Makna Lagu Kamen Rider Black (Long Long Ago 20th Century)

loading...


Masih ingat dengan lagu penutup Kamen Rider Black yang judulnya Long Long Ago 20th Century ? Lagu ini merupakan lagu tokusatsu yang masih sering saya dengarkan di komputer.Kenapa sering ? Ya karena lagunya ngena banget dihati,sedih yang akan terasa setelah mendengarnya,tapi entah kenapa jadi makin suka dengan lagu itu.Awalnya saya juga tidak tahu apa sebenarnya maksud lagu ini,yang jelas cuma rasanya saja,begitu mengharukan.Berangkat dari rasa penasaran dengan arti lagunya,maka kucoba untuk mentranslatenya ke bahasa indonesia supaya mudah dimengerti maknanya.Dan,setelah beberapa kali mencoba menyatukan arti kalimatnya baris demi baris di liriknya,akhirnya berhasil juga..dan seperti inilah jadinya :


Lirik Aslinya :
Midori nasu daichi Shiki ori ori no hana
Shiroi sunahama to karen na sakura-kai
Mada hito no mune ni nukumori ga atte
Mada umi no iro ga kobaruto no jidai
Furuki yoki toki
Long Long ago, 20th Century

Shizen no megumi ga hito to machi wo tsunagi
Shigeru gairoju to sobieru matenrou
Mada otoko-tachi ga jiyuu ni akogare
Mada onna-tachi wa yasashisa no jidai
Natsukashii toki
Long Long ago, 20th Century

Midori nasu daichi Shiki ori ori no hana
Shiroi sunahama to karen na sakura-kai

Yang ini terjemahannya :
Bumi yang hijau,musim penuh karunia dan bunga-bunga berdoa
Tepi pantai putih dan kerang sakura yang indah
Mereka membawa suka cita untuk hati kita semua
Itu adalah waktu ketika lautan masih biru
Hari berharga dari masa lalu
Lama sudah telah berlalu,abad ke 20

Karunia alam menghubungkan orang dan kota mereka
Pohon ditepi jalan dan gedung yang menjulang tinggi
Namun laki-laki merindukan kebebasan
Namun perempuan membutuhkan kelembutan
Hari berharga dari masa lalu
Lama sudah telah berlalu,abad ke 20

Bumi yang hijau,musim penuh karunia dan bunga-bunga berdoa
Tepi pantai putih dan kerang sakura yang indah

Nah,sekarang sudah tau kan ? Jadi tambah suka nggak dengan lagu ini..hehe
Mudah-mudahan dengan lagu ini bisa mengingatkan kembali masa-masa indah di waktu kecil dulu yang pernah kita lalui dan tak akan terulang kembali..


loading...

6 Comments

  1. Baru tahu nih , lagunya sangat menyentuh penuh makna. Bunga2 berdoa pas banget sesuai : “Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.” (QS: Israa’: 44).
    Hal ini jg menimbulkan semangat utk mewujudkan kembali dan melestarikan masa-masa indah di waktu kecil agar anak cucu masih bisa ikut menikmati spt: bisa main panjat pohon, bisa liat tanaman penuh bunga banyak kupu2, kumbang dan serangga lain yg mulai langka(misal samber lilin)

  2. @ Yuni
    betul sob,lagunya bisa menginspirasi kita semua untuk berbuat kebaikan dan terus berjuang menjaga kelestarian alam seperti tumbuhan dan hewan yg kini banyak spesiesnya menjadi langka karena ketidakpedulian banyak orang.Anak2 perlu banget diajari bagaimana mencintai alam,agar kelak menjadi penerus generasi yg baik dan hasilnya akan didapat dan indah terasa.Mereka akan bsa menikmati hal2 indah spt yg dlu prnah kita lewati

  3. Lagunya enak banget padahal cuma dimainkan pakai piano dan biola tanpa vokal spt musik instrumen diblogmu ini, perasaan jadi sedih terharu mengingat yg dulu tapi jika musiknya ditambah iringan genderang drum perasaan seketika berubah jadi semangat yg bergejolak dihati seperti kembali bangkit dari keterpurukan. Coba musiknya diganti yg ada drumnya pasti muncul perasaan semangat utk bangkit. Hebat banget ini lagu bisa berubah padahal bedanya cuma pada pemakaian iringan drum

  4. @ Hanagi
    Itu dia hebatnya sebuah lagu yg bnar2 bgus,mau di mainkan dg alat musik lainpun,hasilnya msih terdengar merdu.Biarpun diaransemen,didengar masih enak juga.Lagu yg kupasang di blog ini yg versi emotion,jdi kerasa banget sedih dan trharunya.Nanti deh,tak gnti yg ada drumnya jga.Klo skrng masih suka yg versi emotion ini.

  5. Sama gan aku jg masih suka cocok diputar malam hari pas sepi, oh iya nih tak kasih bocoran info pengganti KR Wizard namanya "Kamen Rider Gaimu" temanya martial art baru saja di daftarkan copyright dan trademarknya utk 2013 – 2014 sedangkan Ultraman terbaru namanya "Ultraman Ginga"

  6. @Hanagi
    iya gan,barusan liat infonya di jefusion juga ada.Jdi pengen liat serialnya.masih tetep keren atau nggak ya kira-kira kamen rider gaimu itu? kayaknya ada lagi nih,kamen rider break.menurut rumor dia adalah break dancing rider! klo ultraman Ginga keren kostumnya gan,kayaknya kuat tuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*