[Review] Jenis-Jenis Pedang Yang Ada Di Jepang

loading...
S.W.O.R.D


Pedang Pertama 


Pedang pertama kali dikenal pada jaman perunggu,waktu itu bahan yang digunakan adalah besi.Seiring waktu,manusia mulai bisa menemukan kandungan karbon dari berbagai jenis logam yang kuat,akhirnya dipilihlah baja sebagai bahan pembuat pedang.Hingga kini baja sudah menjadi bahan utama dalam pembuatan pedang.Pada akhir abad 18 pedang mempunyai peran yang penting.Semua orang yang berperang menggunakannya untuk melawan musuhnya.Tapi ketika dunia mulai mengenal mesiu dan senjata api keberadaan pedang dari waktu ke waktu mulai ditinggalkan.Kini pedang hanya menjadi simbol ketenaran kepemimpinan bangsawan saja.Itulah yang terjadi di negara-negara eropa.Jepang sendiri juga mengenal pedang sebagai senjata yang ampuh untuk bertarung.Pedang jepang pada mulanya meniru pedang buatan cina (memiliki ciri bentuk lurus dan bermata ganda).Seorang yang bernama Amakuni adalah pelopor pembuat pedang pertama di jepang yang nantinya akan berkembang menjadi banyak jenisnya
Sejarah Pedang Jepang


Beda negara beda tradisi,begitulah yang terjadi di eropa dan jepang.Jika bangsa eropa meninggalkan pedang semenjak senjata mulai canggih,lain halnya dengan jepang.Orang-orang jepang sampai sekarang masih menganggap pedang adalah simbol ksatria,apalagi dulu dijaman samurai,pedang keberadaannya sangatlah penting.Di jaman itu,pedang dan samurai seperti sudah menjadi satu kesatuan tak terpisahkan.Pedang jaman samurai lebih dikenal dengan nama “KATANA”.Saking berharganya pedang ini,orang-orang tidak diijinkan membawa pedang sembarangan kalau dia bukanlah seorang samurai.Jika melanggar aturan ini hukumannya berat,bisa-bisa kepala melayang.ckckckck…menakutkan!!

Ada masa jaya,ada juga masa sulit.Setelah di jaman samurai pedang seolah berjaya menjadi senjata utama,tapi sejak perang onin (1467-1477) dan berganti menjadi zaman Muromachi,senjata api mulai masuk ke jepang.Untungnya zaman tokugawa terjadi isolasi/pelarangan penggunaan mesiu/senjata demi menjaga pedang sebagai senjata bangsa jepang
Sebelum masa Tokugawa tersebut klan samurai bisa di katakan sedikit terlantar. Kualitas pedang yang mereka gunakan benar-benar buruk untunglah perbaikan kembali terjadi pada akhir zaman Edo Hingga akhirnya kualitas pedang menjadi sangat baik dan saat itu sebuah pedang sangat mereka hormati.

Tapi perjalanan waktu kembali terjadi, ketika memasuki restorasi meiji pedang akhirnya di larang oleh pemerintahan saat itu,pada zaman perang dunia ke-2 pedang telah di ganti posisinya oleh gunto sebuah pedang harga murah untuk para angkatan laut.Saat ini sebuah pedang lebih berfungsi atau berperan sebagai phenomena masyarakat

Klasifikasi Pedang
Klasifikasi Sederhana yang di lakukan di jepang biasanya di tentukan berdasarkan panjangnya dimana satuan panjangnya adalah “shaku” (1 shaku kira-kira sekitar 30,3 cm)
A. Sebuah pedang dengan panjang kurang dari satu shaku di kategorikan tanto (pisau)


B. Sebuah pedang yang lebih dari 1 shaku tapi kurang dari 2 shaku di sebut Wakizashi 

C. Sebuah pedang bila panjangnya lebih dari 2 shaku di kategorikan sebagai Daito,(oh iya yang di maksud ukuran pedang disini adalah Besinya belum termasuk gagang dan sarung pedangnya) 


