16 Makanan Jaman SD Dulu

loading...
Makanan Jaman SD

Nostalgia bentar yuk gan!! Kita sejenak kembali mengingat tahun 90an..Di tahun itu,tepatnya aku masih SD banyak sekali makanan yang dijajakan disekolah.Kalo didaerahku,ada pembagian lokasi sendiri,untuk jajanan seperti Snack yang jual ada di kantin,sedangkan diluar gerbang sekolah aneka makanan yang ada itu sejenis gorengan,es dan sejenisnya (selain snack).Nah,dulu aku lebih sering beli di luar gerbang sekolah itu,lebih enak rasanya..apalagi ada makanan tradisional juga,semua olahan tangan.Harganya yang murah membuat banyak anak-anak suka membelinya.Sebenarnya ada kebiasaan unik waktu itu,yaitu membawa bekal makanan dari rumah (dimasukin kotak makanan),biasanya dilengkapi bawa botol minuman juga.Tapi di kelasku banyak yang enggan bawa makanan sendiri dari rumah.Aku juga sama,lebih suka jajan aja soalnya waktu kelas 1-2 SD jadwal pelajaran cuma sampai jam 10 pagi,trus habis itu pulang.Jam segitu kebanyakan anak-anak (termasuk aku) belum pada laper,ntar kalo jam 12-an gitu baru deh mulai laper.Mendingan jajan,buat ngisi perut sementara.Karena itu percuma aja bawa bekal,nanti juga gak dimakan,paling-paling nyampe rumah baru dimakan.Di SD ku,jajanan makanan/minuman yang ada kurang lebih seperti ini :  
Es Cendol
Es favoritku nih,seger seger..tiap hari ada disekolah,biasanya ada di sekolah sampai jam 10an,habis itu tukang es-nya pindah ke SD lainnya.Kadang-kadang juga gak jualan disekolahku.
Agar-agar
Kalo agar-agar ini kubeli karena pengen dapet mainan.Habis beli agar-agar boleh menembak sasaran di keranjangnya abang-abang yang jualan ini,kalo kena target dapet hadiah
Sate
Sate yang dijual di SD ku beda dengan yang ada diwarung-warung itu.Yang jual masih pake gendongan ditaruh diatas kepala.Harganya dulu 1000 rupiah,pas banget dimakan kalo habis capek main bola di halaman sekolah
Nasi Liwet/Sego Liwet
Nasi Liwet ni baru ada yang jualan waktu aku kelas 4 SD,nasinya gurih ditambah sayur sambel goreng sama yang warnanya putih-putih itu (lupa namanya),dikasih secuil daging ayam.Habis makan ini pasti cari abang-abang yang jualan Es,mau beli es cendol
Arum Manis
Yang ini jarang tak beli,kelihatannya bentuknya gede,pas diemut jadi gula lumer semua.Ada 2 warna yang disediakan,pink sama putih.Mesin untuk membuatnya khas banget,mesti diputer-puter gulanya dulu biar jadi arum manis
Telur Dadar

300 rupiah dah cukup buat beli satu telur dadar ini.Karena cetakannya bulet kecil gitu,banyak anak yang tertarik membeli telur dadarnya.Telurnya juga telur puyuh yang dipake,sesuai cetakannya yang kecil.Dibolak-balik 5 menit udah mateng.Hmm,,jadi laper
Cabuk Rambak
Woow ini nih favoritku no 1,cabuk rambak..Hampir sama seperti sate,yang ini ada lontongnya juga ditambah bumbu dan sambal khas terbuat dari kelapa.Eits,jangan lupa satu lagi..Rambaknya hehe..Gara-gara keseringan beli,sampe yang jual kenal aku,kadang-kadang dikasih gratisan..hihi (Matur Nuwun Mbok)
Es Kucir
Es Kucir ada 2 jenis disekolahku,Yang pertama isinya es sama air teh doang.Satunya lagi isinya kacang ijo/kacang hijau.Sruut Srupuut..ah enak.Dulu kalo uang mau habis gara-gara beli mainan,sisa uangnya pasti buat belinya pasi es ini
Es Potong/Es Goreng
Pertama kali tau namanya jadi agak heran,Es goreng ? Pakai minyak dong ? Eh setelah tau ternyata maksudnya digoreng itu dimasukin dalam cairan cokelat buat lapisan luarnya.Kayaknya sih aku agak jarang beli jajanan ini
Gulali
Lembek-lembek manis,gitulah rasanya.Dibakar dulu cara membuatnya,pas udah panas dimasukin dalam cetakan,yang bikin tambah suka cetakannya macem-macem.Ada bentuk hewan/tumbuhan sama kendaraan.Ntar dalam cetakan dipompa pake alat khusus jadi bisa menggelembung bentuknya
Bakso Ojek
Namanya bakso ojek,tapi anehnya di SD ku abang/ibu-ibu yang dagang naiknya sepeda ontel.Bakso Ontel ya harusnya nyebutnya hehe..Beli 1000 dapet banyak banget baksonya,dicampuri dengan bawang goreng tambah enak rasanya.Bakso Ojek Yang paling terkenal di SD ku namanya Bakso Ojek Pak Jenggot..
Rambut Nenek
Serem amat ya namanya..Habis mau disebut apa lagi,bentuknya paling mirip sama rambut.Cara makannya biasanya ditaburi bubuk putih (apa ya namanya,lupa hehe..).Harganya super murah,kelas 1 SD aku beli ini cuma 50 rupiah
Roti Bakar
Roti bakar ini enak bangeeet.Dibagian dalamnya dikasih selai,ada strawberry,nanas dan coklat.Bisa dicampur juga,jadi kombinasi rasa.Salah satu jajanan yang bikin perutku kenyang.Beli 2 potong udah cukup buat ngisi perut.Harganya cuma 500 rupiah.
Cemilan Lidi 
Makanan ini mau beli berapapun gak bisa buat kenyang,yang ada kepedesan kalo makan yang bumbu pedasnya kebanyakan.Tapi entah kenapa beli 1 jadi nagih pengen beli terus,satunya cuma 100 rupiah.Makanya dulu kalo beli pasti banyak
Nasi Bandeng/Sego Bandeng/Sego Kucing
Makanan Favoritku no 2 disekolah,biarpun sambelnya pedes buanget sama bandengnya cuma secuil tapi enak lho..sehat dan bergizi.Dulu kira-kira harganya 300 rupiah.Biasanya aku belinya sama nasi goreng bungkus yang ada telur dadarnya itu.
Lekker
Nah,yang terakhir adalah Kue Lekker.Dagang makanan ini paling gak laris disekolahku dulu,entah kenapa banyak anak-anak yang kurang tertarik sama jajanan ini.Oiya aku pernah lupa bayar pas beli ini hehehe..Waktu itu agak banyak pembelinya.Yang jual juga lupa nagih bayarannya sih..Jadi sama-sama lupa

loading...
loading...

4 Comments

  1. @Novianto Eka
    klo disekolahku SD dulu masih boleh gan,justru setelah aku masuk SMP mulai ada aturan kyak gtu,penyebabnya gara2 anak2 pda jajan diluar kantin didalam sekolah kurang laris.Selain itu,anak2 yg keluar banyak yg colut/kabur dri sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*