Ternyata anime dan kartun berbeda

loading...

Anime

Sedikit cerita tentang anime :
Anime (アニメ) (baca: a-ni-me, bukan a-nim) adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang.
Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris “Animation” dan diucapkan sebagai “Anime-shon”.
lalu apa bedanya dengan kartun ?
sebenarnya keduanya sama-sama merupakan gambar bergerak yang dibuat film.. Tapi kalau diperhatikan lebih dalam ternyata keduanya berbeda lho.Ada pemikiran yang salah tentang cara pandang terhadap anime dan kartun.Kalian pasti pernah mendengar kata-kata ini : 
udah gede masih nonton film kartun. 

Nah dari ucapan tersebut dapat disimpulkan bahwa kebanyakan dari kita menganggap anime dan kartun itu sama.Saya beri sedikit penjelasan tentang perbedaanya.Anime dibuat untuk ditujukan pada berbagai kalangan umur,itu dapat diihat dari bermacam-macam genre yang dimiliki anime,mulai untuk anak-anak sampai dewasa semua ada.Berbeda dengan kartun yang memang diperuntukkan bagi anak – anak,cth : spongebob,shincan,doraemon.Dari segi cerita anime jauh memiliki alur cerita yang rumit.anime membuat kita berpikir  “mengapa itu bisa terjadi ?” sehingga banyak anime lovers yang sering mencari informasi tentang kejadian yang sebenarnya terjadi/yang akan terjadi.Di banyak forum anime,banyak sekali ditemukan penggemar anime yang bukan lagi anak-anak lho.Apa itu artinya? pasti kalian tau sendiri jawabannya.Jadi bijaklah memandang anime dan kartun yang ternyata tidak sama.

kalau mau download anime yang full episode silahkan masuk DISINI

istilah tentang anime :
Chara : karakter/tokoh yang ada dalam anime (chara–>character)
Doujinshi : semacam fanart,yaitu membuat cerita sendiri dg karakter dari anime/manga yang sudah ada atau populer.
Fanservice : adegan yang sengaja dibuat oleh sang mangaka untuk menyenangkan atau merefreshkan pikiran para penggemar dan umumnya FS itu berbau ero.
Fanart : karya para fans berupa gambar chara yang mereka inspirasi dari anime/manga favorit mereka.
Fanfic : cerita karangan dari fans yang menggunakan tokoh/karakter ataupun modifikasi cerita dari sebuah anime/manga.(singkatan dari fanfiction)
Figure : boneka berbentuk tokoh anime/game/manga.
Fujoshi : sebutan untuk cewek-cewek yang menggemari anime/manga bergenre shonen ai atau yaoi.
Fudanshi : sebutan untuk cowok-cowok yang menggemari anime/manga bergenre shonen ai atau yaoi(jarang ini)
Manga : [dibaca man-ga/ma-ng-ga] merupakan komik dalam bahasa Jepang,diluar Jepang kata tsb digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang.
Mangaka : [dibaca man-ga-ka/ma-ng-ga-ka] adalah orang yang menggambar manga,disebut juga komikus kalau di indonesia.
Otaku : sebutan untuk orang-orang yang freak terhadap sesuatu(anime,manga,game)
OAV/OVA : (Original Video Animation),format dari anime yang tidak ditayangkan di TV,yaitu dalam format video yang dijual bebas di pasaran.
SD : yang jelas bukan Sekolah Dasar,yaitu Super Deformed.Istilah yang digunakan dalam penggambaran karakter anime/manga dg size kerdil,tetapi proporsi tubuh tetap pas.
Chibi : berbeda dg SD.untuk istilah chibi lebih mendekati kesan imut/cute.Perbedaannya hampir tipis dg SD,Pada chibi proporsi ukuran kepala lebih besar ketimbang badan.Biasanya digunakan untuk adegan Joke.
Tankoubon : istilah dalam b.Jepang untuk menyebut terbitan manga dalam bentuk monograf.
Seiyuu : dalam bahasa Indonesia disebut pengisi suara atau biasa disebut dubber.
Ero : hal-hal yang berbau erotisme.
Seme : berasal dari kata kerja semeru(menyerang)
Seke : (seme-uke)si tokoh bisa jadi seme maupun uke.
Fukidashi : balon teks pada manga
Omake : bonus berupa cerita pendek/kumpulan gambar manga.

loading...

8 Comments

  1. Ini pendapatku mungkin berlawanan dengan judul diatas boleh setuju boleh tidak, beda pendpt gpp kan? Orang2 dewasa ditempatku menganggap anime dan kartun sama, istilah anime dikenal th 90-an sedangkan istilah kartun dikenal di era sebelumnya (70-an 80-an). Film ttg boneka spt Unyil & Sesame street meskipun utk anak2 tetap dianggap film boneka tidak masuk kartun. Seiring perkembangan zaman mulai ada perbedaan genre sesuai umur (dulu ada tulisan 17+ sbg pembeda genre sekarang menjadi Anak, Remaja dibubuhi bimbingan ortu, dan Dewasa). Maka kartun tidak lagi monoton utk anak shg dikenal kartun anak, kartun remaja, kartun dewasa sama seperti anime ada pembagian genre sesuai usia. Perbedaan yg kupahami antara kartun dan anime adalah negara asalnya, semua anime berasal dari Jepang sedangkan diluarnya disebut animasi shg ada istilah kartun animasi dan kartun anime jepang. Nah menurut kalian gimana?

  2. @Huda
    menurutku lebih pas klo dibedakan ya,antara anime dan kartun.Soalnya anime dijepang versi serial TV prtama tayang tahun 1961,judulnya Mittsu no Hanashi terdiri dari 3 episode (Third Blood, Oppel and the Elephant dan Sleepy Town).Itu berarti tahun setelah 1961 istilah anime sdh mulai digunakan dijepang,jdi org2 disana menyebut animasi dengan nama "Anime".Kartun muncul memang lebih dulu dari anime,th 1901 udh ada tokoh kartun buatan Walt Disney (Mickey Mouse dan Donald Duck).Sedangkan filmnya prtama tayang th 1929 dg judul “Steamboat Willie” dan menampilkan tokoh utama Mickey Mouse.Kalau diindonesia istilah anime baru populer th 90-an,wajar saja jika melihat anime th 70-80an disebut kartun.Mau nama kartun/anime skrng gak jdi mslh,cuma anime lebih identik disebut utk animasi jepang,krn org2 dijepang sana juga menyebutnya anime.

  3. sama aja sama-sama animasi. bedanya orang jepang nyebut animasi dengan anime.
    dan sebagai pemuda indonesia saya lebih baik menggunakan istilah kartun(cartoon), karna kebanyakan orang indonesia lebih cepat paham dengan istlah kartun dari pada anime

  4. @Bagas Rangga Syahputra
    perbedaannya krn di jepang memang di sebutnya animasi.Istilah itu digunakan untuk film yg menggunakan animasi dan jadi ciri khas jepang.Orang jepang menyebut tom and jerry atau spongebob tetap di sebut kartun,tapi dg bhsa jepang,bukannya anime.Jadi krn bukan berasal dari jepang makanya tdk disebut anime,tapi kartun

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*