Era Showa Vs Heisei : Kamen Rider Black Dan RX Masih Yang Terbaik

loading...
Kamen Rider Black And RX Still The Best

Pernah liat Kamen Rider Black/Kamen Rider Black RX ? Kalau belum kalian harus nonton dulu,biar gak kecewa nanti.Lho,pasti banyak yang bingung kenapa saya bertanya seperti itu.Jadi begini,karena semua yang baca posting ini tidak semuanya pernah nonton serialnya,terutama yang lahirnya tahun 1996 an ke atas,yang kurang beruntung karena sama sekali tak mengenal Kamen Rider Black/Kamen Rider Black RX hehe..Jika ditanya,siapa kamen rider terbaik,jawabnya pasti salah satu rider era heisei.Kalau dipikir-pikir,ya wajarlah..toh,yang mereka kenal cuma era heisei.Nah,kalau menentukan kamen rider terbaik,kita juga harus mengikutsertakan semua rider,itu berarti yang terbaik di era showa juga masuk dalam hitungan.Banyak yang bilang semua rider era showa itu jadul,jadi nggak perlu di bandingkan dengan era heisei.Emang ada benernya juga sih,tapi nggak melulu seperti itu.Kenapa ? Nah,untuk menjawabnya,disini akan saya bahas secara lengkap.Pemilihan kamen rider terbaik menurutku harus dilihat dari berbagai sisi,nggak hanya kostum dan efek 3D saja.Ok,kita bahas sisi-sisi apa saja yang penting itu,silahkan disimak baik-baik…

Asap di kostum

Kalau Kamen Rider Black/Kamen Rider Black RX sedang bertarung,dan terkena serangan baik senjata tajam,tembakan,atau tebasan pedang/kena cakar monster pasti keluar asapnya.Dibuat seperti itu biar kelihatan kostumnya benar-benar panas,seolah-olah terbuat dari baja sungguhan

Ledakan Api

Jika dibandingkan,era showa punya ledakan yang jadi ciri khas yaitu api beneran,dulu kukira cara buat ledakannya pakai bom,hehe..entah kayak gitu/tidak (nggak tau juga prosesnya).Sedangkan di era heisei efek apinya sudah berganti menjadi 3D.Kalo saya,lebih suka api asli karena lebih realistis,tapi pakai efekpun tak masalah,hanya masalah selera saja.

Adegan Bertarung

Nah,ini yang bikin saya rada kecewa dengan rider era heisei.Sepertinya cerita lebih diutamakan dibanding bertarungnya.Lihat gambar diatas (klik gambar jika tidak kelihatan).Perhatikan timingnya.Di era showa,sekitar menit ke 4 sudah ada adegan pertarungan dan fightingnya berakhir di menit 11.Jadi lamanya bertarung sekitar 8 menit tergantung cerita diepisodenya,bisa juga sampai 10 menit

Sementara di era heisei durasi bertarungnya sangat singkat.Ambil contoh,Den-O.Lihat gambar diatas (klik gambar jika tidak kelihatan),waktu mulai bertarungnya di menit ke 17,dan berakhir di menit 18.Fightingnya cuma 1 menit doang ? Ini jurus rider yang terlalu kuat/musuhnya yang lemah ya.Fokus utama di era heisei adalah rider vs rider yang makan waktu bertarung sekitar 4-5 menit.Tiap kali rider vs monster,pasti si monster gampang kalah,jadi cepet banget fightingnya.Khusus untuk Den-O,aku kurang puas.Kelihatannya komposisinya nggak seimbang : bercanda 60%,cerita 30%,fighting 10%.


Di kamen rider heisei yang lain juga sama,saya nungguin kapan benar-benar ada fightingnya dan selalu baru menemukannya di menit 17 sampai menjelang akhir.Kira-kira cuma 4 menit.Lebih banyak adegan ngobrol dan merenungnya.Bandingkan dengan Kamen Rider Black/Kamen Rider Black RX tadi,butuh waktu 8-10 menit mengalahkan musuh.Monster yang gampang saja minimal butuh waktu 6 menit untuk dikalahkan.

