (HR Ahmad).

Lalu bagaimana jika kita berada dalam kondisi yang memaksa kita untuk marah ? Apa yang sebaiknya dilakukan ? Tentu saja,ada banyak cara yang bisa dipraktekkan untuk menangani emosi saat marah.Cara ini berdasarkan dengan ajaran agama islam,yang pastinya tidak ada ruginya sama sekali jika dilakukan.Justru berbagai dampak postif bisa didapat jika di amalkan dan menjadi kebiasaan baik bagi diri pribadi.

Cara Menahan Amarah Secara Islami :
1.Membaca Ta’awudz
Dengan membaca A’uudzu billah mina-syaithaani-r-rajiim (Arti : Aku Berlindung Dari Godaan Syaitan Yang Terkutuk) niscaya amarah bisa reda.Karena marah itu asalnya dari Syaithan,jika dituruti sama saja mematuhi perintah syaitan.Rasulullah sendiri selalu mengajarkan umatnya untuk selalu ingat dengan  bacaan ini saat marah.

2.Ingat pada ALLAH SWT
Ketika marah,selalu ingatlah bahwa kekuasaan ALLAH sangat besar,jika hal ini dilakukan marah akan menjadi reda,sebab kita akan merasa kecil dihadapan ALLAH.Hingga semua yang akan dilakukan akan dipikir matang-matang.

3.Berwudhu
Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya marah itu dari syaitan,dan syaitan itu tercipta dari api.Maka api itu bisa diredam dengan air,demikian juga dengan marah bisa di redam dengan air.Selain itu berwudhu bisa membersihkan diri untuk menjaga agar tubuh berada dalam kondisi suci

4.Duduk
“Apabila ada salah seorang diantara kalian marah,maka duduklah dan jika belum hilang maka berbaringlah” (HR Abu Dawud).Jika marah dalam kondisi berdiri,akan lebih mudah berbuat kerusakan,karena di saat marah otak sering tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah,tertutup oleh nafsu amarah.

5.Diam
Sikap diam sangatlah penting,terutama jika emosi sudah tak tertahankan lagi.Banyak bicara justru bisa merugikan diri sendiri,ucapan seseorang yang sedang marah selalu tidak terkendali.Apa yang terucap bisa saja menimbulkan perkataan yang tidak baik,bahkan sampai membahayakan diri sendiri dan orang lain.Seperti di jelaskan dalam sebuah Hadist : “Apabila diantara kalian marah maka diamlah” (HR Ahmad)

6.Bersujud
Bersujud disini maksudnya adalah melakukan shalat 2 rekaat.Dalam sebuahhadist dikatakan “Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud).” (HR. Tirmidzi)

Itulah beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk menahan marah.Setiap orang hidup dalam masalah setiap harinya.Masalah tersebut yang membuatnya menjadi lebih bijak.Maka,teruslah belajar untuk menjadi yang lebih baik lagi.Mungkin itu saja sedikit ilmu yang bisa saya bagi pada posting kali ini,semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua ^_^

sumber :
http://ahmedridho.com/post-keutamaan-menahan-marah.html
http://media.zoya.co.id/inspirasi/9-cara-mengendalikan-amarah-menurut-islam

loading...

6 Comments

  1. bagus nih tipsnya terutama duduk,diam, sujud, kutambahin jongkok bisa meredakan marah bisa diterapkan utk umum gak hanya orang Islam saja. Utk anak kecil balita yg sering nangis keras gak mau berhenti (biasanya baru bangun tidur langsung nangis) bisa dibasuh mukanya dg air utk meredakan tangisannya. Hal lucu terjadi pd kucing jika marah malah makan dedak(makanan utk ayam) sambil sewot kayak lg kesal entah apa sebabnya kurasa karena tulang dagingnya direbut ayam ketika makan di halaman. Tapi tidak semua kucing begitu lho, tergantung karakter masing2 kucing beda.

  2. @Huda Gamu
    klo jongkok belum pernah tau,tpi mungkin bsa juga diterapkan saat sdh emosi.Untuk bayi yg sering nangis bsa juga di nyanyikan shalawat Nabi,nangisnya bsa reda.Pengalaman agan nih kyknya untuk yg bagian kucing tuh

  3. Utk bayi dg shalawat udah tahu gan tapi ini utk yg udah besar usia pra tk biasanya susah tetap rewel cara membasuh muka kepalanya dg air sangat efektif dan bisa diterapkan gak hanya utk orang Islam aja. kalo cara mengatasi kesurupan masal gimana gan yg efektif bisa diterapkan jg utk non muslim soalnya aku agak lupa tekniknya yg jelas kalo cuma doa terlalu lama dan penerapannya cuma terbatas hanya utk Muslim (masak mendoakan non muslim yg kesurupan)

  4. @Huda Gamu
    sebetulnya sy blm prnah mengatasi kesurupan untuk non muslim,tpi pernah baca2 buku ttg hipnoterapi,intinya org kesurupan itu kan yg diserang alam bawah sadarnya,jdi untuk mengembalikan hrus di sugesti.Entah cara ini praktis/tdk,yg jelas sdh pernah dilakukan bbrapa org dan brhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*