Cara Membuat Helm Tokusatsu Sendiri

loading...
Helm Tokusatsu

Sebagai penggemar Tokusatsu,pastinya akan senang jika melihat kostum jagoan kesukaannya,apalagi kalau bisa punya kostumnya sendiri.Saat ini ada perusahaan yang menyediakan pernak-pernik tokusatsu sampai kostum dan helmnya juga disediakan.Untuk mereka yang punya budget lebih,tak akan jadi masalah kalau mau membeli kostum tokusatsu yang dijual itu.Tapi,bagi yang budgetnya minim gimana dong? Tenang gan,jangan kuatir dulu karena sebenarnya masih ada cara lain untuk memiliki kostum tokusatsu tersebut,yaitu dengan membuatnya sendiri.Waduh,berarti bahan-bahannya harus beli,mahal dong ? Nggak juga kok,karena untuk bahan-bahan yang diperlukan kita bisa menggunakan bahan yang ada disekitar kita.Dengan bahan-bahan yang akan kita pergunakan dapat dihasilkan kostum kamen rider dan tokusatsu lain yang tidak kalah keren dengan aslinya.Nah,kali ini akan saya jelaskan untuk pembuatan helmnya dulu.Siapkan dulu bahan yang akan digunakan untuk membuatnya.
Bahan-bahan : 

Helm kecil 3 buah (wajib ada)

Kertas koran

Kertas karton kilap

Mika cembung (mika kemasan)

Kain kassa / streaming (untuk sulam)

Kulit imitasi

Kancing jepret

Kawat/lidi

Busa hati 2 – 4 ml

Lem kayu warna putih

Lem aibon

Gunting / cutter

Kuas

Pensil

Cat / pilox warna

Air


Setelah semua bahan tersedia, kita tinggal membuat atau mencetak helm kertas terlebih dahulu. Adapun langkah–langkah dalam membuat helm kamen rider adalah :

Credit : Amin Rider

1.Pencetakan helm kertas

Dalam proses pencetakan helm kertas, kita membutuhkan 3 buah helm kecil. Langkah selanjutnya yaitu memotong kertas koran dengan ukuran 4 X 10 cm sebanyak mungkin. Setelah potongan kertas sudah siap,kita tinggal menempelkan pada helm kecil dengan menggunakan campuran lem kayu dan air. Dalam menempelkan kertas pada helm kita mempergunakan kuas halus agar hasilnya tidak berkerut. Kertas koran harus kita tempelkan pada seluruh permukaan helm dan jika sudah rata,kita ulangi lagi melapisi kertas yang tadi sampai 6 lapis kertas. Waktu yang dibutuhkan untuk melapis helm kira-kira 1 jam untuk 1 helm kecil. Setelah semua helm terlapisi dengan koran,kita tinggal menjemurnya seharian. Setelah koran pada helm benar-benar kering,dengan mudah kita bisa mencabutnya dari helm tersebut.

2.Pembuatan motif dan pemotongan

Setelah helm kertas sudah tercabut dari cetakan (helm plastic kecil), maka tahap selanjutnya adalah membuat motif. Untuk membuat motif kita harus punya gambar detail dari helmet tokoh kamen rider yang akan kita buat. Setelah motif atau pola tergambar pada helm kertas,tahap selanjutnya kita tinggal potong motif tersebut dengan gunting atau cutter.

3.Penggabungan helm

Setelah semua pola terbentuk dan dipotang,tahap selanjutnya yaitu penggabungan antara potongan-potongan pola tersebut. Untuk menggabungkan kita harus hati-hati agar hasilnya bisa sempurna. Dalam penggabungan potongan ini kita mempergunakan lem aibon.

4.Pengecatan

Setelah proses penggabungan selesai, tahap selanjutnya tinggal pengecatan helm kertas. Tapi alangkah baiknya biar hasilnya maksimal kita dapat menhgaluskan kerutan2 yang ada pada helm kertas dengan kertas gosok halus. Setelah itu kita dempul dengan menggunakan lem kayu. Setelah polesan lem kayu merata kita dapat menjemurnya sampai kering. Dalam pengecatan kita bisa menggunakan pilox atau cat semprot kompresor. Sebelum kita menyemprotkan warna asli,terlebih dahulu kita semprotkan cat putih sebagai dasarnya. Ini dilakukan agar tulisan atau gambar pada koran bisa hilang. Setelah warna dasar sudah rata pada seluruh permukaan helm, baru kita mengecat warna sesuai dengan tokoh yang kita inginkan. Setelah dicat lalu jemur sampai cat mengering.

5.Pembuatan mata

Sembari menunggu cat pada helm kertas mengering kita bisa melakukan pembuatan mata. Kita potong plastic mika cembung ( mika kemasan makanan ) dengan bentuk lingkaran sesuai dengan pola mata kamen rider. Setelah mika sudah terbentuk,kita tinggal memotong kain kassa dengan bentuk lingkaran. Kain kasaa tersebut lalu kita cat sesuai dengan warna mata yang kita inginkan. Setalah cat pada kain kassa kering,kita tinggal menempelkan pada plastic mika yang sudah kita potong tadi.

6.Pembuatan antena

Untuk pembuatan antena kita membutuhkan spon tipis (busa Hati) dan kawat atau lidi ukuran 15 – 20 cm. Potong spon dengan ukuran 2 X 20 cm sebanyak 2 lembar. Lalu olesi permukaan spon dengan lem aibon. Pada bagian tengah spon kita beri kawat atau lidi lalu kita lipat. Setelah spon terisi dengan kawat,kita tinggal memotongnya sesuai dengan ukuran antenna pada helmet rider. Tahap selanjutnya adalah mengecat antena tersebut.

