Review Tentang Wiro Sableng (Pendekar 212)

loading...
Masih Inget Dengan Film Wiro Sableng ? Dulu film ini populer banget,dan ditayangkan tiap hari minggu (kalo nggak salah) di RCTI  dan selalu kutonton episodenya.Wiro Sableng atau biasa dipanggil pendekar 212 ini sebenarnya merupakan tokoh fiksi buatan Bastian Tito.Wiro Sableng terlahir dengan nama kecil Wira Saksana dan setelah dewasa,ia menjadi seorang pendekar dan memiliki seorang guru bernama Sinto Gendheng yang sakti dan memiliki banyak ilmu tenaga dalam.Lewat gurunya ini,Wiro banyak diajari bermacam-macam jurus sakti untuk membasmi kejahatan.Wiro Sableng dibekali senjata berupa kapak naga geni 212.


Jika kita cermati Karakter wiro sableng ini mengalami perubahan dalam proses pendewasaan.Kalau kita lihat diepisode-episode awal,si wiro ini masih kelihatan sablengnya,suka ceriwis dan kadang sering menyakiti hati orang lain,meskipun wiro sendiri kadang tak merasa menyakiti orang itu.Wiro termasuk pendekar yang banyak disukai para gadis-gadis,tapi dia bukan tipe pengobral cinta.Itu yang menjadi kelebihan wiro sableng dibanding pendekar lainnya.Saat episode “wasiat iblis”,adalah kali pertamanya wiro berubah menjadi lebih bijaksana,baik dari tingkah laku maupun pola berpikirnya.


Dari awal episode sampai akhir,untuk urusan cinta wiro termasuk yang nggak ribet dan tipe orang yang setia.Hanya 2 gadis saja yang pernah mendengar ucapan cinta dari wiro.Mereka itu adalah bunga dan bidadari angin timur.Kepada bunga,ia sangat baik dan bahkan bungapun simpatik dengan wiro,tapi sayang karena suatu hal,hubungan mereka harus kandas ditengah jalan.Setelah gagal menjalin kasih dengan bunga,wiro sempat menyatakan perasaannya pada bidadari angin timur.Sebenarnya ada satu lagi wanita yang disukai wiro,tapi saat itu wiro mengurungkan niatnya mengatakan cinta pada gadis ini,karena gadis ini lebih memilih pria lain dibanding wiro.Maka wiro merelakan gadis ini bersama orang lain,demi kebahagiaannya.

Nah,udah bahas tentang pribadi dan kisah hidupnya wiro,sekarang giliran senjata dan jurus maut yang dibahas.Ok,dimulai dari senjata dulu.Seperti yang sudah disebutkan tadi,nama senjata wiro adalah kapak naga geni 212.Apa kira-kira kelebihannya ? Cukup saktikah senjata ini ? Jawabnya,sudah pasti iya dong..Kalau nggak sakti mana mungkin wiro jadi pendekar hebat seperti yang kita lihat ini.Kapak naga geni 212 ini,bentuknya besar,bermata dua,gagangnya serupa dengan seruling dan bagian ujung,berbentuk kepala naga

Di seri pertama Wiro Sableng : “Empat Berewok dari Goa Sanggreng”, dikatakan bahwa kapak ini terbuat dari logam dan gading. Mulut ukiran naga dapat menembakkan jarum-jarum beracun, dengan jalan menekan tombol rahasia pada kapak. “Seruling” di gagang kapak dapat ditiup dan mengeluarkan suara yang sangat dahsyat. Beberapa musuh WIro Sableng yang tidak dapat dibunuh dengan kesaktiannya yang lain, dapat dikalahkan atau dibunuh dengan bunyi seruling ini, misalnya : Dewi Siluman dari Bukit Tunggul pada episode Dewi Siluman dari Bukit Tunggul, atau nenek Arashi pada episode Pendekar Gunung Fuji. Kapak ini baru dapat digunakan dengan mengerahkan tenaga dalam. Tebasannya terlihat seperti sinar putih dan mengeluarkan bunyi seperti dengungan ratusan tawon. Kapak ini juga mengandung racun mematikan. Pada episode Tiga Setan Darah dan Cambuk Api Angin, di akhir episode, pemegang Cambuk Api Angin terbunuh oleh racun ini, setelah tangannya putus ditebas Kapak Maut Naga Geni 212.

Kesaktian wiro ditunjang oleh jurus yang kuat dan sangat banyak.Beberapa diantaranya menjadi jurus andalan untuk melawan musuh.Berikut ini jurus-jurusnya :
1. Pukulan harimau dewa
2. Pukulan matahari
3. Pukulan angin es
4. Pukulan angin puyuh
5. Pukulan dewa topan menggusur gunung
6. Pukulan kunyuk melempar buah
7. Ilmu silat orang gila
8. Ilmu meraga sukma
9. Pukulan tameng sakti menerpa hujan

Film ini dibintangi oleh 3 orang berbeda yang memerankan tokoh wiro sableng,mereka itu adalah Tony Hidayat ,Ken Ken,dan Abhie Cancer.Tapi kelihatannya cuma Ken Ken yang paling banyak mendapat apresiasi dari penonton.Mungkin aktingnya paling pas untuk orang sableng seperti wiro.Dibalik bagusnya serial ini,ternyata ada hal yang memilukan juga,karena usut punya usut cerita wiro sableng ini tidak sampai diselesaikan karena penulisnya,Bastian Tito meninggal di tahun 2006.Jadi belum sempat terungkap sosok wiro sableng yang seutuhnya. 

Download Film Wiro Sableng

loading...

10 Comments

  1. animo masyarakat sih sebenernya tergantung film yg disajikan.. Waktu dulu Sampai sekarang pemeran tokoh wiro sableng punya penggemar masing2.. Tapi yg terbaik cuma TONY HIDAYAT.. Akting tertawa gilanya pas..

  2. @Presiden hari kiamat
    wah mungkin beda2 gan persepsinya,ada yg bilang bagusan ken ken,nah klo agan suka Tony hidayat.Sebenarnya terserah selera masing2 aja sih.Klo saya suka dua2nya.Mungkin pndapat agan ada benernya,ken ken lebih cocok klo disinetron

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*