[Review] All About Space Sherrif Gavan

loading...
Inget dengan tokusatsu yang namanya Gavan,atau kalau di indonesia lebih familiar disebut dengan Gaban ?.Haha..yang anak kelahiran tahun 80an pasti tau nih,gavan dlu pernah ngetop tahun 80an,bahkan banyak bocah yang sampai niru-niru henshinnya segala.Dihafalin lagi.Kalo pas lagi nggak berubah,gavan biasanya suka pake celana putih trus dilengkapi sama jaket warna coklat.Kalo nggak salah inget,lebih tepatnya jaket warna coklat muda.Trus apa lagi ?.Si gavan ni,punya senjata pedang laser/neon yang bisa menyala dan berwarna biru sinarnya (mirip dengan Revolcane “pedangnya kamen rider RX”).Selain itu,dia juga pake tunggangan motor merah dan pesawat yang gede banget.Gara-gara pengen liat ni tokusatsu,Anak2 dlu malah sampai ada yang bela-belain nungguin abang-abang yang suka jualan video rental keliling,yang isi tasnya gavan semua.Pas abang ini dateng kerumah pasti langsung diserbu sama anak-anak.haha..Nama gaban juga sering dipakai untuk menyebut sesuatu yang besar,cthnya ni : “Wah,gile ni rumah segede gaban”.Artinya apa coba ? Mungkin yang bilang ini menganggap gaban itu gede,padahal enggak ya,yang gede cuma pesawatnya doang.hihihi ^_^.

Ok,lanjut lagi..Nah,kita mulai bahas gavan secara lebih detail lagi..Jangan ngantuk ya bacanya,soalnya ni artikel bakalan panjang lagi.Kita awali lagi dari henshinnya,waktu ketemu dengan musuh ni,si gavan nggak langsung henshin kayak tokusatsu yang laen.Biasanya dia nungguin musuhnya banyak dulu,dan waktu henshin gavan teriak “Jouchaku” dengan pose andalannya dulu.Jrengg..jreeng..Habis berubah,pasti kameranya langsung ngezoom si gavan dari segala arah,kecuali atas,bawah dan belakang.Supaya lebih dramatis lagi,waktu berubah si pesawatnya gavan nongol,langit tiba-tiba gelap trus banyak taburan,serbuk yang entah apa namanya,sehingga membuat gavan berubah.Tapi kenapa ya,saat henshin musuhnya cuma diem nungguin gavan sampe selesai henshin ? Kok nggak di keroyok aja waktu henshin ? Haha..Mungkin kagum kali dengan gavan.Yang bikin menarik lagi bajunya gavan penuh dengan lampu yang berkelap-kelip,jadi anak-anak gampang demen dengan gavan.Yang selanjutnya,kita ke kendaraanya.Ga lengkap kalo tokusatsu seperti gavan nggak punya kendaraan.Namanya juga Space Sherrif/polisi luar angkasa,ya musti ada kendaraannya.Ga lucu juga kalo harus jalan kaki bolak-balik bumi ke luar angkasa.Bisa gempor kakinya.Lagian mana mungkin jalan kaki sampe ke luar angkasa.Kendaraan yang pertama namanya Suzuki jimny,ini mobil yang dipake gavan kalo sedang tidak bertugas.Ada lagi Dolgiran.Bentuknya pesawat gede yang bagian bawahnya bisa berubah jadi naga.

Yang terakhir,ada cyberian.Yaitu sejenis motor warna merah,biasa dipake gavan saat bertarung dan hebatnya,ni motor nggak perlu di setir.Gaban cukup berdiri di motor ini trus pose,udah deh..motornya jalan sendiri.Baru di episode 44 cyberian ditunggangi gavan sendiri,saat itu gavan nyelametin temennya yang diculik kelompok makuu.Coba bayangin motornya di isi pake apaan? BBM bukan ? Andai mogok dijalan gimana ? Bisa berabe si gavan..Mungkin yang kayak gitu bisa terjadi kalau gavan dibuat parodi.haha..

Lanjut ke senjata,gavan punya senjata maut berupa pedang laser yang bisa membelah musuh,nama jurusnya cyber dynamic.Biasanya jurus itu muncul saat mau kelar episodenya.

Trus,senjata lainnya adalah Laser Z Beem,sejenis laser berbentuk segitiga yang bisa ditembakkan gavan.


Lanjut lagi..huh capek nulis..tiduran dulu ah..Eits,jangan deh ntar tidur beneran lagi,Ya udah tak terusin biar cepet kelar ni artikel.Sampai mana tadi ? Ok,bahas musuh,musuh si gavan namanya kelompok makuu..hehe jadi inget ninja sekai sen jiraiya ada ninja yang namanya mafuuba,mirip-mirip namanya sama si makuu.Bentuk monsternya ya kayak gitu,seperti monster pada umumnya..Aneh dan seram.Nah,mereka ini bertujuan menguasai bumi,lalu satu per satu dikalahkan gavan sampai episodenya kelar alias tamat.


Bahas henshin udah,kendaraan udah,senjata udah,musuh juga udah.Hmm,apa lagi ya,yang belum ? Oh,iya ane inget..Cerita/plot.haha.Disetiap episode ceritanya pasti monster dulu nongol trus gavan dateng,berubah,lalu adu jotos.Kalau monsternya ga mati-mati arena tempur pindah ke angkasa,gavan keluarin jurus pedang laser,tebas..dan selesai.Kadang gavan kalah-kalah dikit,biar seru ceritanya,tapi endingnya pasti menang.Saking terkenalnya gavan ini,Sampai film komedi warkop yang judulnya depan bisa belakang bisa,ada disalah satu adegannya dimana si dono jadi gaban,waktu itu dia baca mantra gaban gabun gaban gabun gaban gabun gabaaan gabun..haha..kocak banget.Tapi payah,si dono gaban kalah sama musuhnya yang orang jepang badannya gede itu.Ini videonya :


Mungkin itu tadi yang bisa saya share di artikel ini,sekedar nostalgia aja gan,semoga kalian masih inget dengan gavan dan tidak melupakan masa kecil yang penuh kebahagiaan (#halah,ngomong apa sih ane) Udah ya.. Bye ^_^

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*