9 Perbedaan Kebiasaan Orang Jepang dan Indonesia

loading...
Jepang saat ini menjadi salah satu negara di kawasan asia yang paling maju dibidang teknologi dan kultur budaya yang beraneka ragam.Orang-orang mengenal jepang dari banyak hal,mulai dari anime sampai teknolgi modern seperti robot.Sepertinya kian hari negaranya semakin maju dan berkembang dengan pesat.Orang-orang dijepang terkenal dengan imajinasi yang tinggi dan kreativitas serta kerja keras yang patut untuk diacungi jempol.Terbukti dari banyaknya manga dan anime yang menjadi ciri khas sendiri dari negri sakura ini.


Selain itu,didunia film animasi,jepang masih menghasilkan karya-karyanya yang dituangkan ke bentuk tokusatsu,yang semakin banyak dan diminati para penggemarnya diseluruh dunia termasuk indonesia.Nah,kalo kita bicara indonesia,negri kita ini bisa dibilang baru masuk kategori negara berkembang,dan jika dibandingkan jepang memang masih jauh kualitasnya.Kebiasaan/pola hidup mungkin salah satu yang membuat kesuksesan dijepang lebih baik dari negara asia lain,termasuk indonesia.Jika kita bandingkan antara Kebiasaan Orang Jepang dan Indonesia,maka hasilnya akan seperti berikut ini :

1. Ketika dikelas


Jepang    : Yang kosong pasti bangku paling belakang
Indonesia : Yang kosong jelas bagian paling depan

2.Ketika guru memberikan penjelasan 


Jepang   : Semua mahasiswa sunyi senyap mendengarkan dengan serius.
Indonesia: Tengok ke kiri, ada yg ngobrol. Tengok ke kanan, ada yg baca komik. Tengok ke 

                belakang, pada tidur. Cuman barisan depan aja yg anteng dengerin, itu pun 
                karena duduk pas di depan hidung dosen!

3. Ketika diberi tugas sekolah

Jepang   : Hari itu juga, siang/malemnya langsung nyerbu perpustakaan atau browsing 

               internet buat cari data.

Indonesia: Kalau masih ada hari esok, ngapain dikerjain hari ini!


4. Ketika terlambat masuk kelas

Jepang    : Memohon maaf sambil membungkukkan badan 90 derajat, dan menunjukkan 
                ekspresi malu + menyesal gak akan mengulangi lagi.

Indonesia : Slonong boy & slonong girl masuk gitu aja tanpa bilang permisi ke dosen sama 
                 sekali.

5. Ketika di jalan raya

Jepang   :  Mobil sangat jarang (kecuali di kota besar). Padahal jepang kan negara produsen 
                mobil terbesar di dunia, mobilnya pada ke mana ya?
Indonesia: Jalanan macet, sampe2 saya susah nyebrang & sering keserempet motor yg 
                jalannya ugal-ugalan.

6. Ketika berjalan di pagi hari




Jepang   :  Orang2 pada jalan super cepat kayak dikejar doggy, karena khawatir telat ke 
                kantor/sekolah.

Indonesia:  Nyantai aja cing…! Si boss juga paling datengnya telat!
7. Ketika buang sampah

Jepang   : Sampah dibuang sesuai jenisnya. Sampah organik dibuang di tempat sampah 
                khusus organik, sampah anorganik dibuang di tempat sampah anorganik.
Indonesia: Mau organik kek, anorganik kek, bangke binatang kek, semuanya tumplek jadi 1 
               dalam kantong kresek.

8. Ketika berangkat ke kantor


Jepang   : Berangkat naik kereta/bus kota. Mobil cuma dipake saat acara keluarga atau yg 
                bersifat mendesak aja.

Indonesia: Gengsi dooonk… Masa’ naik angkot?!

9. Ketika jam kantor
Jepang   : Jalanan sepiiiii banget, kayak kota mati.
Indonesia: Ada Oknum pake seragam coklat2 pada keluyuran di mall-mall.


loading...

15 Comments

  1. sebagai warga indonesia menjawab:
    1."bangku depan angker pak!"
    2."kita kan udah pinter.biarin aj tu guru jelasin ampe lumutan."
    3."ngpain d kerjain?paling cma d sruh lari kliling lapangan,tambah sehat bro."
    4."sayang lg apes. klo gak ktauan bsa lolos tuh!"
    5."dripada mobilnya bulukan n karatan d rumah,mending kita pake tiap hari pak!"
    6."sbagai warga indonesia yg baik kita harus sering bersilaturahmi pak.jd mampir dlu ke warung untuk silaturahmi bareng temen."
    7."Itulah kehebatan warga negara Indonesia!!!"
    8."mubazir pak klo punya mobil gak d pake.."
    9."si bos lg gak ad pak! jalan jalan dlu bentar."
    'idup endonesa.' {eh salah}
    (mohon jangan d tiru kelakuan saya d atas. jadilah warga negara yang baik dan mari kita meng-introspeksi diri.)
    "Hidup Indonesia" {semoga Indonesia bisa menjadi lebih baik}

  2. @gx
    1.apa semua bngku depan angker smua ya haha..perasaan aku prnah duduk dibangku depan aman2 aja tuh,klo "bangku kosong" bru serem,ada filmnya lgi
    2.hmm,tau deh emg dasarnya kebiasaan
    3.lari kliling lapangan klo 7 kali kuat gak ya..hehe
    4.saking seringnya ampe guru2 pda hafal nama murid yg suka telat
    5.ada betulnya juga sih
    6.kelamaan mampir jdi lupa masuk kelas deh
    7.tong sampah gak guna kayaknya di indonesia
    8.bner juga ya,msuk akal
    9.kbiasaan buruk,jgn ditiru
    intinya,kebiasaan yg tdk baik perlu diperbaiki lagi,setuju dg pndapatmu gan,indonesia harus jadi lebih baik lagi

  3. diantara gampar dan pengertian di atas yang paling kurang setuju nomor 2.
    bahkan ada tulisan " Dosen " , padahal seragamnya kan anak SMP atau SMA.
    dan liat kondisi kelas orang indonesia itu gak nampak guru lagi ada di sana.
    sedangkan di jepang guru sudah ngajar , ya jelas lah.

  4. @Dhanu Reksa
    itu cuma kebiasaan nyebut aja gan,guru di sebut dosen.. ya,bsa dibilang salah sebut lah krn udh kebiasaan haha.. ada kok yg ngajar di gambar yg kiri,gurunya di depan kelas lagi nulis di papan tulis

  5. Baca semua poin di atas , Ketawa sendiri :v
    'impian' Pengin juga sekolah dan masuk kelash bersama teman teman full jepang rasanya kaya apa ya ? Mungkin ada sensasi dan perbedaan tersendiri 🙂

  6. @Adam Sahensyah
    hehe.. beda ya orang indo sama orang jepang,klo dibandingin jauh bener tuh.Aku jg blm pernah sekelas sama org jepang,nggk tau deh rasanya.Mungkin bener ada sensasi sendiri ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*