Minim Tempat Parkir Mobil Ini Solusinya

loading...
Mobil Lipat Hemat Lahan Parkir

Di Kota-kota besar yang penduduknya padat terdapat banyak masalah yang membuat warganya merasa kurang nyaman,salah satunya di saat memarkir mobil.Ya,seperti kita tau..di area perkotaan lahan untuk parkir kini sudah terbatas,tidak cuma dialami negara kita saja melainkan negara maju pun kena imbas masalah sulitnya mencari lahan parkir ini.Sebagai solusinya sejumlah ilmuan dari Korea Selatan mencoba mengembangkan teknologi baru berupa mobil lipat.Wow..ternyata tak cuma sepeda yang bisa dilipat,mobilpun kini ikutan bisa dilipat yah haha..

Mobil ini dinamai Armadillo-T.Nama dan cara kerja mobil ini terinspirasi dari seekor hewan trenggiling / Armadillo.Tubuh hewan ini bisa dilipat ketika bertemu dengan predator yang akan memangsanya.Nah,cara kerja itu juga yang di terapkan pada mobil Armadillo-T ini.Desain mobil ini sangat mungil,cuma muat dua orang penunpang saja.Dalam kondisi normal panjang mobil ini mencapai 2,8 meter.Tapi jika sudah dillipat panjangnya menjadi hanya 1,6 meter saja.Memang bener-bener mini ukurannya ya.

Tak cuma itu saja,soal kecepatan mobil ini bisa dibilang bukan untuk kebut-kebutan karena kecepatan maksimalnya hanya 60 km/jam.Sebagai penggerak rodanya,sebuah motor listrik dimasukkan didalamnya.Bahan bakar mobil ini berupa Lithium 13,6 kWh, dengan lama pengisian hanya 10 menit. Jarak yang bisa ditempuh untuk sekali isi baterai berkisar 100 km. Armadillo memiliki total berat 450 kg, yang dipusatkan di depan sebagai penyeimbang.



Sebelumnya pernah juga dibuat mobil lipat oleh Institut Teknologi Massachusetts di USA yang diberi nama Hiriko Ev.Kelebihan mobil ini,selain bisa dilipat keempat rodanya pun bisa berputar dengan arah berbeda hingga memudahkan pengemudi saat memarkir mobil.Harganya sekitar Rp 143 juta.Penasaran dengan mobil ini,lihat saja Videonya DISINI

loading...

4 Comments

  1. @Wahyu Alfiansyah
    masih banyak kekurangannya soalnya,untuk diproduksi dlm jmlh besar maka terkendala soal harga jualnya.Mobil spt ini bsa jdi alternatif paling bgus bagi kota2 besar yg lahan parkirnya makin sempit

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*