     Katana sendiri adalah bagian dari Daito tapi katana sering di artikan sebagai pedang yang di gantungkan pada sabuk (biasanya di temani wazizaki atau tanto). Bila katana di pasangkan di samping wakizashi mereka berdua biasanya di sebut Daisho.Sebenarnya senjata di jepang tidak hanya terbatas pada katana atau sejenisnya bahkan dalam pertemputan (khususnya 1 by 1) sebenarnya seorang samurai jarang menggunakan katana mereka,mereka lebih mengandalkan senjata lain seperti naginata,yari,bo,dll. Oleh karena itu berikut adalah jenis2 senjata di jepang


1. Bokken

      Bokken adalah pedang seukuran katana yang terbuat dari kayu, biasanya dipergunakan untuk berlatih. jika di klasifikasikan sendiri sub-klasifikasi contohnya suburito(untuk yang ini saya juga bingung loh),bokken di gunakan untuk latihan memotong menggunakan pedang. Oh ya ngomong ngomong, Miyamoto Mushashi terkenal karena dalam pertarungan yang sesungguhnya ia sering menggunakan bokken padahal lawannya benar-benar serius dengan senjatanya(mereka menggunakan katana,yari,bahkan ada yang menggunakan Nodachi)



2. Shinai

     Shinai sebenarnya tidak berbeda dengan bokken hanya saja shinai terbuat dari beberapa bilah potongan bambu yang di satukan berbentuk pedang kegunaannya pun sama.. untuk latihan






3. Kodachi

     Ini nih pedang favorit gw namanya Kodachi senjata yang terlalu pendek di sebut pedang tapi terlalu panjang bila di sebut pisau(sedikit lebih panjang dari wazizaki), karena kodachi sangatlah ringan kodachi bisa di ayunkan dengan cepat dan mudah sehingga sangatlah cocok untuk menangkis serangan pedang lainnya, kekurangannya adalah jarak serangan sangatlah minim menggunakan kodachi oleh karena itu pengguna kodachi seringkali menggabungkan tehnik lainnya sambil menggunakan Kodachi sebagai alat untuk bertahan.

4.Tsurugi

samurai jepang sukague.com

Pedang yang tak serupa dengan jenis pedang yang lainnya. Pedang ini tidak melengkung tapi lurus seperti pedang korea. Tsurugi merupakan pedang tipe broadsword, lebih berat dibanding pedang yang lainnya. Sangat cocok digunakan untuk mengahadapi musuh bertameng maupun berarmor tebal.


5. Nodachi

     Jarang ada samurai yang ahli menggunakan Nodachi(bayangkan saja pedang yang melengkung dengan panjang kira-kira 90-140 centimeter di gunakan sebagai senjata) tapi sebenarnya ini bukan fiktif loh banyak para samurai di masa lalu yang menggunakannya namun karena sangat sulit menggunakan nodachi (nodachi di gunakan dengan ke2 tangan ,soalnya g mungkin kalo pake kaki ;P)dan sangatlah sulit untuk membuatnya jarang ada pandai besi yang membuatnya. daya serang nodachi ini sangatlah luar biasa bahkan di katakan bila seorang yang sudah sangat ahli menggunakan nodachi dia bisa membelah penunggang kuda sekaligus dengan kudanya di peperangan. 

6. Zanbato

     Itu lo pedang yang digunakan zabuza di naruto. Pedang ini (lebih cocok di bilang sebilah besi tajam) dengan panjang 2 meter dan lebar ½ meter apakah mungkin ada? ternyata pedang itu bukanlah fiktif di jepang zanbato memang pernah di gunakan tapi sangatlah tidak efektif karena sangat berat dan besar untuk menggunakannyapun harus di angkat oleh 2 orang tapi kekuatannya tidak perlu di ragukan lagi seekor kuda bisa terbelah dengan 1 tebasan

7. Tachi

     Tachi adalah sejenis pedang Jepang yang lebih melengkung dan sedikit lebih panjang daripada katana. pedang disebut tachi jika digantung pada obi dengan sisi tajam mengarah ke bawah, dan pedang yang sama disebut katana jika dibawa dengan sisi tajam mengarah ke atas dan diselipkan pada korset. Pedang model tachi akhirnya tak dipakai lagi dan digantikan oleh katana. Sementara itu, pedang model daitō (pedang panjang yang lebih dulu ada daripada katana), panjang rata-rata mata pedangnya sekitar 78 cm (lebih panjang dari katana yang panjang rata-ratanya sekitar 70 cm). Berlawanan dengan cara tradisional membawa katana, tachi dikenakan dengan sisi tajam mengarah ke bawah dan biasanya dibawa pasukan kavaleri.