Kostum

Masalah kostum,harus diakui untuk rider era heisei lebih bagus diliat dari bahan yang digunakan,tubuhnya ditempeli gadget canggih,ada yang jadinya bagus,ada yang absurd,dan ada juga yang berlebihan.Setelah aku nonton semua serinya,menurutku 3 besar yang paling keren itu  : 1.Kabuto,2.Faiz,3.Kiva.Kostum ke3 rider itu benar-benar keren,khusus untuk kabuto kelihatan paling gagah,ada miripnya dengan Kamen Rider Black RX juga,dan pernah saya bahas diposting sebelumnya dengan judul “review hal unik seputar kamen rider kabuto” silahkan dibaca sendiri

Henshin

Woow….itulah yang pertama terucap,saat melihat efek henshinnya rider era heisei,semuanya kereen abiss.Dilihat dari waktu berubah,era heisei lebih cepat dan singkat,cuma sedikit bergerak dan crling cling cling..udah kelar,jadi ke bentuk Rider.Biasanya nggak adu pukul dengan monster dulu,tapi langsung berubah begitu musuh nongol didepannya.


Sementara di Kamen Rider Black,lebih lama waktu untuk henshinnya.Tapi justru itu yang menjadi ciri khas,gerakannya itu lho..sampai-sampai dihafalin anak-anak yang dulu sering nonton.hahaha^^.Hen-Shin!!.Ada lagi,waktu ketemu musuh,Kotaro nggak langsung henshin,ada sekitar 1-2 menit,wujudnya masih manusia dan bertarung dengan monster,baru kalau dirasa harus berubah,Kotaropun segera Henshin 

Motor

Motor yang tipe racing seperti yang dipakai Kamen Rider W itu yang sekarang dibilang bagus.Klop dengan rider yang menaikinya.Karena jagoan yang gagah dan kuat juga harus punya motor yang keren dan kencang larinya,bisa untuk mengejar musuh yang kabur


Bedanya dengan era showa,motor Kamen Rider Black (BattleHopper) ini bisa bicara dan bergerak sendiri,tanpa remote tentunya karena motor buatan crisis ini hidup.Beberapa kali menyelamatkan Kotaro,bahkan di akhir serinya harus meledak di tebas Shadowmoon.Dan tidak seperti kendaraan lain di Kamen Rider W,BattleHopper gak pake remote,cukup dipanggil dia akan datang

Efek Benda/Monster 3D

Kalian coba perhatikan,efek 3D robot tiranosaurus diatas,masih belum sempurna,saat bergerak kelihatan seperti gambar,belum menyatu dengan efek lingkungan/latarnya.Di kamen rider Heisei yang lain juga sama,kebanyakan hasilnya seperti itu.Kalo menurut pendapatku,mungkin karena rider ini sifatnya serial dan episodenya banyak.Jadi kalau efek benda 3D nya dibuat bagus dan detail seperti Transformer pasti butuh waktu yang lama,sementara TOEI juga punya schedule/jadwal sendiri untuk lamanya pembuatan dan kapan mulai ditayangkan,jadi bisa dimalumi hal seperti itu.

Aktor Pemeran Utama

Masih inget suaranya si Kotaro ini ? kira-kira apa bedanya dengan aktor di era heisei? kalau masih belum sadar juga,dengarkan saja adegan waktu Kotaro marah dengan monster dihadapannya dan akan melakukan henshin,pasti kedengaran garang..ada suara serak-serak ala jepang yang kelihatan laki banget.Pas,dengan karakternya sebagai rider.Lalu bagaimana dengan yang era Heisei? Kebanyakan suaranya standar,bahkan ada karakter cowok yang seperti perempuan,jadi kurang tegas.Perhatikan juga cara berdiri,berjalan,bahkan bertarungnya.Nanti kalian akan tahu kenapa saya bilang Kotaro adalah yang terbaik..