7.Membuat mulut / masker

Untuk membuat mulut / masker pada helm kamen rider, kita bisa membuat polanya dengan menggambar terlebih dahulu. Kita cermati detail dari gambar masker pada helm kamen rider yang asli. Setelah itu kita membuat pola diatas kertas karton kilap,langkah berikutnya tinggal memotong dan menempelkan pola tersebut. Setelah masker sudah terbentuk tinggal kita cat.

8.Finishing

Tahap terakhir adalah finishing helm kamen rider. Tahap finishing ini sangat mudah,kita tinggal menempelkan aksesoris pada helm kamen rider seperti antena,mata dan masker.

Untuk antena dan mata kita bisa menempelkan dengan lem kastol. Ingat untuk mata kita menempelkan dari bagian dalam helm. Sedangkan untuk masker,kita menggunakan kancing jepret. Seperti halnya pada helm kamen rider the first yang bisa dengan mudahnya memasang dan melepas kembali masker.

Seberapa mirip dengan helm Tokusatsu aslinya,itu tergantung dari kreatifitas kita..semakin detail maka akan semakin bagus.Kalau sudah jadi hasilnya akan seperti ini :

Untuk yang ini,hasil buatan saya sendiri,baru ada 2 helm :
 
sumber : http://www.gamexeon.com/forum/cosplay/60188-all-tokusatsu-cosplay-photos-making-tutorial.html

loading...

69 Comments

  1. Tampilkan foto helm yg udah agan buat dong! penasaran nih cuma nebak apakah model helm KR Kabuto, karena Rider favorit? kayaknya rumit aksesorisnya. Kakakku dulu buat pedang dari kayu dan banyak yg tertarik saat kubawa main, model pedang Raja Abad yg dipakai Shadowmoon keren tapi sulit membuat hiasan ukiran dipegangan tangannya. Kalau pedang Matahari (Ribolcane) kayaknya membuatnya lebih sulit dan mahal (pakai lampu yg sinarnya bisa memanjang mungkin pakai lampu LED dlm sejenis mika transparan yg kuat gak tahu nama bahannya)

  2. @Hanagi
    hehe..bukan KR Kabuto gan,yang bener KR Black sama KR OOO.Buatnya nggak langsung 2 sekaligus,yg prtama buat KR Black dulu..kira-kira sebulan kemudian tak lanjutin buat Helmnya KR OOO.KR Kabuto sebenernya juga udh di buat cuma gak selesai,dan sekarang lupa kutaruh dimana

  3. Wow keren gan Blacknya kritik: cuma bagian masker terlihat terlalu lurus panjang kebawah kurang melengkung, usul selanjutnya buat posting cara membuat lightsaber gan spt pedangnya RX, Jedi Star wars.

  4. cuman guyon haha fourze kepalanya kan aneh gitu pusing bikinnya, ane liat punya kamu yg ooo black keren gitu jadi pesimis bikinnya 😐
    mau bikin gaimu gan huahahahaha ! liat coba bentukannya gaimu, udah di konfirmasi lho. kaget ane liatnya :p

  5. @pablo
    sama gan,ane kaget juga.Apalagi pakai tema rider buah (fruit).Wah..pupus sdh harapanku melihat perpaduan showa dan heisei.Kostumnya KR Gaimu ribet gan :p

  6. 1 lagi nih gan cara membentuk dagu nya gmn kk? soalx saya mau buat KR W (double) kan dagunya agak lurus kebawah tuh, mohon di jawab kk
    ama boleh minta nm Facebook gk? biar lbh enak buat nanya hehe

  7. @imamul
    yg diolesi lem helmnya,perbandingan lem sama air (2:1) yg penting supaya lem jdi lebih cair lgi sehingga koran yg ditempel lebih rapi hasilnya.pke lem fox jga bsa,tpi lebih disarankan dg lem kayu supaya melekat kuat.klo pakai karpet,teksturnya ntar jdi kasar kurang bagus hasilnya.untuk mslh bentuk dagu,itu trgantung cetakannya..cari aja yg cetakannya mirip dg bntuk kepalanya termasuk bagian dagu

  8. @imamul
    pke kertas buku juga gpp,usahakan yg agak tebal.. klo buat ukiran sayap spt KR OOO itu cara buatnya dobel gan,yg pertama buat cetakan untuk bntuk kepala yg satunya lagi untuk sayap di bagian wajah,bsa dg membuat polanya dulu di kertas tebal,ntar ditempel jadi satu,bagian

  9. @imamul
    klo jadinya kurang lebih spt helm KR Black diatas.. dulu pernah buat helm kamen rider kyk gtu sampai jdi,tpi udh pda di minta temen gan.. yg ada di rumah skrg tinggal yg setengah jdi aja

    hmm,sy dulu buatnya langsung pke cetakan tuh,prosesnya emang lama,tpi hasilnya lumayan.cara lain blm tau gan untuk membentuk dagunya

  10. @patrick gilbert
    di kasih lem gan,bagian pinggirnya sesuaikan dengan letak helmnya biar jadinya pas.Klo buat tanduk gattack,hrus buat polanya dulu,pakai kertas karton.Trus dibentuk dan dipotong seperti polanya

  11. @apinz 97
    klo helm itu sekitar 200 rb-an harganya gan,tergantung dari kerumitan detailnya sama lama pengerjaan jg sih.Belinya biasa di forum2 Tokusatsu Lover,ada yg jual helm2 itu.Di Kaskus kyknya ada jg,tapi coba di cek aja dulu.Klo bahan helmnya pakai bola sepak bisa jg,tapi teksturnya kurang kuat gan,nanti agak beda hasilnya klo sdh jadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*