Variasi dari panjang rata-rata tachi dibedakan dengan awalan ko- untuk tachi berukuran pendek dan ō- untuk tachi berukuran lebih panjang. Sebagai contoh, tachi model shōtō yang panjangnya hampir sama dengan wakizashi disebut kodachi. Pedang tachi terpanjang yang disebut ōdachi dari abad ke-15 berukuran panjang lebih dari 3,7 meter (panjang mata pedangnya 2,2 m) namun tachi model ini diperkirakan hanya digunakan pada upacara-upacara. Pada tahun 1600-an, banyak tachi kuno diperpendek menjadi katana. Hampir seluruh pedang tachi yang sekarang ada termasuk jenis o-suriage. Jadi, jarang sekali terdapat pedang tachi ubu yang asli dan bertanda tangan.


8. Katana

Katana merupakan pedang khas ninja. Setiap ninja mempunyai katana dipunggung mereka. Anda penggemar film Ninja Hatori, pasti tidak asing dengan Pedang ini. Pedang ini merupakan pedang umum dengan panjang antara 70-80 cm.


Tipe single-edge dan melengkung. selain dipakai ninja, pedang ini juga dibawa oleh kaum samurai untuk merepresentasikan status sosialnya. Biasanya dibawa berpasangan dengan wakizashi atau tanto yang digunakan untuk close-quarter combat dimana katana digunakan untuk open-quarter combat.

9. Ninjato

Pedang para ninja, selain katana, ninjato merupakan pilihan para ninja. Ringkas dan ringan membuat pedang ini mudah untuk dimasukkan kedalam baju. Perbedaan mendasar antara katana dan ninja-to terletak pada sesainnya. Ninjato tidak melengkung seperti katana tetapi lurus.









10.Naginata

    Naginata merupakan tombak dengan mata pisau katana. Digunakan prajurit wanita pertarungan jarak menengah. Gagang dibuat dari kayu dan mata tombak katana melengkung. Sangat cocok untuk tipe pertempuran Chaos.

11.Chokuto

samurai jepang sukague.com

Sama seperti katana, hanya saja tidak melengkung tetapi lurus. Ditemukan sebelum jaman Heian sebelum orang Jepang menemukan teknik melengkungkan pedang (yang ternyata unik caranya).Karena pedangnya lurus sulit digunakan dan jarang dipakai dalam pertempuran. Setelah ditemukannya katana, chokuto masih tetap diproduksi tetapi kebanyakan berfungsi sebagai ceremonial sword.

12.Nagamaki

samurai jepang sukague.com

Pedang dengan panjang mata pedang dan gagang yang sama. Termasuk dalam katagori belati, Digunakan untuk serangan mendadak. Penggunaan pedang ini tidak seefisien Tanto. Tapi pedang ini memilki keindahan lebih.

13. Yari

samurai jepang sukague.com

Yari merupakan tipe tombak. Berbeda dengan naginata, mata tombak dibuat lurus. Bentuk Lurus ini efektif digunakan menusuk musuh yang datang dari depan. Biasanya dipakai pria untuk mengahadang laju pasukan musuh. Senjata ini diapakai Oleh Madarame Ikaku dalam serial manga Bleach.Nah indah bukan, pedang samurai merupakan pedang dengan keindahan yang tinggi. Dibuat dengan tidak sembarangan. Ketajaman dipadukan dengan keindahan. Sungguh pedang ini nampak elegan



sumber :

http://enenarifandy.blogspot.com/2012/09/jenis-jenis-pedang-di-jepang-jepang.html
http://www.sukague.com/2013/02/jenis-jenis-pedang-samurai-jepang.html

loading...