Semangat dan Kekuatan

Di era showa,seorang rider harus punya semangat lebih kalau mau menang.Karena biarpun sudah transform ke bentuk lain,seperti Bio Rider/Robo Rider belum menjamin akan gampang mengalahkan musuh.Perlu kerja keras,makanya pasti bertarungnya lama,sedangkan di era Heisei,rider biasanya yang menang itu bukan yang semangat,tapi yang punya senjata dan jurus paling kuat.Realistis kah? Benar,secara teori yang kuat itu pasti menang,tapi perlu diketahui bahwa ada kekuatan lain dalam diri seseorang yang bisa muncul dan mengalahkan musuh,bahkan yang lebih kuat darinya.Kekuatan itu yang namanya “SEMANGAT”.Hal ini aku tahu dan sekaligus jadi jawaban,Kenapa kalau nonton Rider era Heisei itu yang muncul selalu kekaguman dengan kostum dan efeknya,tapi gak terasa greget/semangatnya.ya cuma keren gitu aja..

Ide dan Cerita
Dari segi Cerita Kamen Rider showa dan heisei jelas terasa berbeda.Di era showa,cerita dibuat mudah dicerna,alurnya runtut.kadang ada flashbacknya dikit,jadi penonton tahu kemana arah ceritanya.Sementara di era Heisei,cerita dibuat rumit.Kadang hubungan antar rider dibuat misterius,banyak hal yang sepertinya ditutupi dan butuh waktu lama untuk terungkap.Makanya seperti sudah saya katakan sebelumnya,era Heisei cerita menjadi lebih penting daripada Fightingnya.Adegan ngomongnya lama banget,bahkan ada yang bilang nonton Kamen Rider sekarang berasa nonton drama.Unsur percintaan justru lebih kuat daripada persahabatan dan semangat membela kebenaran.

Soundtrack

Jangan ditanya soal yang satu ini,sudah tentu Ost Kamen Rider Black/Kamen Rider Black RX yang menang.Dibanding era heisei,lagu-lagu di Kamen Rider Black/Kamen Rider Black RX lebih ngena dihati.Background musiknya pas banget untuk situasi senang,bahagia,marah,tegang,sedih,kehilangan,dan semangat,semuanya ada.Sementara di era heisei,lagunya tidak ada yang membangkitkan semangat.Nggak ada yang bagus kah? Tentu ada,tapi seperti yang saya bilang tadi,cuma bagus tapi bukan untuk menggugah semangat.Untuk soundtrack lagu sedih,lumayan bagus..cukup ngena dihati.Overall setelah semua sisi kita bahas,kesimpulannya Kamen Rider Black/Kamen Rider Black RX masih jadi yang terbaik sampai saat ini.

Perlu diingat!!! Segala yang saya sampaikan ini hanya opini pribadi dan kalianpun pasti punya pandangan sendiri-sendiri.Saya hanya sekedar berbagi pengetahuan setelah nonton Kamen Rider dari semua era saja.

loading...

24 Comments

  1. Sama gan aku jg memandangnya gitu shg kalau nonton tokusatsu era modern baik Kamen Rider maupun Super Sentai suka kupercepat videonya cuma liat adegan bagian pokok cerita dan adegan actionnya saja. Sedangkan era sebelumnya, pas liat videonya agak jarang kupercepat karena hampir dari awal sampai akhir semua adegannya bagus sayang jika dilewatkan. Perubahan konsep tokusatsu kuperhatikan dimulai dari era milenium (th 2000 – kini). kubagi dlm 3 era: era 60 – 70 an, era 80 – 90, era 2000-an.
    Pd era 60-70 an gaya bertarungnya terlihat sangat hati2 takut benar2 melukai liat aja pas memukul terlihat tidak kena tapi pemandangan yg disajikan menarik (panorama alamnya) lalu efek percikan api tidak ada, efek ledakan lebih realistik lebih banyak debu dan serpihan tanah batu beterbangan (bandingkan aja ledakan sungguhan dlm berita dengan ledakan api dlm film kini meski sungguhan bukan 3D tapi yg terlihat api yg membumbung lebih dominan dari debu serpihan yg ditimbulkan).

    Pada era 80-90an gaya bertarung terlihat realistik dan dipertahankan hingga kini dan special efek grafis komputer tidak berlebihan, ada percikan api dan dipertahankan hingga kini, ledakan api kurang pas tapi terlihat keren(saat tanah kena tembakan malah api besar membumbung seharusnya lebih banyak debu serpihan berhamburan), pemandangan alam masih bagus.

