Review Acara Ludruk Humor Kirun

loading...
Ludruk Humor Kirun

Apa sih Ludruk itu ?

Mungkin bagi kalian yang sama sekali belum pernah nonton acara itu pasti bingung kalau mendengar kata “Ludruk”.Okelah kalau masih bingung,akan saya coba jelaskan tentang Ludruk itu.Ludruk adalah kesenian drama tradisional dari Jawa Timur. Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.

Dialog/monolog dalam ludruk bersifat menghibur dan membuat penontonnya tertawa, menggunakan bahasa khas Surabaya, meski kadang-kadang ada bintang tamu dari daerah lain seperti Jombang, Malang, Madura, Madiun dengan logat yang berbeda. Bahasa lugas yang digunakan pada ludruk, membuat dia mudah diserap oleh kalangan nonintelek (tukang becak, peronda, sopir angkutan umum, dll.).

Ludruk berbeda dengan ketoprak dari Jawa Tengah. Cerita ketoprak sering diambil dari kisah zaman dulu (sejarah maupun dongeng), dan bersifat menyampaikan pesan tertentu. Sementara ludruk menceritakan cerita hidup sehari-hari (biasanya) kalangan wong cilik.

Nah,acara ludruk yang cukup terkenal di indonesia adalah Ludruk Humor Kirun yang dulu pernah ditayangkan di TV.Ceritanya sudah pasti menghibur,dan acaranya termasuk sering kutonton dulu waktu masih kecil tahun 90an (jaman dimana stasiun TV masih sering menayangkan acara berbau tradisi/kedaerahan).Untuk sekedar mengingat kembali,ini saya bagikan link downloadnya agar bisa kalian tonton kembali :

Download Link :
Versi Full Part [Download Here]


Selamat menonton ^_^

loading...
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*