24 Comments

  1. Kata kakakku katana sangat tajam cuma meletakkan sehelai rambut ringan diatasnya bisa putus sendiri rambutnya. Cara memperbesar ukuran ngeprint file pdf gimana gan? soalnya jika langsung diprint pola papercraftnya agak kecil jadi kurang mantab

  2. @Huda Gamu
    prnah liat juga video di youtube wktu uji coba membandingkan ketajaman katana dan pedang eropa.pedang eropa trnyata jika digunakan menebas lngsung meremukkan tulang,sedangkan katana merobek sampai bagian dalam tubuh lawannya.Prnah juga dg balok es yg tebal,katana trnyata bsa membelahnya jdi 2 bagian,pedang eropa tak bisa membelahnya,cuma merusak bentuknya saja.Klo ngeprint pdf supaya bsa besar lewat menu file > print >properties >pilih setting ukuran kertasnya yg agak besar

  3. Filenya langsung ku klik ganda (adobe reader). setelah coba2 aku udah nemu cara lain buka filenya pakai adobe photoshop lalu file>print with preview lalu pd scale angka 100% diubah ditambah (utk Kitt maksimal 113% sedangkan mobil biru dan merah 111% udah mepet dikertas)

  4. Semula kupikir jg perlu diekstrak biar bisa di copas di MS Word tapi kelemahannya sulit menyamakan ukurannya sebab harus sama antara ukuran gbr page 1 dg page 2 dan 3. Kalau cuma 1 halaman gak masalah tapi ini 3 halaman ukurannya harus sama padahal memperbesar di ms word cuma kira2 aja pakai mouse. eh, kok gak denger Hunter x hunter lg nih sebelumnya KR Black tapi gak enak musiknya terlalu menghentak hehe…

  5. @Huda Gamu
    iya juga sih,klo di ekstrak agak susah ngepasin semua ukurannya.Eh,lagu Hunter x hunter ya,sementara tak ilangin dulu gan..sbnernya aku masih punya bnyk stok lagu buat theme song blog ini,maunya tak gonta ganti,nyari mana aja yg cocok gtu..Klo yg mnghentak-hentak itu cuma tak pasang 2 hari aja,soalnya juga kurasa kurang pas,pdhl itu musik backgroundnya KR Black lho,tpi emg kurang cocok dipsng kyknya.

  6. Nuansa kemerdekaan sekaligus bln kemenangan setelah Ramadhan kayaknya perlu ganti musik yg bisa menumbuhkan semangat. Blogku sementara masih pakai musik background seijuu sentai Gingaman hasil ngedit, rencana malah mau kuganti backgroundnya KR Black long long ago 21 versi yg agak semangat. Ending kr black diblogmu yg dulu itu rasanya malah bikin sedih hik.hik.blm bisa posting baru ttg Cerita adventure karena banyak yg lupa udah lama saat ini cuma ingat dikit ttg perjalanan menegangkan menyusuri sebuah goa. Kalau ada postingkan anime jadul Indosiar yg dulu tayangnya blm tamat ttg pedang kayu judulnya udah lupa nih hehe..

  7. @Huda Gamu
    ini lagunya kuganti lagi gan.Blognya agan mau banyak di isi cerita adventure ya? Sdh kubaca,Posting awalnya tentang kapal misterius di dekat pantai itu kan..Oiya anime ttg pedang kayu,judulnya apa ya..bingung klo gak tau judulnya.Nyoba nebak deh,Yaiba apa bukan?

  8. Maunya sih macem2 cuma biar tampil beda aja dulu sambil liat2 blog lain, rata2 blognya cewek isinya ttg puisi dan catatan harian seputar perasaan agak males jd kalau masalah perasaan batiniah lebih suka blog ttg Islami bisa langsung jelas mengatasi problema sehari2. He he.. posting awal ttg acara kemah yg kacau gan, semua yg kutulis merupakan kisah nyata bukan fiktif belaka sebagian kuambil dari pengalaman2 kakak dan teman2 sesama petualang untuk membuka mata dan pikiran bahwa ada peristiwa nyata yg mungkin dianggap tidak lazim mengada-ada spt cerita dlm film2 aja. tujuannya mengajak agar bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian yg dialami sehari2. Judulnya bukan Yaiba gan, setelah search ketemu "Fuma no Kojiro". Ternyata versi orang asli jg ada.