    Pada era 2000an penggunaan special efek komputer terlalu berlebihan saat bertarung (misal pedang atau tangan jadi besar tp tetap ringan saat mengayunkannya: terpaan angin tidak diperhitungkan terlihat spt permainan game), pemandangan perkotaan melulu banyak gedung sayang pemandangan alam sedikit. penggunaan ledakan sungguhan sedikit mungkin utk menghemat anggaran dan masalah ijin penggunaan api besar pada lokasi2 tertentu yg dilarang spt taman kota, gedung perkantoran dsb. Oh iya, barusan ada movie terbaru tokusatsu cek:
    http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=PmH6-BHoQaY

  2. @Hanagi
    era 80-90an emang bagus,aku kangen sbnarnya dg kondisi pemandangan alam waktu itu,kelihatan masih enak dipandang.Blm trlalu bnyk gedung2 tinggi.Sdngkn era 2000 an utk tokusatsu,bnyk perubahan yang kelihatan kurang pas,mungkin pengen ganti konsep baru mjd lebih modern.Jdi apa-apa serba canggih.eh,ada movie baru lagi to? ntar tak cek gan

  3. Ngomongin ttg special efek, asap putih pd benda yg kena tebasan baik kostum, batang pohon, batu yg terbelah kupikir pakai es kering/dry es atau cara lain tapi aku blm pernah membuatnya tp teori yg kudpt begini kalau mau buat sendiri dirumah: campurkan minyak goreng dan gula buat hingga kental lalu tambahkan sabun cair(misal sunlight, mama lime dsb) lalu tambahkan air hingga tercapai kekentalan larutan yang kita inginkan. Sedangkan percikan api kurasa pakai sejenis petasan kecil spt kawat shg tidak begitu terlihat pada kostum atau pedang yg ledakannya bisa dikontrol pakai remote listrik. Mengenai ledakan api besar kurasa mirip bom molotov tapi pakai tekanan angin yg kuat menghentak (bisa dikendalikan dari jauh) shg api yg dipancarkan meluas membumbung tinggi.

  4. @Huda
    o iya,asap putihnya bsa dg es kering juga ya.Tapi yg cara minyak goreng dicampur gula dan sabun cair stlh kucoba buat hasilnya cuma keluar sedikit asapnya,nggak pekat spt di KR Black/RX itu.klo percikan api dg kawat yg tdk trlihat,brarti pake kawat khusus ya..soalnya pas di shoot kamera jarak dekat kawatnya gak kelihatan sama sekali.Sedangkan yg ledakan api besar,kupikir juga pakai bom,dan buatnya pasti lama

  5. Hehe ternyata penasaran jg ya gan. Kalau percobaan pertama itu kepekatannya mungkin tergantung perbandingannya. Coba nih mungkin bisa lebih pekat: susu kental manis putih, Shampoo, Sunlight, Minyak perbandingannya masing masing 3 : 1,5 : 1 : 2 lalu tambahkan air sedikit demi sedikit (terlalu banyak air asapnya makin dikit). mengenai ledakan api besar prinsipnya sangat sederhana seperti atraksi orang menyembur api dimulutnya, intinya BBM(bensin/minyak tanah) disulut api lalu disemprotkan dengan kuat keberbagai sudut shg apinya terlihat besar. Bom molotov sebenarnya bukan bom yg sebenarnya karena cuma dibuat dari botol berisi BBM yg sumbunya disulut api lalu dilemparkan shg ketika botol jatuh pecah maka minyak didlmnya menyebar dan terbakar. Eh aku tidak bertanggung jawab mengenai bom molotov lho(hanya share info tidak utk huru hara). Kalau mau buat bom beneran pakai bahan sederhana rumah tangga yg bisa dipicu dari jauh mungkin bisa tp aku gak mau takut disalahgunakan (ledakannya bisa menjebol tembok jd terlalu berbahaya mungkin jika terjadi perang akan kubuat sbg senjata andalanku).

  6. @Huda
    Akhirnya bsa juga gan,stlh 3 jam mencoba.Tapi ada yg kuganti utk sunlightnya gak dipakai,dignti sama sabun cuci.perbandingannya jdi 3:1,5:2:2.Seru juga buat asap beginian,daripada penasaran,dicoba aja buat sampai bnar2 jdi pekat asapnya.Klo isinya bom molotov itu kelihatannya lebih besar ledakannya klo pakai BBM,soalnya BBM begitu kena percikan api dikit lngsung meletup lalu timbul ledakan,sdngkn minyak tanah klo kena api,menjalarnya pelan2,sekitar 2-3 dekit bru bisa besar apinya.hehe..aku bsa buat bom macam ini juga sepertinya,tpi tentunya cuma buat percobaan bukan diproduksi dlm jumlah bnyk dan utk ngebom

  7. Wah bagus itu baru semangat, berusaha mencoba hingga berhasil meski awalnya blm memuaskan. Pengganti sunlight itu sabun cucinya mengandung soda api ya? ramuannya kalau kena tangan sakit gak? soalnya kalau es kering kena tangan terasa sakit. Kalau kakakku dulu percobaannya di lab sekolah hasilnya meja kayu dlm lab sampai hancur kayaknya kena marah guru, gara2 salah hitung perbandingannya dan cara mengaduknya akhirnya terjadi reaksi kuat malah jadi bom. Eh ini komentarnya kok malah jadi ngomongin percobaan kimia ya !! tapi seru jg nih. sobat lain mungkin jadi bengong, minder campur bingung mau komen apa. Kalau soal percikan api aku jg masih penasaran gimana cara buatnya sampai gak kelihatan gitu, dulu aku bermain perang2an dengan situasi spt perang beneran pakai senapan dari bambu yg bisa menembak dg suara keras sampai keluar asap sedangkan roketnya pakai sejenis petasan yg bisa meluncur cepat ke udara sedangkan meriamnya pakai meriam bambu bersuara keras. Hehe permainan yg agak berbahaya tapi seru banget tapi sekarang tidak ada lg anak yg bermain spt itu

  8. @Huda
    iya gan,mengandung soda api,wktu kena tangan sakit,tpi cuma kena dikit.Ya,walaupun akhirnya luka juga tpi gpp,sudah puas krn percobaannya berhasil.Klo disekolah dulu,pelajaran kimia wktu praktek gak boleh uji coba dg bhn2 kimia spt itu.Takutnya,salah campur malah tjd insiden ledakan spt itu.Eh iya ya,ngomongnya jdi percobaan kimia..hehe.Biarin deh,seru juga kok ngobrol ginian.Klo perang dg bambu ditempatku ditambah peluru gan,buatnya dari kertas tebal yg dibentuk spt bola trus disumpal ke ujung bambunya,baru stlh itu ditembakin ke lawan.Suaranya kenceng,sampe prnah ada orang yg lagi asik2 naik sepeda berhenti krn kaget.Dikirain ada apaan.Skrng permainan tradisional spt itu sdh bnyk ditinggalkan gan,digeser game modern

  9. Kalau cuma perang senjata bambu pakai kertas disumpal ditempatku kadang masih ada sekelompok anak2 yg memainkannya biasanya pas Ramadan saat ngabuburit, menurutku tingkat bahayanya masih rendah masih blm apa-apanya dibandingkan permainanku dulu blm se ekstrem senjataku, yg dipakai dulu benar2 mengeluarkan api shg senapan bambunya terasa panas jika dipegang bagian moncongnya. Pembuatannya agak sedikit rumit, idenya dari kakak-kakak karang taruna terdahulu, pelurunya cuma kerikil yg sangat kecil sebesar semut, yg agak berat saat menarik karet pentilnya(dikokang) jadi prinsip kerjanya seperti ketapel tapi bisa menghasilkan ledakan tanpa korek api. Secara sederhana intinya kerikil tsb dimasukkan dlm dop(tempat memasang pompa angin) bekas ban bagian dalam sepeda lalu ditekan kuat pakai paku yg ujungnya tidak runcing (menekannya pakai gaya pegas spt ketapel shg daya tekannya kuat dan sangat cepat). Sangat tidak boleh menembak lawan pakai senjata ini dlm jarak dekat kurang dari 1 meter selebihnya aman jadi aku dan teman2 bertempurnya dari jarak yg agak berjauhan demi keamanan, mungkin kalau sekarang anak2 sudah dilarang memainkannya.