  9. @Huda Gamu
    iya sih,blognya cewek tuh kebanyakan isinya curahan hati semua.Jadinya Mungkin pengen dibuat eksklusif kali ya hehe..biasanya juga full color,meriah gtu tampilannya,sampe bingung aku klo baca postingnya..
    Cerita petualangan di blog agan dibanyakin aja,bsa untuk berbagi pengetahuan pda teman2/pengunjung blog lainnya.Ouw,judul animenya "Fuma no Kojiro" toh,udah lupa pernah liat ni anime apa blm,tak cba cariin dulu gan

  10. Iya gan lg mengingat ingat cerita pengalaman dulu, salah satunya kejadian heboh liat UFO di obyek wisata Dieng mungkin nanti banyak yg menganggapnya cerita bohongan tp itu nyata dan banyak saksinya waktu itu. Lagi mau buat papercraft dulu gan tadi udah diprint papercraftnya pakai kertas foto

  11. @Huda Gamu
    sampai sekarang aku masih heran gan soal fenomena misterius spt UFO itu.Pas wktu jam 2 pagi prnah juga kulihat benda aneh dilangit,bentuknya tdk spt pesawat dan brgerak cepat.Tapi belum bisa kupastikan itu UFO atau bukan,soalnya wktu itu kondisi masih gelap.Oiya,ntar papercraftnya klo sdh jdi di share aja di blog ya gan..

  12. Kalo menurutku asal UFO itu ada 2 jenis: UFO buatan ilmuwan bangsa Jin dan UFO buatan ilmuwan manusia. karena baik Jin maupun manusia diberi akal utk memilih beriman atau ingkar kpd tuhan shg kelak diakhirat misal neraka diisi manusia dan jin yg ingkar. Karakter jin hampir sama spt manusia: senang sedih pandai bodoh bedanya cuma wujud dan alamnya. UFO buatan ilmuwan manusia kemungkinannya besar ingat sejarah ttg peradaban maju yg lenyap, sejarah pembakaran perpustakaan terbesar mesopotamia oleh pasukan romawi kuno krn sains dianggap spt sihir mungkin karena terlampau canggih dizaman itu shg penemuan hebat malah dianggap sihir misalnya lampu dan batery ternyata udah ditemukan jauh sebelum Thomas Alfa Edison menemukan lampu. Andai saja dahulu kala tidak terjadi perang atau bencana ini semua gara2 penduduk suatu negeri tidak beriman shg dihancurkan cuma sedikit yg masih tersisa dan dirahasiakan arsipnya. Papercraftnya ntar tak coba rangkai dulu gan kupilih mobil biru nih karena gambar kap depannya keren ada logo burung elang sedangkan mobil KITT cuma polos hitam. Kayaknya bisa utk tema khusus blog cerita hobi dan petualangan nih. Kalo nanti hasilnya bagus buat jg ya gan!!

  13. @Huda Gamu
    pantesan,dari dulu aku bingung soal UFO ini,klo dalam agama islam emg dijelaskan ada kehidupan lain diluar bumi,jdi mungkin saja ada planet lain yang memiliki sumber kehidupan,kalupun itu jin brarti keberadaan UFO bisa makin meyakinkan orang2 bahwa makhluk gaib itu benar2 ada.Klo gak salah di ANTV dulu pernah ada acara interview dengan alien,entah itu yg asli/nggak aku kurang tau juga.Fenomena crop circle menurut agan itu buatan manusia/jin? soalnya kalau dilihat2 polanya sangat rumit dan tdk mungkin dibuat cepat dalam waktu sebentar (pas malem2 orang2 pada tidur).Percobaan membuat crop cirle yg dilakukan beberapa orang hasilnya tidak halus/sempurna dan polanya cuma sederhana,beda banget sama crop cirle yg ditemukan di beberapa tempat yang bentuknya aneh dan rumit.Papercraftnya tak tunggu deh,penasaran jadinya kayak gmna hehe… mungkin jika sempat aku mau ikutan buat juga

  14. Weh-weh kebetulan ada salahsatu temen kakak yg bisa dipercaya rumahnya dekat dg lokasi crop circle di daerah Sleman Yk yg dulu heboh masuk berita (kakakku jg py foto langsungnya diHp dulu tp entah filenya masih atau hilang rusak aku gak tahu karena kira2 setahun kemudian hpnya rusak tenggelam disungai pas mancing). Dia mengaku malemnya mendengar suara mesin menderu di area persawahan samping bukit dipastikan itu bukan buatan langsung tangan manusia(benar2 pakai mesin pesawat) tapi penjelasannya di media massa diragukan krn cuma dia sendiri saksinya sedangkan orang lain tidak tahu maklum lokasinya jauh dari pemukiman. Kalau makhluk alien kurang tahu gan masuk kategori mana karena setahuku makhluk yg diberi akal kecerdasan cuma Jin dan manusia sedangkan makhluk lain tidak. Sedangkan setan mrpk bentuk sifat jahat yg bisa mempengaruhi manusia dan Jin agar bermaksiat membuat kerusakan utk diajak ke neraka kelak.