  10. @Huda
    Ditempatku,mainan yg trlalu ekstrim kyk gitu gak boleh gan,sbnarnya dulu masih ada yg main sejenis Bambu yg bsa mengeluarkan ledakan itu,agak beda utk pelurunya.Tapi stlh bnyk anak yg luka krn main itu akhirnya skrng sdh gak ada yg main itu lagi.Klo senjata bambu yg kmu pake itu,apa bsa sampai memar jika kena tangan/kaki gan? Klo iya brarti kekuatannya sama dg pistol mainan yg harus dikokang dan pelurunya bulet2 kecil itu ya..

  11. Sebenarnya kekuatannya tidak seperti pistol/senapan angin yg pelurunya bisa menjangkau jauh, tapi kalau moncongnya langsung ditutup/disumbat pakai telapak tangan/kaki mungkin cuma terasa hentakan disertai rasa panas dikulit tapi jika berjarak setidaknya 1 meter dari moncong gak akan terasa apa2 meski mengarah langsung didepannya (masih aman). ini karena batu kerikil tersebut hancur meledak didalam bambunya dan asap semburannya keluar melalui moncongnya shg seolah-olah spt pistol/senapan api. cukup kreatif idenya, Sedangkan mainan lainnya berupa panah bambu, tali busurnya dari tali putih yg biasa utk pembuatan bangunan rumah. Kalau yg ini cuma utk uji ketangkasan dengan sasaran pelepah kulit batang pohon pisang yg digantung jadi tidak utk perang2an karena jangkauan panahnya bisa melesat jauh shg bisa berbahaya jika kena orang.

  12. Memang seru banget gan, apalagi kalo dijadikan utk lomba 17 Agustus bisa bikin penasaran anak-anak sampai orang dewasa utk mencoba kemampuannya membidik sasaran. Pembuatannya sangat sederhana cuma bambu dibelah sebagian utk busur sebagian lagi dibelah kecil2 memanjang (spt kerangka layangan) utk anak panahnya. Kalo dulu hadiah lombanya macam2 berupa uang tunai, ayam, bebek, jam dinding sampai ada pula kambing sbg hadiah utama. Bahkan saking ramainya warga kampung lain jg ikutan lomba2 yg diselenggarakan shg jadi kayak pesta rakyat antar kampung padahal awalnya cuma antar RT. Makin ramai sponsorpun makin banyak yg berpartisipasi shg hadiahnya makin banyak. Entah ntar Agustus mau bikin lomba apa aku blm tahu. biasanya makin unik lomba makin ramai karena kampung lain blm ada yg menyamai.

  13. @Huda
    Kambing jdi hadiah utama? haha..lucu juga dengernya,bru kali ini kambing dijadiin hadiah lomba 17 Agustus.Klo dikampungku tahun kemaren ada lomba permainan tradisional dan yg dipakai gasing,krn panitianya berpikir utk isian lomba yg beda dan kalau bsa sekaligus melestarikan permainan tradisional,jdi dipilihlah gasing itu,pertandingannya lumayan seru,yg antusias ikutan banyak,suasananya makin meriah dengan diteruskan lomba panjat pinang.Pesertanya kesulitan manjat krn pohonnya dilumuri oli.Akhirnya hadiah utama berupa sepeda gak ada yg dapet.Mungkin tahun ini ada ide lomba yg beda dan makin menarik lagi.

  14. Kamen rider Showa yg dulu paling bagus itu Kamen Rider ZO. . liat aja ceritanya itu bikin sedih musiknya juga bagus , efek ledakan di kotanya juga super sekali sampe mobil mobil juga meledak. . visual efeknya juga lumayan bagus dan waktu ZO baru pertama datang rasanya keren banget. . meski agak nyeremin dulu liat pas pertama kali, musunya terlalu seremmm. . musuh musuh rider era showa itu kostumnya terlalu keren banyak lendir kayak beneran (liat Kamen Roder J atau Shin) . . sayangnya ZO cuman ada movie. . sementara shin ga dilanjutin projectnya.

    klo kamen rider heisei emang lebih ngutamain cerita. . dan gadget. . karena semakin banyak gadget penjualan bandai semakin banyak pula keuntungannya juga. . liat aja di toko" gadget kamen rider heisei sama showa banyak mana . . contoh aja KR Fourze dengan 40lebih switchnya aatau KR W dengan gaia memory A-Z . .
    untuk CG emang lebih bagus heisei dan fighting style lebih bervariasi tapi. . setting tempatnya lebih bagus di showa dan musuhnya berasa lebih kuat di showa juga lebih nyeremin. Musuhnya ga nyeremin lagi setelah seri Den-O , serasa Kamen Rider sekarang malah isinya dibuat lawak. .
    oh ya coba perhatikan perbedaan KR setelah dan sebelum KR Decade. .
    ada beda klo sebelum DCD musuhnya adalah monster murni yg kadang menyamar menjadi manusia. . sementara setelah Decade manusia lah yang berubah jadi monster itu atau monter itu adalah wujud dari nafsu manusia. . contoh di KR W yg manusia memakai gaia memory bisa berubah jd monster, di fourze memakai switch, di Oz mereka dari nafsu manusia, di wizard yg merupakan kegelapan hati manusia , di gaim peradaban yg memakan buah terlarang, di drive manusia yg dijadikan roidmode.

    #tolong dibenerin klo ada salah

  15. @Amazu
    iya gan,Kamen Rider ZO di era showa sudah termasuk yg keren,mulai dari cerita,kostum,fighting,musuhnya dan spesial efek.Klo jaman dulu blm terlalu tergantung dg teknologi komputer,jadinya apa-apa masih real action,seperti mobil yg di bakar,ledakan bom ataupun bangunan yg rusak waktu adegan action itu.Bener juga tuh,musuhnya Kamen Rider ZO memang keliatannya serem.Yg pemeran Kamen Rider ZO juga main di serial tokusatsu Blue Swat.Sedangkan Kamen Rider Shin itu keren karena bisa jadi raksasa,udah kayak Ultraman aja hehe.. malah battle dengan Shadowmoon juga dan bisa ngalahin Shadowmoon.Nama ZO itu sebenarnya di ambil dari angka 20,movienya di buat utk memperingati 20 tahun serial Kamen Rider.Itu pas di movie ada kotak suara yg bagus,bisa bunyi klo dibuka.Klo Kamen Rider Shin itu mirip monster beneran haha.. terlalu seram utk jadi Kamen Rider.Tapi jujur aja,aku lebih suka Kamen Rider Black RX gan,soalnya kostumnya keren dan keliatan gagah waktu berdiri.Jagoanku waktu kecil tuh,Kotaro Minami hehe.. gaya henshinnya aja aku masih inget sampai sekarang.Dibandingkan era heisei emang beda jauh,krn teknologi dah bagus dan spesial efek makin keren,khususnya pas henshin.Lebih mementingkan alur ceritanya,dan fightingnya cuma bentar,sekitar 3-5 menit dah kelar.Banyak adegan lucu-lucunya juga kayaknya.Dibuat seperti itu krn ada tujuan lain dari TOEI,supaya penjualan bandai makin besar.Di era showa,setting tempat lebih sering di gunung,tempat terbuka atau kadang di gudang kosong.. Meski Kamen Rider sekarang banyak lawaknya,tapi menurutku lumayan menghibur sih,kayak Den-o tuh kocak hahaha.. movie Kamen Rider heisei yang paling bagus itu movienya Kamen Rider W Return : Kamen Rider Eternal krn fightingnya itu yang aku suka.Tapi Kamen Rider yg sekarang temanya makin jauh aja dari serangga dan yang aku sayangkan kostumnya itu agak aneh gan,kurang enak di lihat.Aku lebih seneng kostum yg simple tapi keren seperti kostumnya Kamen Rider Kabuto tuh,mantap bentuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*