  15. @Huda Gamu
    wah klo saksi mata cuma 1 orang doang mungkin banyak orang yg gak percaya.Alien bsa jdi bentuk lain dari jin,soalnya jin punya kemampuan mengubah wujudnya menjadi bentuk2 lain,dan wujud aslinya blm ada yg tau

  16. Ini lama-lama komennya jadi OOT gak nyambung ketopik nih haha…biar pengunjung lain bisa sekalian ikut nyimak. Wujud asli memang tidak bisa diketahui manusia makanya kalo ada orang ngaku bisa liat Jin wujud asli 100% bohong, manusia cuma bisa liat wujud penyamaran Jin spt kuntilanak,pocong,tuyul. coba tebak apa makanan jin?

  17. @Huda Gamu
    udah terlanjur OOT gan,terusin aja haha.. Sebenarnya ada ciri2 fisik ttg bentuk tubuhnya yg pernah kubaca dlm sebuah buku islami yg membahas ttg jin,tpi itu mungkin juga penggambaran secara umum.makanan jin bukannya tulang ya? klo peliharaan jin makannya kotoran

  18. Haha.. daripada bau krn pelihara jin mending pelihara kucing yg setia ikut menemani ke masjid (meski awalnya ikut masuk & diusir takmir masjid akhirnya mau menunggu diluar hingga selesai sholat) dan kadang membangunkan tidur sekaligus bisa ngusir tikus.

  19. @Huda Gamu
    kucing itu bikin gemes,apalagi klo masih kecil..prnah aku waktu pulang sekolah jaman SMP dulu nemu kucing di pinggir jalan tempatku pulang jalan kaki ,kyknya sih gak ada yg punya.Karena kasihan kukasih makan aja sama ayam goreng yg kubeli di sekolah,habisnya kucingnya sendirian..tiap ada yg lewat didepannya dia mengeong terus,entah induknya kemana.Niatku cuma memberi makan doang,eh gak taunya waktu aku pergi,diikutin terus sampe rumah.Yaudah deh,kupustkan utk dipelihara aja.Sekarang udah gak ada gan,krn tak berikan keponakanku yg kecil,dia pengen bgt pelihara kucing tpi dilarang ortunya.Pas ortunya liat kucing kecil dirumahku ortunya lama2 jdi suka juga,akhirnya mereka deh yg merawatnya skrng

  20. Mungkin udah disapih jd induknya gak peduli lg. Menurutku pahala menolong kucing lebih besar dari pahala pelacur yg ngasih minum anjing sebab kita menolong kucing tak hanya minum tp jg kasih makan tiap hari sampai kenyang, bayangkan aja berapa pahala dari tiap sendok makanan yg dimakan kucing (makanan utk kucing lebih sulit dari makanan utk ayam shg pengorbanannya lebih bernilai spt harus merelakan sebagian dari lauk kesukaan kita utk kucing saat gak ada tulang). Biasanya orang ngasih nama hewan piaraan cuma sesukanya pdhal hewannya gak merespon ketika dipanggil berarti namanya tidak cocok. Kuberi nama kucingku Push Up dan langsung direspon kufoto pas tiduran gak disangka pas ada gbr kuda karena unik jd kupasang utk profilku hehe..

  21. @Huda Gamu
    bner juga,pengorbanan kasi makan kucing lebih besar daripada ayam..kucingku namanya Mow,singkatan dari Mowhawk,karena kupikir rambut di kepalanya sama spt style gaya rambut mowhawk,kayaknya kucingnya suka tuh,ngerespon jika Kupanggil mowhawk.Haha..asal usul foto profilnya dari situ toh,krn unik ya.Bagus juga sih,nama kucing agan juga bagus,Push Up

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*